Sering Dengar Orang Ngomong Parno? Apasih Artinya?

8 Jan 2019 06:51 408 Hits 0 Comments
Parno masuk ke dalam bahasa gaul atau bahasa ABG yaitu ragam bahasa Indonesia nonstandar yang lazim digunakan oleh anak muda. Sintaksis dan morfologi ragam ini memanfaatkan sintaksis dan morfologi bahasa Indonesia.

Hai guys, pernahkah kamu mendengar kata Parno? Atau seorang teman pernah ngatain kamu parno-an. *ah lu parno-an jadi orang*

Sebenarnya apasih arti kata parno? Kata tersebut sebenarnya sudah lumayan lama digunakan terutama dikalangan anak muda. Tepat sekali, parno memang merupakan bahasa gaul Indonesia.

Parno masuk ke dalam bahasa gaul atau bahasa ABG yaitu ragam bahasa Indonesia nonstandar yang lazim digunakan oleh anak muda. Sintaksis dan morfologi ragam ini memanfaatkan sintaksis dan morfologi bahasa Indonesia.

Parno dapat diartikan sebagai suatu perasaan takut atau curiga berlebihan. Awal katanya sebenarnya Paranoid. Namun sepertinya memang lebih pas disebut Parno ya, lebih gampang.

Paranoid sendiri diartikan sebagai kondisi tidak percaya kepada orang lain secara tidak realistis atau merasa dianiaya. Tingkatan yang ekstrem dapat menjadi tanda penyakit jiwa.


Paranoid (bahasa Yunani Kuno: παράνοια, paranoia) adalah gangguan mental yang diderita seseorang yang meyakini bahwa orang lain ingin membahayakan dirinya. Dikatakan sebagai bentuk gangguan bila perilaku tersebut sifatnya irasional, menetap, mengganggu, dan membuat stres. Akan tetapi, perilaku ini tidak disebut paranoid bila kemunculan perilaku tersebut disebabkan oleh skizofrenia, gangguan bipolar, atau gangguan psikotik lainnya (faktor neurologi), atau sebab-sebab yang diakibatkan oleh kondisi medis.

Secara ilmiah Paranoid memang cenderung diartikan sebagai gangguan jiwa. Namun kata Parno sendiri yang sering digunakan para ABG, maknanya lebih ringan. Semisal ada teman yang merasa takut sedikit saja, sudah dikatakan Parno.

Dan orang-orang pada umumnya tidak merasa tersinggung dengan penyebutan kata Parno. Karna kesannya menjadi gaul atau keren aja mengganti kata "takut" menjadi "parno". Terasa lebih ilmiah dan memperkaya kosakata.

Parno ya, bukan p*rno. Atau jangan berpikir kata parno dibuat oleh bapak Suparno, kalau beliau tetangga saya. Hehe..

Apa lagi sekarang musim hujan dan cuaca sedang tidak bersahabat. Dan liburan tahun baru jadi takut liburan ke pantai. Takut ombok tinggi. Barangkali ada teman atau siapapun yang ngatain kamu begini:

"Jadi orang kok parno banget, sama air aja takut"

Oke, itu bukan parno. Namun sayang nyawa.

Jadi contoh penggunaan kata parno, misalnya:

P: "Dengar-dengar Indonesia akan hancur ya?"

J: "Parno lu ah.."

Maka sekarang sudah pahamkan arti kata parno itu apa. Kata parno memang bukanlah bahasa resmi  yang diajarkan disekolah-sekolah. Namun perlu juga mengenal bahasa khas anak muda, untuk memperlancar pergaulan dikalangan anak milennial.

Tags

About The Author

Rianda Prayoga 32
Pena

Rianda Prayoga

Gak banyak bicara, sedikit cuek tapi lumayan ramah

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel