5 Kebudayaan Aneh dan Unik di Jepang

13 Aug 2019 12:05 310 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sebagiannya ditiru oleh warga negara Indonesia.

Di mata sebagian penduduk dunia, Jepang mungkin adalah salah satu negara yang memiliki kultur atau kebudayaan yang menarik untuk dipelajari. Bermula dari situ studi atau rasa penasaran untuk mempelajari kebudayaan itu semakin meluas sampai ke gaya hidup dan kebiasaan penduduk Jepang di zaman modern.

Dari sekian banyak studi mengenai kultur Jepang, 5 di bawah ini adalah budaya atau kebiasaan yang mungkin terbilang aneh di mata kita, tapi memang ada di Jepang. Bahkan beberapa diantaranya sudah ditiru oleh penduduk Indonesia.

 

1. Banyak Pengguna Masker

Jika kalian sedang berada di Jepang baik untuk urusan pekerjaan, berlibur ataupun sekedar hanya belanja bulanan, mungkin kalian akan sadar bahwa banyak penduduk jepang menggunakan masker yang biasa  digunakan para dokter di rumah sakit ketika keluar dari ruang operasi.

Perlu diketahui, hal tersebut bukan karena Jepang itu memiliki banyak dokter, melainkan karena alasan lainnya seperti perlindungan dari bakteri, kepentingan privasi, etika ketika sedang terkena flu dan tidak ingin orang lain disekitarnya terkena flu, dan bisa juga untuk membuat wajah tetap hangat pada musim dingin.

 

 

2. Teman dan Pacar Sewaan

Mungkin banyak yang tidak sadar bahwa pansos atau yang merupakan kependekan dari panjat sosial itu adalah sebuah sifat manusia zaman sekarang.

Hal ini juga tidak terbatas pada orang Jepang yang biasanya larut dalam kesendirian. Khususnya mereka yang memiliki akun media sosial, pastinya ingin merasakan bagaimana status atau foto yang mereka upload itu mendapatkan like atau love dari teman-temannya di media sosial.

Mungkin di Indonesia belum ada, tapi di Jepang, solusi jasa untuk orang-orang seperti mereka sudah ada yaitu penyewaan teman dan pacar. Penyewaan teman biasanya dilakukan dengan alasan karena tidak ada teman untuk merayakan ulang tahun, atau karena tidak ada teman untuk makan dan minum. Intinya sih untuk menghilangkan rasa kesendirian.

Sedangkan penyewaan pacar sendiri adalah untuk mereka yang mungkin sudah terlalu lama sendiri dan ingin mencoba yang namanya pacaran. Tentunya pacaran disini masih dalam batas wajar, tidak ada yang namanya sampai ciuman atau bahkan naik ke ranjang. Terlepas dari itu, biasanya tiap agensi yang menyediakan pelayanan jasa pacar sewaan tersebut sudah ada SOP-nya masing-masing jadi siapa tau ada yang sampai ke ranah itu.

 

 

3. Anti Buang Air Besar Ketika Masih Jam Kerja

Orang Jepang terkenal dengan ketaatannya pada peraturan yang berlaku serta kesetiaannya dalam mengikuti norma-norma yang berlaku, khususnya norma kesopanan.

Salah satunya adalah ketika sedang bekerja, umumnya orang Jepang itu jarang sekali menggunakan toilet kantor untuk buang air besar. Mungkin sih ada beberapa sebagian yang BAB di kantor, mungkin karena sedang sakit perut, atau mungkin memang merupakan dari mereka yang tidak peduli mau buang air besar dimana saja selama ada toilet.

Biasanya, mereka akan menahan BAB tersebut sampai ke rumah. Nah setelah sampai di rumah barulah mereka”brat bret brot” sampai puas.

 

 

4. Gigi Taring yang Panjang Satu itu Moe

Bagi sebagian orang Jepang, khususnya yang suka dengan karakter 2D, gigi taring dari seorang perempuan yang terlihat lebih panjang dibandingkan gigi taring lainnya itu biasanya dianggap “kawaii” atau “moe”. Karena “moe” itu biasanya dihubungkan dengan ketidaksempurnaan yang membuat seseorang itu menarik, cantik atau bahkan lucu.

 

 

5. Orang Jepang Biasanya tidak Menamai Jalan-Jalannya

Dengan asumsi bahwa kalian tidak memiliki smartphone ataupun internet, di Indonesia kalian pasti tidak akan tersasar ketika ingin pergi ke suatu lokasi yang tidak rutenya tidak kalian ketahui. Karena di setiap jalan, biasanya ada plang nama dari jalan seperti Jl. Rahayu ataupun Jl. Sokearno-Hatta. Artinya, jika kalian sudah mendapat arahan atau petunjuk dari seseorang mengenai jalan tujuan kalian, kalian tinggal mengikuti petunjuk tersebut.

Berbeda dengan di Jepang, setiap jalan di Jepang itu tidak memiliki nama, sehingga biasanya orang yang baru pertama kali tiba di suatu jalan di Jepang, akan merasa bingung harus kemana. Andai sudah mendapatkan arahan juga biasanya akan tetap bingung karena biasanya akan kesulitan menemukan patokan gedung ataupun benda yang dijadikan petunjuk.

 

Itulah 5 kebudayaan aneh di Jepang yang sekaligus menjadikan Jepang menjadi salah satu negara dengan kebudayaan atau kultur yang menarik. Untuk artikel selanjutnya mungkin penulis akan membahas soal Jepang lagi, karena sekarang ini penulis sedang demam budaya Jepang. –BB-

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 55
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel