Tips Agar Mampu Membiasakan Diri Membaca Al-Qur’an

9 Sep 2018 22:21 685 Hits 0 Comments

Terkadang untuk menjadi istiqomah itu sulit. Maka, cobalah lakukan hal ini agar tetap istiqomah dalam membaca Al-Quran!

            Assalamu’alaikum kawan-kawan Plimbi? Bagaimana keadaan hari ini? Semoga baik dan selalu ada dalam lindungan serta rahmat Allah SWT ya. Aamiin. Ngomong-ngomong, apakah kalian suka membaca al-Qur’an? Dan jika suka, apakah kegiatan tersebut dilakukan secara rutin setiap harinya?

            Jika hal tersebut merupakan hal yang berat untuk melakukannya, terutama bagi kaum muslimin. Tentulah hal itu kurang baik bagi kita sebagai kaum muslimin. Nah, agar kita mampu membaca al-Qur’an dan melakukan kegiatan tersebut secara rutin. Saya akan coba memberikan beberapa tips yang mudah-mudahan akan mengubah kehidupan dan kebiasaan kita menjadi lebih baik dengan selalu membiasakan membaca al-Qur’an secara istiqomah.

            Lalu, apa sajakah hal yang dapat membuat kita selalu membiasakan untuk selalu membaca al-Qur’an? Simak berikut ini ya :

  • Cintai Al-Qur’an

Hal ini mungkin dapat kita coba agar kita selalu membaca al-Qur’an untuk selalu konsisten.Cobalah untuk selalu mencintai al-Qur’an, sebab kitab suci al-Qur’an merupakan sebuah pedoman hidup yang sudah pasti akan membuat hidup kita menjadi lebih baik dan selalu berada dijalan Allah SWT. Ketika kita sedang merasa malas untuk membaca al-Qur;an, maka cobalah untuk memikirkan bahwa al-Qur’an itu merupakan sebuah kitab suci yang isinya firman-firman  Allah SWT, yang dimana Allah SWT yang telah memberikan kehidupan, kebahagian, rezeki dan lain sebagainya. Maka dari itu kita harus mencintai-Nya dengan salah satu caranya yaitu, mencintai Al-Qur’an kitab suci yang diturunkan kepada Rasulullah SAW.

  • Susunlah Jadwal Untuk Membaca Al-Qur’an

Lalu, setelah kita mencintai Al-Qur’an itu sendiri bagaimana selanjutnya? Agar kita mampu melakukan kegiatan membaca Al-Qur’an secara rutin dan istiqomah pastinya. Sangat disarankan kita harus menyusun sebuah jadwal untuk membacanya. Waktu membaca al-Qur’an yang lebih baik adalah ketika waktu sudah menunjukkan waktu setelah shalat atau sebelum waktu shalat. Biasanya sih, bagi orang-orang yang cukup sibuk dengan pekerjaannya, mereka lebih memilih membaca Al-Qur’an di waktu setelah shalat Magrib sembari menunggu waktu shalat Isya. Waktu tersebut sangat  saya sarankan, karena mungkin waktu-waktu tersebut merupakan waktu dimana kebanyakan orang melakukan sedikit aktivitas.

  • Ketahui Bahwa Membaca dan Memahami Al-Qur’an merupakan hal yang wajib

Selanjutnya, agar kita selalu menyempatkan diri untuk selalu membaca bahkan memahami isi Al-Qur’an, kita harus mengetahui bahwa membaca Al-Qur’an adalah hal yang wajib bagi seluruh umat Islam. Maka dari itu, ketika kita sudah sangat jarang untuk membaca Al-Qur’an, cobalah untuk merenungkan diri dan berpikir bahwa kita adalah umat muslim, dimana umat muslim diperintahkan oleh Allah SWT untuk selalu membaca Al-Qur’an. Dan ketahuilah bahwa dengan kita membaca al-Qur’an, akan banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan setelahnya.

Sekian dulu! Terima Kasih, Semoga Bermanfaat!

Tags

About The Author

Muhammad Adi Wahyudi-4 22
Pensil

Muhammad Adi Wahyudi-4

Hello Plimber ! Kita Sharing bareng yuk.. saya dari SMKN 4 BANDUNG =)

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel