5 Penyimpanan Eksternal Terbaik untuk Data Anda

8 Aug 2019 10:05 418 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mau SSD ataupun HDD, yang penting data Anda aman, betul?

Penyimpanan eksternal saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan kita yang memang berkecimpung di pekerjaan atau aktivitas yang setiap harinya berhubungan dengan komputer ataupun gadget.

Selain penyimpanan eksternal dapat menjadi wadah untuk kita melakukan back up, penyimpanan eksternal juga mempunyai fungsi utama sebagai tambahan penyimpanan untuk perangkat kita yang memori penyimpanannya memang sudah penuh.

Walaupun begitu, dalam mencari penyimpanan eksternal kita tidak boleh asal pilih, karena apa yang kita beli tersebut bisa dibilang sebagai “harapan terakhir” jikalau gadget utama yang menyimpan data penting kita kenapa-napa atau mungkin kita butuh data-data lainnya yang dirasa penting dan kita simpan ke dalam penyimpanan eksternal tersebut.

Biasanya orang menyebutnya hard disk eksternal, namun disini penulis tidak menyebutnya demikian karena selain hard disk, penulis juga akan menuliskan beberapa tipe penyimpanan eksternal berupa SSD yang secara kecepatan read & write berkali-kali lipat lebih cepat dibandingkan hard disk biasa.

Oh iya, takut penulis lupa menuliskan di kesimpulan, penyimpanan eksternal yang akan penulis tuliskan di bawah ini sudah memenuhi standar minimal sebuah penyimpanan eksternal seperti garansi yang lama atau lebih dari 3 tahun, pelayanan purna jual yang terjamin, dukungan-dukungan port kecepatan tinggi (termasuk port Thunderbolt) sampai dengan harganya yang bisa dibilang "murah" untuk spesifikasi yang ditawarkan.

Tanpa basa-basi lebih lanjut, berikut ini adalah 5 hard disk eksternal dan SSD Eksternal rekomendasi tahun 2019.

 

1. SanDisk Extreme SSD

Untuk penyimpanan yang satu ini, mungkin sebagian enggan membelinya dikarenakan rata-rata orang mencari penyimpanan eksternal itu yang bisa memuat data banyak.

Tapi jangan salah, karena SanDisk Extreme SSD menurut penulis memiliki kemampuan memuat data lebih tahan lama ketimbang penyimpanan eksternal yang masih menggunakan hard disk. Pasalnya, yang namanya hard disk itu kan cepat aus karena di dalam sebuah hard disk itu ada piringan yang terus berputar ketika hard disk dalam keadaan mengatur file. Dan jika terkena benturan biasanya hard disk juga akan cepat rusak.

Kecepatan transfer file-nya pun sangat cepat, cocok bagi Anda yang butuh efisiensi waktu dalam bekerja setiap harinya. Kelebihan lainnya dari SSD ini adalah ukurannya yang compact, memiliki slot USB 3.1 generasi 2, slot USB Type-A dan slot USB Type-C.

Sedangkan kekurangan dari SSD eksternal ini antara lain harganya yang cukup mahal jika dibandingkan dengan hard disk dengan kapasitas dua kali lipatnya. Selain itu juga dalam paket pembelian Anda tidak akan mendapatkan bonus wadah atau pouch sehingga mau tidak mau Anda harus membelinya secara terpisah.

SSD ini tersedia ke dalam beberapa varian, yaitu dengan kapasitas 250GB, 500GB, 1TB, dan 2TB.

 

 

 

2. WD My Passport Ultra

Sejauh penulis menggunakan penyimpanan eksternal, terutama yang masih hard disk, tidak ada perbedaan yang begitu mencolok dari segi performa dari berbagai merek. Tapi yang mungkin menjadi kelebihan dari penyimpanan eksternal ini adalah performanya yang memang sudah terkenal, harganya yang terjangkau dibandingkan merek lain, software bawaan yang mudah digunakan serta punya varian berwarna-warni dengan varian tertinggi yang bisa dipilih adalah 4TB.

Untuk kekurangannya sendiri, menurut penulis hanya terletak di ukurannya yang tebal khusus untuk penyimpanan berkapasitas 2TB, 3TB dan 4TB.

 

(bersambung ke halaman ke-2)

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 55
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel