Harga dan Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy A80

18 Jul 2019 18:50 1325 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Baru secara resmi dijual hari ini di Indonesia.

Baru mulai dijual di pasaran hari ini, Samsung Galaxy A80 cukup mengejutkan bagi banyak orang karena untuk seri A, harganya mencapai 9.5 juta rupiah, atau lebih tepatnya adalah Rp. 9.499.000, -

Untuk sebuah ponsel non S ataupu Note, harga tersebut tentunya membuat Anda bertanya-tanya kan? Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak spesifikasi Samsung Galaxy A80 di bawah ini yang membuat harganya memang cukup mahal untuk sebuah smartphone Samsung yang bukan seri S ataupun seri Note.

 

 

Desain

Sama seperti kebanyakan smartphone buatan Samsung yang sudah berkelas premium, bodi dari Samsung Galaxy A80 ini sudah dibalut dengan lapisan Gorilla Glass dimana bagian depannya menggunakan Gorilla Glass 3, dan bagian belakangnya menggunakan Gorilla Glass 6.

Tidak lupa untuk menampilkan kesan mewah dan elegan, frame dari Samsung Galaxy A80 ini memiliki warna chrome yang terlihat cantik.

Sayangnya kekurangan dari smartphone ini adalah absennya port 3.5mm jack audio yang otomatis membuat Anda tidak bisa mendengarkan lagu melalui earphones kabel yang belum menggunakan kabel USB tipe C sebagai konektornya.

 

 

Layar

Satu kelebihan baru yang tertanam pada Samsung Galaxy A80 ini adalah layar yang sudah menggunakan layar Super AMOLED bertipe New Infinity Display. Smartphone dengan New Infinity Display ini adalah jenis layar terbaru dari Samsung yang memang akan hadir pada smartphone kelas premium samsung lainnya di masa depan.

Perbedaan yang terlihat jelas antara layar ini dengan layar Infinity Display generasi sebelumnya adalah ketidakhadiran “notch” atau poni pada layar baru ini. Akibatnya, layar dari A80 ini semakin terlihat lebar.

Untuk resolusi layar maksimal dari layar Samsung Galaxy A80 sendiri adalah 1080 x 2400 pixels dengan rasio layar 20:9. Untuk sebuah smartphone dengan ukuran layar 6.7 inch, sudah pasti warna yang ditampilkan akan sangat detil dan khas dari Super AMOLED.

Bobot dari smartphone ini cukup berat yakni 220 gram. Walaupun begitu beratnya tersebut sepertinya masih masuk akal untuk ukuran sebuah smartphone.

Hampir terlewat soal dimensi dari smartphone ini, Galaxy A80 memiliki dimensi 165.2 x 76.5 x 9.3 mm yang pastinya dengan lebar tersebut, smartphone ini enak digenggam dengan satu tangan.

 

 

Prosessor

Jika Anda berpikir smartphone dengan harga mendekati 9.5 juta rupiah ini akan menggunakan prosessor Exynos ataupun Snapdragon seri tertinggi, maka tebakan Anda itu sayangnya salah.

Pada smartphone Samsung Galaxy A80, prosessor yang digunakan sebagai otak penggerak utama smartphone ini adalah prosessor buatan Qualcomm yaitu Snapdragon 730 8nm. Yaitu prosessor dengan 8 inti dimana 2 inti prosessor memiliki clock speed 2.2 GHz Kyro 470 Gold, dan 6 inti lainnya memiliki clock speed 1.8 GHz Kyro 470 Silver.

GPU yang disandingkan untuk prosessor Snapdragon 730 ini sendiri adalah GPU Adreno 618 yang kalau dilihat di berbagai review di internet, mendapatkan feedback yang cukup positif untuk bermain game.

 

 

Penyimpanan Internal dan RAM

Hanya ada satu varian untuk Samsung Galaxy A80 yang dijual di Indonesia, yaitu varian dengan kapasitas penyimpanan internal 128GB dengan RAM 8GB. Bagi yang masih kekurangan penyimpanan, sayangnya penyimpanan pada smartphone ini tidak memiliki slot eksternal untuk microSD card.

Dan bagi yang penasaran soal apa slot kedua dari A80 bisa digunakan sebagai slot untuk MicroSD card, sayangnya pilihan tersebut juga tidak ada. Slot kartu dari Samsung Galaxy A80 hanyalah untuk kartu SIM saja yang bisa aktif bersamaan (dual-standby).

Keputusan Samsung tersebut pastinya bukannya tanpa alasan. Mungkin saja akibat desain yang berubah dimana slot kartu SIM dipindahkan ke bawah, hal tersebut membuat Samsung tidak dapat memasang slot yang lebih besar untuk memuat ukuran kartu MicroSD.

 

 

Kamera

Ada tiga hal yang mungkin membuat harga smartphone Samsung Galaxy A80 ini cukup mahal. Salah satunya adalah layar yang sudah dibahas di atas dimana smartphone ini menggunakan layar bertipe New Infinity Display.

Kemudian ada yang kedua adalah pada kameranya.

Jika Anda sudah pernah melihat foto dari smartphone ini, Anda akan bingung dimana sebenarnya letak kamera depan dari smartphone ini dimana. Penulis sendiri sih berharap kamera depannya berada dibalik layar seperti halnya letak pemindai sidik jarinya.

Tapi khayalan penulis sepertinya belum terwujud untuk sekarang ini karena smartphone Galaxy A80 menggunakan kamera motorik. Bedanya teknik yang digunakan pada smartphone ini seperti gabungan antara Zenfone 6 dengan Oppo Find X.

Sistem kerja kamera motorik ini adalah dengan menggerakan frame bagian atas kemudian memutar kamera yang menghadap ke belakang ke depan. Teknologi yang cukup menarik kalau menurut pendapat penulis.

Oh iya, kamera utama pada Samsung Galaxy A80 itu tediri dari tiga buah, satu kamera adalah kamera dengan resolusi 48MP f2.0, yang dipadukan dengan kamera kedua 8MP f2.2 dan kamera ketiga yang merupakan kamera 3D Depth Camera.

 

 

Baterai

Ini adalah alasan ketiga mengapa smartphone ini menyentuh harga di atas 9 juta rupiah. Yaitu baterai yang berkapasitas 3700 mAh tapi sudah memiliki kemampuan Super Fast Battery Charging yang pastinya lebih cepat dibandingkan dari fast charging biasa.

Super Fast Charging ini juga sudah diterapkan pada smartphone flagship terbaru dari Samsung yaitu Samsung Galaxy S10.

 

 

Konektivitas

Fitur-fitur lain yang melengkapi smartphone semi-flagship ini antara lain, WiFi, Bluetooth 5.0, GPS, USB C serta pemindai sidik jari didalam layar seperti yang sudah dibahas di atas, dan NFC.

Yang penulis sayangkan disini adalah ketidakhadiran 5G pada smartphone ini. Padahal pada saudaranya si Samsung Galaxy S10, dukungan untuk teknologi 5G sudah tersedia.

 

 

Penutup

Nilai jual dari Samsung Galaxy A80 yang dapat penulis lihat antara lain, layar tanpa notch, teknologi kamera motorik a’la Samsung, dan kecepatan pengisian daya baterai yang sangat cepat seperti saudaranya.

Namun menurut penulis, harga yang diberikan Samsung untuk smartphone ini kurang cocok. Karena daripada membeli A80, penulis lebih baik menabung sedikit lagi dan membeli S10 atau S10+ dengan fitur yang lebih lengkap dan prosessor yang lebih canggih. Tapi mungkin layar dan teknologi kamera yang ada pada A80 akan tetap membuat penasaran.

Bagaimana dengan kalian? Berminat? -BB-

 

 

 

About The Author

Buricak Burinyai 55
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel