Memahami dan Membuat helper sendiri di CodeIgniter

1 Oct 2018 11:05 2514 Hits 0 Comments
terkadang kita perlu praktek agar kita memahami betul materi Helper ini. Yuk pelajari sekarang!

            Hai kawan Plimbi! Salam ngoding bagi kita semua ya! Apa kabar hari ini? Semoga baik selalu ya dan pastinya selalu bersemangat terus untuk menjalani hidup ini. Apakah kalian sedang mencoba untuk mempelajari sebuah framework, khususnya di CodeIgniter? Nah, di CodeIgniter mungkin kita telah mendapat istilah helper ya. Dimana helper ini merupakan sebuah wadah untuk menyimpan beberapa fungsi-fungsi yang pastinya dapat dipanggil oleh model, view dan juga controller pada framework CodeIgniter.

            Lantas apa perbedaan antara helper dan Controller? Karena kan semuanya sama-sama memiliki fungsi yang mengatur logika-logika aplikasi untuk memenuhi tugas tertentu dalam aplikasi tersebut. Nah, perbedaannya Controller itu merupakan komponen utama yang selalu menjalankan perintah yang akan ditampilkan di view sedangkan fungsi helper ini merupakan sebuah alat bantu yang dimana ketika Controller tidak memiliki fungsi tertentu maka helper lah yang akan membantunya.

            Helper pada Framework CodeIgniter dapat terdiri dari dua macam berdasarkan penyediaannya, ada yang sudah disediakan oleh CodeIgniter sendiri dan ada juga helper manual yang pastinya buatan kita sendiri. Terkadang ketika mungkin helper pada CodeIgniter sangat terbatas, pastilah kita membutuhkan helper bntuan. Oleh karena itu pada tahap kali ini saya akan coba membahas tutorial pembuatan helper manual di CodeIgniter.

Langkah pertama siapkan project CodeIgniter nya.

Selanjutnya :

Buat beberapa folder dan file berikut ini :

  • Application/controllers/TestController.php

 

Sebagai controller seperti biasanya yang menjalankan tugas-tugas tertentu untuk ditampilkan pada views. Dibagian Controller juga kita akan menginisialisasi helper yang kita pelajari sekarang.

 

  • Application/views/index.php

Sebagai view seperti biasanya digunakan untuk menampilkan user interface pada website.

  • Application/helpers/test_helper.php

 

Nah inilah point penting yang akan kita pelajari sekarang. Yaitu pembuatan helper manual.

 

Nah setelah kita menyiapkan beberapa folder dan file tersebut mari kita pahami dan pelajari baris programnya ya..

Hal pertama kita akan pergi menuju application/config/routes.php untuk menginisialisasi akses menggunakan link nya ya. Tuliskan baris kode berikut :

Memahami dan Membuat helper sendiri di CodeIgniter

Setelah kita mendefinisikan route nya mari kita menuju Helper untuk membuat fungsi manual yang akan membantu Controller dalam pengimplementasiannya. Pergi ke application/helpers/test_helper.php. tuliskan baris kode berikut :

Memahami dan Membuat helper sendiri di CodeIgniter

Disini kita akan membuat helper untuk melakukan penampilan pada views melalui fungsi __getView, agar dengan mudahnya perintah pada Controller hanya dengan menuliskan fungsi __getView itu saja. Ada sedikit perbedaan nih di helper, dia menginstansiasi fungsi $this harus menggunakan variabel terlebih dahulu, seperti baris kode tersebut fungsi $this harus diterapkan pada variabel $CI yang mendapatkannya dari get_instance(). Selanjutnya kita akan pergi menuju Controller untuk memanggil fungsi yang telah dibuat pada helper ini. Pergi  ke application/controllers/TestController.php. Tuliskan baris kode berikut ini :

Memahami dan Membuat helper sendiri di CodeIgniter

Dibagian controller inilah proses pemanggilan helper dilakukan. Yaitu dengan mendefinisikan pada fungsi konstruktor. Lalu dipanggilah helper tersebut di fungsi index.

Nah pada bagian application/views/index.php tuliskanlah baris kode apa saja bebas. Karena ujung-ujungnya helper ini akan menuju pada user interface pada index.php

Konsep helper yang saya buat ini begitu sederhana, namun akan sangat membantu ketika pada website yang kita bangun menerapkan konsep slicing, dimana proses untuk memanggil tampilan pun hanya dilakukan dalam satu baris, yaitu hanya memanggil fungsi __getView saja.

Sekian terima kasih! Semoga bermanfaat ya! Tunggu tutorial tentang CI selanjutnya! Stay Tune terus!

Tags

About The Author

Muhammad Adi Wahyudi-4 37
Ordinary

Muhammad Adi Wahyudi-4

Hello Plimber ! Kita Sharing bareng yuk.. saya dari SMKN 4 BANDUNG =)
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel