Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Secara Alami dan Cepat

15 Jul 2018 11:34 1739 Hits 0 Comments
memiliki pencernaan yang lancar dan juga proses buang besar yang lancar dapat membuat perasaan menjadi lega karena dapat terbuang dengan baik.

memiliki pencernaan yang lancar dan juga proses buang besar yang lancar dapat membuat perasaan menjadi lega karena dapat terbuang dengan baik. Namun ketika BAB menjadi terasa sulit untuk di keluarkan , maka dapat mengganggu aktifitas seseorang yang dapat aktifitasnya tidak bisa berjalan dengan baik dan membuat perasaan menjadi tidak nyaman.

Gejala susah buang air besar ( BAB ) bisa terjadi pada siapa saja, pada anak bayi , orang dewasa, dan juga ibu hamil. Dan hal tersebut tentunya tidak bisa di biarkan begitu saja karena dapat me=nggangu kesehatan tubuh lainnya.

Dari berbagai hal yang ada, tentunya hal tersebut di sebabkan oleh beberapa penyebab umum yang sering orang lakukan atau karena pengaruh obat-obatan tertentu yang mungkin belum banyak orang ketahui.

Ada banyak cara mengatasi susah buang air besar, bisa dengan memlakukan pola hidup yang sehat dan melakukan pola hidup sehat untuk memperlancar kembali.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Secara Alami dan Cepat

  1. Kurang cairan

Tubuh membutuhkan caian tubuh untuk bisa bekeraja dengan baik, ketika cairan tubuh tersebut tidak tercukupi, maka akan menyebabkan gangguan kesehatan pada system tubuh, seperti dapat membuat pencernaan menjadi tidak lancar, sehingga pencernaan kesulitan mengeluarkan kotoran di perut.

Cairan yang cukup dapat membantu dalam membuat lembek sisa makanan, atau kotoran yang ada di dalam perut, sehingga proses pengeluaran kotoran tersebut menjadi tidak terhambat oleh kerasnya kotoran tersebut.

  1. Cukupi Serat

Mungkin hal yang membuat anda mengalami kesulitan dalam buang air besar tersebut karena kekurangan cairan tubuh. Karena serat memiliki manfaat yang dapat mengikat air dalam tubuh, dan ketika sisa makanan yang di cerna dalam tubuh memiliki kadar air yang cukup untuk membuat kotoran tersebut menjadi lembek dan gampang untuk di keluarkan.

  1. Kehamilan

Sebagian besar perempuan akan mengalami kesulitan untuk BAB, karena ketika seseorang hamil, maka akan tubuh akan memperoduksi hormon progesterone yang lebih dan mengganggu kinerja otot dan otot-otot usus melemah dan menganggu kelancaran membuang kotoran.

  1. Obat-obatan tertentu

Bagi anda yang sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu karena kebutuhan dari obat-obatan tersebut untuk kesehatan anda, maka akan mengalami kesulitan untuk buang air besar. Seperti mengkonsumsi  suplemen Zaat besi, suplemen kalsium , obat pereda rasa nyeri dan obat-obatan yang lainnya.

  1. Gangguan Kesehatan

Dalam hal ini bisa jadi anda mengalammi kesulitan untuk buang air besar tersebut di sebabkan oleh kondisi kesehatan anda yang lagi kurang baik karena mengidap beberapa gangguan kesehatan, seperti peradangan usus, kanker usus besar dan berbagai macam penyakit lainnya, terkait dengan gangguan buang air besar.

  1. Gangguan Psikologis

Jangan lupakan psikis anda , karena bisa jadi hal yang membuat susah buang air besar disebabkan oleh gangguan psikis seseorang, seperti stress, smerasa kecamasan yang berlebih, depresi, dan gangguan mental lainnya.

Nah, berikut adalah penyebab dan cara mengatasi susah buang air besar yan bisa anda terapkan sekarang juga untuk melancarkannya kembali.s

 

Tags

About The Author

hellosehat 21
Novice
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel