Mempercepat Kinerja PC/Laptop Dengan Disk Defragmentation

13 Sep 2018 20:28 515 Hits 0 Comments
kalian mungkin pernah mendengar bahwa komputer butuh yang namanya Defragmentasi, kita percaya bahwa dengan men-defrag komputer menjadi lebih cepat dalam membaca data. 

kalian mungkin pernah mendengar bahwa komputer butuh yang namanya Defragmentasi, kita percaya bahwa dengan men-defrag komputer menjadi lebih cepat dalam membaca data. Hal ini sering direkomendasikan bagi kalian yang ingin meningkatkan performa dari komputer yang kalian miliki. Tetapi apakah kalian tahu arti dari Disk Defragmentation itu sendiri? Dan seberapa seringkah kita butuh untuk men-defrag storage drive?

Seperti namanya Disk Defragmentation itu terdengar seperti mengembalikan pecahan-pecahan yang berceceran menjadi satu. Dalam kasus komputer, hal ini berhubungan dengan membuat data-data yang berceceran dan terpisah tempat dalam hard disk dikumpulkan dalam tempat yang sama/dekat.

Bagaimana proses Disk Fragmentation terjadi?

Kebanyakan hard disk komputer memiliki pola berputar sehingga hard disk menempatkan data dalam tempat yang berbeda ketika menulis data baru, blok-blok data diciptakan sesuai dengan urutan perintah yang diberikan.

Ketika Disk Defragmentation berlangsung blok-blok data yang sudah terbuat tersebut dikumpulkan berurutan kembali sehingga kedepannya pekerjaan membaca data lebih mudah, dengan demikin hal ini menghapus jarak antar file data yang berada dalam hard disk sehingga mempercepat kerja komputer kalian.

Haruskah kita mendefrag komputer secara manual?

Sampai hari ini Disk Defragmentation dipercaya merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan agar komputer tetap berjalan dengan normal dan baik. Untungnya bagi kalian pengguna windows dan sistem operasi modern lainnya seperti, Windows 7, Windows 8.1, Windows 10, MacOS, dll. Melakukan proses ini secara teratur dan berkala dengan otomatis. jadi kita tidak perlu mengkhawatirkan mendefrag secara manual lagi.Disk Defragmentation pada Windows 7, Vista, 8.1, 10

Disk Defragmenter berjalan secara otomatis pada Windows 7, Windows 8.1, Windows 10, MacOS. Jika kalian tertarik untuk mengetahui lebih lanjut kalian bisa mencarinya dengan mengetik kata "defrag" pada Windows 7, Vista, 8.1 dan 10 dan memastikan bahwa Disk defragmentation komputermu berjalan sesuai jadwal. Pada MacOS, proses ini berjalan secara otomatis dan kalian tidak perlu melakukan apa-apa.

Disk Defragmentation pada Windows XP

Jika mungkin kalian masih menggunakan Windows XP pada komputermu, maka kalian perlu men-defrag nya secara manual dengan membuka menu start menjalankan run dan mengetik dfrg.msc lalu tekan enter. Hal ini akan membuka aplikasi Disk Defragmenter yang akan menunjukkan pilihan pengaturan defrag masing-masing drive. Kalian juga bisa mengatur jadwal defrag ataupun menjalankannya secara manual.

Tidak perlu melakukan Disk Defragmentation ketika menggunakan SSD

Jika komputer kalian menggunakan basis sistem SSD, kalian tidak perlu lagi melakukan defragmentasi. Jarena sistem yang berbasis SSD tidak menggunakan pola berputar jadi tidak membutuhkan waktu banyak saat membaca data dari tempat manapun dalam drive tersebut. Sistem operasi modern memiliki aplikasi sendiri dalam optimasi berbasis SSD.

Tags

About The Author

ilham13 28
Pena

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel