INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA SOSIAL PEMERSATU SEKALIGUS PEMECAH BELAH BANGSA

21 Oct 2018 16:44 1153 Hits 0 Comments
instagram sebagai media pemersatu sekaligus pemecah belah bangsa

 INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA SOSIAL PEMERSATU SEKALIGUS PEMECAH BELAH BANGSA

Instagram sendiri adalah salah satu media aplikasi pengembangan facebook menjadi instagram, media sosial yang sudah banyak di pakai oleh semua usia baik dari anak-anak, remaja, dewasa, karena di instagram sendiri mampu menampilkan beberapa fitur yang di anggap cukup seru dan bagus bagi para penggunannya, seperti berbagi foto, video, juga dapat mengambil foto dan video. Apalagi di zaman sekarang ini atau zaman yang sering kita sebut zaman digitalisasi, sudah bisa kita sipulkan bahwa, penggunaan media sosial baik, facebook, twitter, khususnya instagram sendiri sudah jadi hal yang di ikuti oleh masyarakat umum. 

Dari berbagi foto, video dan mengambil foto dan video juga, para pengguna bisa nyaman bermain isntagram, biasanya para pengguna setelah mendaftarkan akunnya di aplikasi instagram ini, mereka langsung mencoba mengikuti akun-akun lain yang di anggap satu arah atau satu fikiran, baik dari temen ataupun orang lain. Dengan makin majunnya isntagram ini seiring dengan perkembangan teknologi juga, seluruh dunia sudah mampu mengakses dan menggunakan aplikasi satu ini. Baik negara negara maju dan negara berkembang, dalam penggunaannya, instagram tidaklah sama setiap negara, artinya apa? Artinya jika instgram ini digunakan di negara yang sudah mempunyai status maju, maka sangatlah bijak dan positif yang lebih dominan yang dimasukan dan di sebar di instagram ini, hal ini bisa bisa terjadi karena komposisi penduduk dalam negara maju itu sangatlah bisa di bilang kompleks, baik dalam bidang iptak dan iptek, pemahaman masyarakat pada kedua point tersebut, bisa di katakan merata, mangkannya dalam cara mesyarakat mengimplementasikan sesuatu juga sangatlah berbeda (bijak).

Nah beda dengan negara yang masih menyandang status berkembang (seperti Indonesia), seperti arti dari kata negara berkembang juga yakni, negara yang masih dalam proses pembangunan baik iptak dan iptek yang mana  perkembangan iptak dan iptek pada masyarakatnya masih belum bisa dikatakan merata dan mampu di implementasikan dengan bijak oleh penduduknya, yang malah banyak memasukkan hal-hal yang bersifat negatif. Seperti hal yang menyangkut, kepercayaan, ideologi, ekonomi, budaya, status sosial. Hal ini terjadi tidak terlepas dari kurangnya pengetahuan oleh masyarakat pada negara berkembang khususnya Indonesia.

Di Indonesia sendiri hal yang sangat sering terjadi adalah menyebarnya berita Hoax yang meraja lela di berbagai media, baik media cetak dan yang lain seperti sosial media. Yang sering kita ketahui banyak sekali oknum yang tidak bertanggungjawab atas berita yang mereka sampaikan, khususnya yang sering terjadi adalah penyebaran berita Hoax yang di lakukan di aplikasi instagram pada akhir-akhir ini. Dengan maksud dan tujuan, para oknum-oknum penyebar berita Hoax, bisa dibilang menginginkan adanya atau timbulnya perpecahan dan kesalahpahaman di dalam masyarakat maupun pemerintahan, yang jika hal ini di biarkan, maka akan menjadi hal yang serius yang mampu memecah belah negara kesatuan republik Indonesia. Mangkanya disini adanya sosialisasi baik dalam bentuk apapun sangat sangat dibutuhkan oleh masyarkat kita, karena terkadang apa yang mereka dapat, dan berita apa yang sedang mereka ikuti untuk dikonsumsi terkadang itu tidak tahu menahu landasanya dan sumbernya, nah karena ketidak siapan iptak dan iptek mereka, akhirnya apapun yang mereka trima lewat instagram meskipun berita itu mengandung hal yang berbau SARA, tetap saja mereka konsumsi dan di sebarluaskan, dan hal ini juga yang membuat negara kita sangat sulit untuk mengatasi penyebaran berita atau Hoax ini.

Sampai terkadang di dalam intagram itu ada yang saling menjatuhkan Cuma gara-gara kesalah pahaman berita. Nah jadi seperti yang saya bilang tadi dalam perkembanganya di dunia khusunya Indonesia sendiri instagram tidak hanya memberi hal yang positif akan perkembangan teknologi budaya dan lain-lain yang dapat di akses di Instagram namun juga mampu memberikan ruang bagi oknum yang tidak bertanggungjawab yang menginginkan sesuatu hingga bertujuan dan sebagai alat pemersatu untuk menjatuhkan negara juga akan memanfaatkan media ini untuk melakukan hak itu dengan cara paling banyak sekarang ini ialah penyebaran berita Hoax.

Maka dari itu pemeritah sendiri juga harus memperketat penggunaan sosial media, khusunya instagram dengan cara mengarahkan para penggunannya ke hal hal yang bersifat positif dan tidak mengancam negara ini.

 

Tags

About The Author

agung suryatama 10
Novice

agung suryatama

seorang mahasiswa
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From agung suryatama