Bagaimana memulai belajar pemrograman dengan efektif ?

9 Aug 2018 23:26 370 Hits 0 Comments
Beberapa tips yang perlu dicoba agar cara belajar pemrograman lebih efektif

Dunia pemrograman memang sudah sangat pesat sekali , bagaimana tidak ? di era modern ini sudah banyak sekali berbagai media digital yang sangat canggih dan tentunya dibuat berdasarkan bahasa pemrograman yang canggih pula. Bahasa pemrograman ini hampir tiap hari selalu terdapat perubahan , selalu terdapat pembaruan dan selalu tumbuh beberapa bahasa pemrograman baru yang lainnya.

                Hal ini pun , akan sangat sulit bagi seorang programmer pemula untuk bereksplorasi lebih dalam tentang bahasa pemrograman. Karena ia harus selalu mempelajari dan menggali terus – menerus tentang dunia pemrograman yang selalu up to date. Untuk mempelajari bahasa pemrograman tidaklah mudah , harus diperlukannya beberapa cara yang efektif dalam menguasai beberapa bahasa pemrograman tertentu agar tidak cepat dilupakan dan selalu cepat diingat. Untuk mempelajari bahasa pemrograman agar lebih efektif , berikut terdapat beberapa tips yang dapat memungkinkan agar kita lebih memahami dan tidak cepat bosan dalam mempelajari bahasa pemrograman.

  • Kenali passion dirimu terlebih dahulu.

Untuk mempelajari sebuah materi , kita harus mengetahui passion yang cocok dalam diri kita terlebih dahulu. Sebab hal tersebut merupakan sebuah hal yang pokok sebelum kita terjun dalam bidangnya. Seperti kita ingin memulai untuk belajar bahasa pemrograman. Karena hal ini berkaitan dengan seorang programmer. Maka kita juga harus memiliki hobi, profesi dan bakat kita dalam menjadi programmer. Karena akan sulit ketika kita terus memaksakan diri kita untuk belajar pemrograman yang padahal passion yang kita miliki bukan dalam bidang pemrograman.

  • Cari teman yang memiliki passion yang sama dalam bidang pemrograman

Tentu saja , cara belajar kita akan sangat efektif ketika kita bertemu dengan orang – orang yang memiliki hobi dan profesi seperti yang terdapat dalam diri kita. Sebab ketika seorang programmer bertemu dengan programmer lainnya. Akan sangat berguna untuk tanya jawab soal materi dalam bahasa pemrograman ataupun dapat menjadi ajang tanya jawab mengenai error yang terdapat dalam baris kode yang telah kita buat.

  • Jika belajar melalui modul, maka harus di praktekan

Di era modern dan digital ini , tentu saja sudah banyak beberapa sumber yang dapat kita cari dari berbagai browser. Ketika kita sudah menemukan materi dalam sebuah modul bahasa pemrograman. Dalam hal ini kita harus mempelajari sekaligus mempraktekan bahasa pemrograman yang terdapat dalam materi pembelajaran yang sudah tertera dalam modul. Sebab untuk mempelajari bahasa pemrograman tidak dibutuhkan teori , tetapi dibutuhkan pemahaman dalam menguasainya dengan cara mempraktekkan bahasa pemrograman itu sendiri.

Semoga bermanfaat untuk artikel kali ini !! tunggu beberapa artikel selanjutnya, terima kasih ! ! ! ! ! !

Tags

About The Author

Muhammad Adi Wahyudi-4 19
Pensil

Muhammad Adi Wahyudi-4

Hello Plimber ! Kita Sharing bareng yuk.. saya dari SMKN 4 BANDUNG =)

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel