Bikin Web Pakai PHP Native atau Framework aja?

16 Jul 2018 17:21 1757 Hits 0 Comments
Kamu Programmer pemula ? dan Masih belajar Framework? Mau bikin website pakai PHP Native atau Framework aja? Simak aja dulu, nanti bisa milih..

Dalam hal ini, sangat sering bagi kita kedengarannya bukan? Yaaa, ketika seorang web developer yang sudah mahir dalam PHP Native (Murni PHP) dan baru memahami dasar dari Framework, mereka menginginkan untuk membuat website dengan Native aja atau Framework aja?

                Kedengarannya kita pun begitu yaa? (tuk webdev ya)..

                Sebenarnya, ketika kita telah memahami PHP Native dan membuat project website, hal tersebut akan mudah, karena kita telah memahami PHP Native tersebut.. Ingat yaa, ketika kita telah memahami dan belum baru belajar. Nah, sebaliknya.. ketika kita telah master dalam PHP dan sudah paham betul dengan Framework dan mampu untuk menggunakannya, hal tersebut akan sangat-sangat mudah dalam proses pembuatan website dan tentunya akan sangat cepat daripada dengan PHP biasa.              

                Nahh, tetapi ketika kita mahir dalam Native PHP dan baru saja mencicipi Framework ada baiknya ketika proses pembuatan project kita coba yang native saja terlebih dahulu. Karena hal tersebut akan lebih mudah, ya lebih mudah disebabkan kita sudah mahir sekali dalam native PHP.

                Namun ketika kita masih belajar PHP Native dan kita mencicipi Framework, hal tersebut sangat salah menurut saya. Karena aktivitas tersebut tidak akan membuahkan hasil. Yaa disebabkan kita masih belajar PHP Native dan mencoba Framework lalu kita akan membuat project website dengan framework. Akan butuh berbulan-bulan dalam prosesnya.

                Belajar PHP Native aja dulu biar faham kedepannya. Sebab Fitur-fitur yang terdapat di Framework akan lebih banyak dari biasanya. Seperti halnya, sudah mendukung MVC, Routing, Session, Queue, Konsep OOP  dan lain sebagainya yang mungkin hanya sebagian saja yang kita tahu.

                Disisi lain, tetapi ketika kita sudah faham betul dengan framework dan sudah mengenali fitur-fitur didalamnya. Apa salahnya membuat project dengan Framework saja. Karena hal tersebut akan sangat memudahkan kita dalam proses pembuatannya. Disebabkan karena kita sudah memahami betul semua konsep dan fitur didalamnya. Tetapi, tidak menutup kemungkinan ketika kita membuat sebuah project website, kita harus mempertimbangkan terlebih dahulu apa saja kebutuhan website nya.

                Karena, ketika framework memiliki banyak library dan banyak fitur, disitu pula seorang web developer harus memikirkan kembali apakah harus PHP Native atau Framework. Sebab ketika kita membuat website dan banyak library dari Framework yang tidak terpakai, hal tersebut akan merugikan kita, karena akan banyak sekali ruang pada foldernya yang padahal tidak terpakai sama sekali.

                Dan sangat menguntungkan ketika kita membuat sebuah project dengan framework dan hampir semua fitur yang terdapat dalam Framework itu mampu digunakan dan dibutuhkan dalam website yang kita buat.

                Soooo

                Saya rekomendasikan untuk para web developer yang masih awam dan masih belajar PHP Native, lebih baik fahami betul syntaks nya dan cobalah untuk jangan dulu mencoba Framework. Karena hal itu akan menghambat proses belajar kita dalam menguasai PHP Native.

                Lalu, untuk para web developer yang sudah master dan mahir dalam PHP.. tetapi baru saja mempelajari Framework dan sedang menggunakan Framework sebagai alat bantu dalam pembuatan websitenya. Lebih baik ditunda saja dulu, karena ketika kita masih mempelajari dan langsung membuat projectnya akan butuh waktu yang sangat lama dalam proses pembuatannya. Jadi lebih baik menggunakan PHP Native terlebih dahulu dalam proses pembuatan websitenya. Lalu karena kita sudah mengerti dan faham betul di PHP Native coba belajar saja dulu Framework nya dan jangan dulu untuk membuat sebuah project dengan Framework.   

                Selanjutnya, bagi para web developer yang sudah master dalam programming nya. Baik itu PHP Native maupun Framework. Alangkah baiknya kita membuat sebuah project dengan Framework. Karena, yaa, kita juga sudah faham betul dengan Framework nya. Tetapi Pikirkan terlebih dahulu tentang fitur yang dibutuhkan dalam membuat website nya..

 

Terima kasih Plimberrr !! Semoga Bermanfaat bagi kita semua. Selamat belajar, sukses selalu !!!

               

Tags

About The Author

Muhammad Adi Wahyudi-4 37
Ordinary

Muhammad Adi Wahyudi-4

Hello Plimber ! Kita Sharing bareng yuk.. saya dari SMKN 4 BANDUNG =)
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel