Pengertian, Tujuan, Jenis-Jenis Inventory

12 Jul 2018 19:44 106 Hits 0 Comments
Inventory adalah hal yang sudah sering kalian dengar, khususnya bagi kalian yang bekerja di perusahaan manufaktur. Namun, jika kalian bukan pelaku dalam sebuah bisnis maupun perusahaan, mungkin inventory menjadi hal baru bagi kalian.

Inventory adalah hal yang sudah sering kalian dengar, khususnya bagi kalian yang bekerja di perusahaan manufaktur. Namun, jika kalian bukan pelaku dalam sebuah bisnis maupun perusahaan, mungkin inventory menjadi hal baru bagi kalian.

Inventory adalah Persediaan Barang

Inventory adalah persediaan dalam bahasa Indonesia. Persediaan, kaitannya dengan aktivitas logistik sebuah perusahaan, merupakan suatu kegiatan yang menyediakan stok bahan baku atau barang setengah jadi ataupun barang jadi demi kelancaran proses produksi dan/atau pemenuhan permintaan pelanggan.

Dalam kalimat yang sederhana, persediaan ini hampir menyerupai sistem persediaan yang dilakukan di keluarga kalian untuk memenuhi kebutuhan konsumsi rumah tangga.

Contohnya adalah di dalam belanja bulanan kebutuhan rumah tangga seringkali kita membeli beberapa barang konsumsi tidak hanya 1 (satu) buah saja tetapi bisa beberapa buah, misalnya sabun mandi, sabun cuci, sikat gigi, dan sebagainya.

Tujuannya adalah supaya pada saat kita membutuhkan barang-barang ini selalu tersedia di rumah, sehingga tidak perlu repot untuk bepergian setiap kali membutuhkannya.

Sama halnya dengan Perusahaan, sebagai contoh Perusahaan Manufaktur tidak mungkin hanya membeli bahan baku untuk keperluan produksi mereka di minggu atau bulan ini saja, tetapi sudah dipersiapkan untuk beberapa minggu atau bulan berikutnya juga.

Apa Manfaatnya ?

Secara ringkas manfaat utamanya adalah untuk efisiensi waktu dan biaya. Ada baiknya kita simak penjelasan lebih lanjut untuk masing-masing jenis Inventory (Persediaan).

Tujuan Persediaan

Persediaan mempunyai peran besar dalam rangka mempermudah atau memperlancar operasi perusahaan. Adapun tujuan pengelolaan persediaan adalah sebagai berikut:

1.Menghilangkan risiko keterlambatan barang tiba.

2.Untuk dapat memenuhi kebutuhan atau permintaan.

3.Menjaga keberlangsungan produksi atau menjaga agar perusahaan tidak mengalami kehabisan persediaan yang mengakibatkan terhentinya proses produksi.

4.Memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada konsumen dengan tersedianya barang yang diperlukan.

Jenis-Jenis Persediaan

Menurut Render dan Heizer (2005), berdasarkan proses manufakturnya persediaan dibagi menjadi empat jenis, yaitu:

1.Persediaan bahan baku (raw material inventory). Adalah persediaan yang dibeli tetapi tidak diproses. Persediaan ini dapat digunakan untuk mendecouple (memisahkan) para pemasok dari proses produksi.

2.Persediaan barang setengah jadi (working in process inventory). Adalah bahan baku atau komponen yang sudah mengalami beberapa perubahan tetapi belum selesai. Adanya work in process disebabkan oleh waktu yang dibutuhkan untuk membuat sebuah produk (disebut siklus waktu). Mengurangi siklus waktu berarti mengurangi persediaan.

3.Persediaan pemeliharaan, perbaikan dan operasi (maintenance, repair, operating, MRO). Pemeliharaan, perbaikan, operasi digunakan untuk menjaga agar permesinan dan proses produksi tetap produktif. MRO tetap ada karena kebutuhan dan waktu pemeliharaan dan perbaikan beberapa peralatan tidak diketahui.

4.Persediaan barang jadi (finished goods inventory). Adalah produk yang sudah selesai dan menunggu pengiriman. Barang jadi bisa saja disimpan karena permintaan pelanggan dimasa depan tidak diketahui.

Jadi, sekarang kalian sudah lebih memahami mengenai inventory dan manfaatnya.

Tetapi bukan berarti kita dengan bebas menumpuk stok tadi dengan tanpa perhitungan yang cermat.

Perlu dilakukan perencanaan yang baik sehingga Inventory barang bisa maksimal manfaatnya. Inventory level yang dimaksud adalah nilai batas bawah dan batas atas yang perlu dijaga untuk setiap barang.

Tags

About The Author

ilham13 25
Pena

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel