10 Kemampuan ini Wajib Dimiliki Seorang Perancang Busana

27 Jun 2019 19:05 1018 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Pastikan Anda memiliki kemampuan berikut ini jika ingin memulai karir sebagai seorang perancang busana.

Meniti karir sebagai seorang perancang busana adalah sebuah hal yang cukup menjanjikan, apalagi jiga perancang busana yang Anda ingin capai itu adalah seorang perancang busana yang digunakan oleh selebritis ataupun model-model papan atas.

Namun untuk menjadi seorang perancang busana itu tidaklah mudah. Karena selain Anda harus mendedikasikan waktu dan hidup Anda pada karir tersebut, 10 kemampuan berikut ini wajib dimiliki seorang yang ingin menjadi perancang busana.

 

 

1. Kemampuan untuk Memvisualisasikan

Selain seorang perancang busana itu harus memiliki kemampuan untuk mencocokkan berbagai busana menjadi sebuah set busana yang indah, seorang perancang busana juga harus bisa memiliki kemampuan untuk memvisualisasikan sebuah busana atau aksesoris dari bahan mentahnya saja.

Artinya, disini Anda yang ingin menjadi seorang perancang busana haruslah dapat memiliki gambaran pasti tentang end product atau hasil akhir produk dari karya Anda hanya dari melihat bahan-bahan mentahnya saja.

 

 

2. Kemampuan untuk Menggambar

Jika Anda sebagai perancang busana ingin membuat sebuah pakaian, tentu kemampuan menggambar itu adalah hal yang wajib. Karena dengan Anda bisa menggambar, Anda akan dapat menuangkan ide Anda ke dunia nyata.

 

 

3. Kemampuan untuk Berkomunikasi

Walau tidak mutlak, kemampuan untuk berkomunikasi juga adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki seorang perancang busana. Karena bisa saja suatu saat, ditengah-tengah karir Anda yang sedang berkembang, Anda diharuskan untuk berkolaborasi dengan perancang busana lainnya yang mungkin saja akan berpengaruh ke karir Anda kedepannya.

 

 

4. Kemampuan Mendesain Mengikuti Zaman

Jika Anda memilik bakat untuk menjadi seorang perancang busana, Anda biasanya akan memiliki sebuah instinct atau bisa juga dikatakan hunch tentang produk seperti apa yang dibutuhkan oleh para penggiat fashion saat ini.

Disini kreativitas Anda juga akan diuji.

 

 

5. Kemampuan untuk Mengenali Kain

Awas terhadap kain disini berarti Anda sebagai seorang perancang busana harus mampu mengenali bagaimana karakteristik setiap kain yang Anda akan gunakan sebagai bahan dari rancangan busana Anda. Contohnya saja seorang perancang busana wedding dress atau busana nikah, biasanya tidak pernah menggunakan kain sutra karena kain sutra memiliki karakteristik yang mudah kusut.

Artinya, kalau setelan gaun nikah menggunakan kain sutra, maka hasil foto pernikahannya pun tidak akan sebagus seharusnya dikarenakan pakaian yang terlihat kusut.

 

 

6. Kemampuan Multitasking

Jika Anda menjadi seorang perancang busana, maka setiap saat Anda akan dituntut untuk lompat dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa tidak ada proyek Anda yang tertinggal.

 

 

7. Kemampuan Menjahit

Walau tidak begitu dibutuhkan, kemampuan menjahit bagi seorang perancang busana itu adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki. Hal ini bertujuan agar seorang perancang busana dapat menjahit sendiri busana yang ingin dibuat manakala ada kebutuhan mendesak untuk menjahit pada saat itu juga, atau ketika penjahit langganan tidak ada.

 

 

8. Kemampuang Marketing

Sebagai seorang perancang busana, tentunya menjual busana yang telah dibuat adalah salah satu kemampuan yang wajib dimiliki. Memang sih, Anda nantinya bisa saja merekrut tim marketing sendiri. Tapi tetap saja, yang nantinya mengintruksikan tim marketing untuk menjual desain Anda adalah Anda sendiri sebagai bosnya.

 

 

9. Kemampuan Mengatur Waktu

Kemampuan lain yang wajib dimiliki oleh seorang perancang busana adalah kemampuan untuk mengatur waktu. Kemampuan ini sangat esensial karena jika seorang perancang busana tidak memiliki kemampuan ini, maka perancang busana tersebut akan sering melewati deadline yang tentunya berpengaruh pada penghasilan dan reputasi.

 

 

10. Kemampuan Memecahkan Masalah

Apapun karir yang Anda jalankan, pasti masalah itu selalu ada. Dan kebetulan, seorang perancang busana itu harus memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah secara cepat. Contoh saja ketika busana yang Anda buat digunakan model namun ukurannya terlalu sempit atau terlihat tidak bagus. Maka disinilah kecepatan memecahkan masalah Anda diuji. -BB_

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 53
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel