Microsoft KinectFusion - Ciptakan 3D Model dari Lingkungan Nyata

23 Aug 2011 14:55 4721 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

SIGGRAPH adalah konferensi tahunan yang diikuti oleh para peneliti, pengembang, pencipta, kalangan pendidikan, dan semua para pelaku yang bergerak di bidang Komputer grafis. Pada konferensi SIGGRAPH tahun ini yang diadakan di Vancouver, presentasi tim Microsoft Research menarik perhatian semua peserta konferensi.

SIGGRAPH adalah konferensi tahunan yang diikuti oleh para peneliti, pengembang, pencipta, kalangan pendidikan, dan semua para pelaku yang bergerak di bidang komputer grafis. Pada konferensi SIGGRAPH tahun ini yang diadakan di Vancouver, presentasi tim Microsoft Research menarik perhatian semua peserta konferensi.

Pada presentasi ini, Microsoft menunjukkan bahwa menggunakan perangkat dengan prinsip dasar mirip Kinect Xbox 360 bisa digunakan untuk menciptakan real-time dynamic 3D models. Proyek terbaru Microsoft Research ini diberi nama KinectFusion.

KinectFusion adalah teknologi untuk menciptakan high-quality 3D models berdasarkan obyek nyata menggunakan kamera yang bergerak. Sistem KinectFusion memungkinkan pengguna untuk men-scan seluruh ruangan dan semua isi di dalamnya dan high-quality 3D image dari ruangan dapat diciptakan secara real-time dan dalam hitungan detik.

Pada saat men-scan obyek nyata, pengguna bisa menambahkan 3D virtual obyek secara real-time pada kamera yang sedang bergerak, dan juga mengurangi obyek seperti menghilangkan satu benda tertentu atau menghilangkan background dan fokus pada satu benda saja.

Daripada dijelaskan dengan kalimat-kalimat teknis yang membingungkan, berikut Plimbi hadirkan video demo yang dilakukan oleh tim Microsoft menggunakan teknologi KinectFusion. Anda bisa lihat sendiri bagaimana kemampuan menakjubkan yang dipersembahkan oleh tim Microsoft ini. RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel