Batas-batas Wilayah Laut Indonesia

7 May 2019 16:56 195 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Indonesia adalah negara kepulauan terbesar dan negara dengan wilayah laut terbesar no 2 di dunia. Tentunya untuk menjaga wilayah laut ini harus dipertegas dengan batas-batas wilayah. Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang batas-batas wilayah laut Indonesia 

 

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dan  dengan perairan terluas ke-2 di dunia tentunya kita memerluka batas-batas agar dapat mempertegas sampai manakah wilayang kelautan Indonesia berada.

Indonesia sendiri memiliki 17.499 pulau dari Sabang hingga Merauke. Luas total wilayah Indonesia adalah 7,81 juta km2 yang terdiri dari 2,01 juta km2 daratan, 3,25 juta km2 lautan, dan 2,55 juta km2 Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). Merupakan suatu Negara dengan luas perairan lebih besar dari pada luas daratan, maka dari itu Indonesia disebut sebagai Negara Maritim.

Jika kita merujuk pada luasnya wilayah lautan kita tentunya negeri ini mempunyai potensi yang sangat besar untuk menjadi pengekspor ikan terbesar di dunia dan tentunya dengan sebegitu luasnya, Indonesia mempunyai kekayaan bahari yang bisa dijadikan objek parawisata.

Namun kekayaan laut kita selama ini banyak sekali yang dicuri oleh kapal-kapal asing.  Bahkan diperkirakan kerugian yang dialami negara akibat illegal fishing pertahunnya mencapai angka 45,7 T.

Dibawah pemerintahan Jokowi lewat Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti telah memperketat dan telah menindak tegas bagi kapal asing yang melakukan illegal fishing.

Terhitung sudah ada lebih dari 500 kapal yang ditenggelamkaan akibat melakukan illegal fishing.

Pada kesempatan kali ini penulis ingin memberikan informasi tentang batas-batas wilayah laut Indonesia.

Batas wilayah laut indonesia dibagi menjadi 3 yaitu Zona Laut Teritorial, Zona Landas Kontinen, dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

Zona Laut Teritorial

Zona laut teritorial merupakan Adalah batas laut yang ditarik dari sebuah garis dasar dengan jarak 12 mil (19,3 km) ke luar ke arah laut lepas. Garis dasar yang dimaksud adalah garis pantai dasar yang diambil pada saat keadaan surut.

Disini indonesia mempunyai hak kedaulatan sepenuhnya dan bagi kapal asing yang mau melintas di zona sini harus meminta ijin terlebih dahulu. Luas laut teritorial Indonesia adalah 282.583 km2.

Zona Landas Kontinen

erupakan dasar laut yang secara geologis ataupun morfologi yang menjadi landasan dari suatu kontinen (benua). Kedalaman laut di sini kurang dari 200 m.  Jadi jika ada wilayah laut yang dimiliki oleh suatu negara dan kedalamannya jika diukur dari dasar lautnya kurang dari 200 m maka itu termasuk Zona landas Kontinen.

Batas landas kontinen diukur mulai dari garis dasar pantai ke arah luar dengan jarak paling jauh adalah 200 mil. Luas landas kontinen Indonesia adalah 2.749.001 km2.

Zona Ekonomi Eksklusif

adalah wilayah laut sejauh 200 mil dari pulau terluar saat air surut. Luas ZEE Indonesia adalah 2.936.345 km2.

Pada ZEE, Indonesia memiliki hak untuk :

  1. Melakukan eksplorasi, eksploitasi, pengelolaan dan konservasi sumber daya alam
  2. Berhak melakukan penelitian, perlindungan, dan pelestarian laut
  3. Mengizinkan pelayaran internasional melalui wilayah ini dan memasang berbagai sarana perhubungan laut
Tags

About The Author

Kevin Girvan 6
Kapur Tulis

Kevin Girvan

Mahasiswa Hukum di perguruan tinggi swasta

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Kevin Girvan