Memahami dan Membuat library sendiri di CodeIgniter

1 Oct 2018 12:07 2392 Hits 0 Comments
terkadang kita perlu praktek agar kita memahami betul materi Library ini. Yuk pelajari sekarang!

            Hai kawan Plimbi! Salam ngoding bagi kita semua ya! Apa kabar hari ini? Semoga baik selalu ya dan pastinya selalu bersemangat terus untuk menjalani hidup ini. Apakah kalian sedang mencoba untuk mempelajari sebuah framework, khususnya di CodeIgniter? Nah, di CodeIgniter mungkin kita telah mendapat istilah library ya. Dimana library ini merupakan sebuah wadah untuk menyimpan beberapa fungsi untuk membantu Controller dalam melakukan tugasnya. Semisal kita membuat sebuah perintah di Controller namun setelah kita telurusi bahwa Controller tersebut menampung banyak sekali baris program yang sama. Nah, dalam kasus ini apa yang akan kita pikirkan terlebih dahulu? Pasti kita akan berpikir untuk mencari solusi agar baris perintah tersebut bisa dilakukan berulangkali dengan hanya satu kali saja pemanggilan bukan?

            Nah, solusi untuk mengatasi hal ini yaitu dengan menggunakan library yang sudah disediakan oleh CodeIgniter. Framework CodeIgniter ini telah menyediakan berbagai macam library yang cukup lengkap, namun tidak menutup kemungkinan juga kan kita ingin membuat library sendiri karena mungkin library yang disediakan CI kurang cocok pada kasus yang mungkin sekarang kita hadapi pada saat melakukan develop.

            Maka dari itu saya akan coba membahas tutorial untuk membuat library sendiri pada CodeIgniter.

Hal pertama yang harus disiapkan yaitu file dan folder berikut :

  • Application/views/index.php

File ini seperti halnya views biasa yang menampilkan user interface pada sebuah website

  • Application/controllers/TestController.php

File Controller digunakan untuk menuliskan perintah-perintah yang nantinya akan ditampilkan pada bagian views. Disini juga kita akan melihat proses penggunaan library dengan memanggil nama library yang akan dibuat sekarang ini.

  • Application/libraries/test_library.php

Inilah poin penting saat ini, yaitu library. Karena kita akan membahas proses penggunaan library. Disinilah kita menuliskan fungsi-fungsi library itu sendiri pada framework CodeIgniter yang nantinya bisa disebarluaskan baik itu pada views, controller atau pada model.

Yuk belajar sekarang!

Diitahap pertama yang harus kita lakukan yaitu pergi ke application/config.routes.php dan tuliskan baris kode berikut ini :

Memahami dan Membuat library sendiri di CodeIgniter

Ditahap route ini kita akan mendefinisikan bahwa url tersebut akan diatur oleh controller bernama testcontroller di fungsi show. Tahap selanjutnya kita akan membuat library ya. Sekarang kita akan pergi ke application/libraries/test_library.php disini kita akan menjalankan fungsi yang mampu diakses oleh siapapun. Kita akan coba untuk membuat fungsi membungkus variabel menjadi array. Tuliskanlah baris kode berikut :

Memahami dan Membuat library sendiri di CodeIgniter

Setelah kita membuat library nya, mari kita pergi ke Controller untuk menjalankan perintah menampilkan views dan untuk memanggil library yang sudah kita buat tadi. Pergi ke application/controllers/TestController.php. tuliskan baris program berikut ini :

Memahami dan Membuat library sendiri di CodeIgniter

Untuk memanggil library yang telah dibuat itu caranya dengan memanggil fungsi load di bagian konstruktor, dan untuk mendefinisikan fungsi library yaitu dengan memanggilnya di fungsi show yang bernama __toArray() yang telah dibuat di library tadi.

Sekarang cobalah untuk melakukan akses ke localhost dan tuliskan url nya yant bernama test_library yang telah dibuat tadi. Maka data tersebut akan berubah menjadi array yang nantinya akan diakses menggunakan foreach.

Begitulah konsep library semoga mengerti, terima kasih! Semoga bermanfaat ya!

 

 

 

Tags

About The Author

Muhammad Adi Wahyudi-4 37
Ordinary

Muhammad Adi Wahyudi-4

Hello Plimber ! Kita Sharing bareng yuk.. saya dari SMKN 4 BANDUNG =)
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel