7 Alasan Kenapa Lebih Baik Membeli Mobil Bekas Ketimbang Mobil Baru

2 Jul 2019 08:15 713 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Yakin masih mau beli mobil baru setelah baca artikel ini?

Membeli mobil bekas adalah salah satu cara agar Anda dapat mendapatkan mobil impian kita namun dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga barunya. Bagi Anda yang masih ragu-ragu untuk membeli mobil bekas, berikut ini adalah 7 alasan kenapa Anda harus membeli mobil bekas ketimbang membeli mobil baru.

 

 

1. Meminimalisir Penyusutan Nilai Jual Mobil

Sudah bukan rahasia lagi, setiap mobil baru yang dijual kembali dan berubah statusnya menjadi mobil bekas akan mengalami penurunan harga yang lumayan. Apalagi seiring bertambahnya umur mobil tersebut, penyusutan nilai dari mobil tersebut pun kian bertambah.

Belum lagi ditambah kilometer jarak tempuh mobil yang juga berpengaruh pada nilai jual mobil. Bayangkan saja sebuah mobil seharga 200 juta rupiah bisa turun menjadi 150 juta dalam satu tahun saja karena ketiga alasan yang sudah disebutkan di atas.

Dengan membeli mobil bekas yang “tepat”, Anda akan dapat meminimalisir penyusutan harga dari mobil bekas yang Anda beli. Contohnya saja ketika Anda membeli mobil Avanza tahun 2015 di tahun 2019 ini, maka mobil Avanza yang Anda beli tersebut tidak akan memiliki nilai jual kembali seanjlok ketika Anda membeli mobil Avanza tersebut di tahun 2015 dalam kondisi baru.

 

 

2. Mengurangi Polis Asuransi yang Harus Anda Bayar

Jika Anda selalu mengasuransikan kendaraan bermotor Anda, maka membeli kendaraan bermotor bekas (dalam konteks ini adalah mobil bekas) cukup menguntungkan bagi Anda. Alasannya, biaya asuransi yang harus Anda bayar untuk mobil tahun keluaran lama itu biasanya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan mobil-mobil setara keluaran terbaru.

 

 

3. Fitur-Fitur Premium

Mobil-mobil sekarang ini memang biasanya memiliki fitur-fitur premium. Namun tidak selalu seperti itu kenyataannya. Beberapa mobil keluaran lama seperti Alphard tahun 2010 memiliki fitur yang bisa dibilang berada di atas mobil Avanza tahun 2019 dengan harga yang setara.

 

 

4. Tidak Perlu Menunggu untuk Digunakan

Ketika Anda membeli mobil baru, Anda tentunya harus menunggu beberapa waktu sebelum mobil tersebut tiba di rumah Anda. Dan ketika tiba di rumah Anda, mobil baru tersebut juga harus menunggu hingga plat nomornya turun sebelum bisa mengaspal.

Berbeda dengan mobil bekas, Anda akan langsung dapat menggunakan mobil tersebut sesaat Anda deal dengan penjualnya baik itu via kredit ataupun cash.

 

 

5. Tidak Gugup dalam Berkendara

Ketika orang membeli mobil baru, banyak kekhawatiran ketika mulai menggunakannya di jalan raya. Seperti takut tergores oleh batu kerikil, atau mungkin tergores oleh pengendara lainnya.

Salah satu cara untuk mengatasi kekhawatiran tersebut tentunya adalah dengan menggunakan perlindungan tambahan yang otomatis membutuhkan biaya tambahan yang tidak sedikit.

Namun berbeda ceritanya ketika membeli mobil bekas, apalagi yang sudah ada goresan-goresan halus pada bodinya. Selain Anda tidak akan khawatir tergores oleh batu kerikil, Anda juga mungkin tidak akan semarah ketika mobil tergores oleh pengendara motor yang melintas.

 

 

6. Banyak Pilihan

Mobil-mobil keluaran baru pada umumnya hanya terdiri dari dua hingga tiga varian saja. Sehingga ada keterbatasan Anda dalam memilih ingin mobil yang mana. Namun hal tersebut tidak berlaku pada kategori mobil bekas.

Bayangkan saja jika pertahun itu satu jenis mobil ada 3 varian. Maka jika Anda jumlahkan 10 tahun terakhir dari satu jenis mobil saja, Anda akan mendapatkan 30 varian yang bisa dipilih.

Memang, kalau dilihat setiap varian pada tahunnya itu tidak begitu berbeda jauh, namun pasti aja saja yang menjadi pembedanya.

 

 

7. Bisa Dijadikan Sebagai Sumber Penghasilan

Ketika Anda membeli mobil baru, Anda pastinya tidak sampai hati untuk menggunakan mobil tersebut sebagai sumber penghasilan. Seperti menggunakannya sebagai mobil rental, ataupun taksi online.

Sedangkan ketika Anda membeli mobil bekas, pasti ada saja yang berinisiatif untuk menggunakannya sebagai tambahan sumber penghasilan baru seperti yang sudah disebutkan di atas.

 

So? Masih lebih memilih membeli mobil baru ketimbang mobil bekas? Kalau kata penulis sih lebih baik membeli mobil bekas. Selain dapat menghemat uang, ketujuh alasan di atas bisa menjadi pertimbangan untuk Anda membeli mobil bekas ketimbang mobil baru. -BB-

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 53
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel