Mengenal Lebih Jauh Tentang Operating System

27 Sep 2011 15:00 4923 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Operating System yang populer dengan singkatan OS adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya *hardware* serta menyediakan layanan umum untuk aplikasi software. *Operating System* ini juga merupakan program yang paling penting dalam sebuah sistem *software*, karena tanpa OS pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada sebuah komputer maupun ponsel.

Operating System yang populer dengan singkatan OS adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya hardware serta menyediakan layanan umum untuk aplikasi software. Operating System ini juga merupakan program yang paling penting dalam sebuah sistem software, karena tanpa OS pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada sebuah komputer maupun ponsel, kecuali memang memiliki program aplikasi boot sendiri.

Tugas-tugas dasar Operating System di antaranya seperti menerima masukan dari keyboard, mengirimkan output ke layar, melacak file dan direktori pada disk serta mengendalikan perangkat periferal pada disk drive dan printer.

Untuk sebuah sistem yang besar Operating System memiliki tanggung jawab yang lebih besar pula, sama halnya seperti polisi lalu lintas. Mereka harus yakin bahwa program yang dibuatnya berbeda sehingga pada saat yang sama pengguna yang berjalan tidak saling mengganggu satu sama lain. Operating System juga bertanggung jawab untuk keamanan, dia harus memastikan bahwa ketika terdeteksi adanya pengguna yang tidak sah maka pengguna tersebut tidak bisa mengakses sistem.

Berikut ini adalah klasifikasi Operating System:

  • Multi-user, hal ini memungkinkan dua pengguna atau lebih untuk menjalankan program pada saat yang sama. Pada beberapa Operating System memang ada yang mengijinkan ratusan atau bahkan ribuan pengguna secara bersamaan.

  • Multiprocessing, klasifikasi ini mendukung untuk menjalankan sebuah program lebih dari satu CPU.

  • Multitasking, memungkinkan lebih dari satu program untuk dijalankan secara bersamaan.

  • Multithreading, memungkinkan bagian yang berbeda dari suatu program untuk dijalankan secara bersamaan.

  • Real time, merespon input langsung. Operating System yang biasa digunakan untuk keperluan umum itu tidak bersifat real-time, seperti contohnya DOS dan UNIX.

Operating System juga menyediakan platform software di atas program-program lainnya yang biasa disebut sebagai program aplikasi. Program aplikasi harus dibuat untuk dijalankan pada sebuah operating system tertentu. Program tersebut juga dapat berjalan pada sebuah perangkat mobile seperti ponsel, smartphone, PDA dan komputer genggam, dan program ini lebih dikenal dengan sebutan mobile OS. Untuk PC, operating system yang paling populer adalah DOS, OS /2 s, Linux serta Windows, sedangkan untuk mobile phone OS yang paling terkenal adalah Symbian, Android, Windows Phone, iOS dan BlackBerry.

Sebagai pengguna, Anda selalu berinteraksi dengan operating system melalui serangkaian perintah. Contoh, operating sistem DOS berisi perintah untuk COPY dan RENAME dalam rangka untuk menyalin file dan mengubah nama file. Perintah tersebut diterima dan dijalankan oleh bagian operating system yang disebut command processor atau command line interpreter. Grafis user interface-nya memungkinkan Anda untuk memasukkan perintah dengan menunjuk dan mengklik pada sebuah obyek yang muncul di layar. MG

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel