6 Tips Menghilangkan Stres

10 Jul 2018 22:51 973 Hits 0 Comments
Mungkin seringkali kita merasa stres jika melakukan sesuatu yang banyak apalagi menumpuk. Coba lihat 6 trik ini untuk menghilangkan stres kita.

Jika kita melaksanakan rutinitas sehari – hari yang sangat padat dan sangat banyak, mungkin beberapa orang akan timbul banyak pikiran dan yang paling parah bisa menyebabkan stres. Stres merupakan sebuah proses hidup yang sangat sulit dihindari, karena adakalanya kita senang dan adakalanya juga kita dalam masa sulit. Namun yang perlu diketahui, bahwa tubuh dan pikiran yang menamoung beban terlalu berat dan sampai berkepanjangan dapat mengganggu kesehatan dan mental seseorang.

Gangguan stress yang dialami oleh seseorang disebabkan oleh banyak sekali faktor, namun jika diklasifikasikan menjadi 2 bagian, yaitu ada faktor internal dan faktor eksternal.

1. Faktor Internal

- Stres bisa saja terjadi disebabkan impian dan harapan yang terlalu tinggi namun tidak menjadi kenyataan.

- Adanya perubahan yang signifikan secara mendadak juga menjadi pemicu setres.

- Rasa khawatir yang berlebihan.

2. Faktor Eksternal

- Perbedaan pendapat dengan orang lain yang menjadi beban pikiran

- Bullying dan perlakuan diskriminatif

Stres sangat tidak baik untuk kesehatan kita, apalagi sampai berkepanjangan. Oleh karena itu saya ada beberapa tips untuk menghilangkan stres, yaitu :

1. Bercerita kepada orang terdekat

Dengan kita berbicara kepada orang terdekat yang sudah kita percaya, dapat mengurangi beban pikiran yang kita rasakan.Karena kita sudah bercerita dan terasa lebih lega. Berkeluh kesah / bercerita kepada orang terdekat akan membuat kita menemukan solusi dan nantinya juga mendapatkan motivasi serta jalan keluar terbaik dari suatu masalah yang sedang kita hadapi.

2. Mengalihkan perhatian

Kita jangan terlalu memikirkan suatu keadaan rumit yang dapat membuat stres, lebih baik kita alihkan pikiran kita kepada yang lain. Untuk mengalihkan perhatian ini mungkin saja tidak mudah, namun jika kita memiliki niat dan keinginan yang tinggi untuk melawan rasa stres tersebut, kita pasti mampu untuk melawannya. Tanamkan juga rasa optimis pada diri sendiri bahwa masa depan itu masih panjang dan akan penuh sekali harapan yang indah.

3. Melakukan gerakan fisik

Dengan cara melakukan gerakan fisik mungkin bisa membuat rasa stres berkurang, karena dengan berolahraga gerakan fisik kita bisa membuang energi – energi negatif menjadi energi positif.

4. Mendengarkan Musik

Jenis – jenis musik yang mungkin cocok untuk meredakan tingkat stres yaitu seperti mendengarkan musik yang berirama lambat atau juga musik yang bisa menjadi moodbooster. Dengan musik yang bisa juga secara lambat laun menghilangkan stres dan beban pikiran serta menjadikan tubuh rileks.

5. Refreshing atau rekreasi

Coba luangkan awktu 1 atau 2 hari dalam seminggu untuk bersantai bersama orang- orang terdekat. Kamu juga bisa berjalan – jalan atau kemana saja yang bisa membuat pikiran tenang.

6. Istirahat

Tidur merupakan cara yang ampuh dan efektif untuk menghilangkan setres dan berguna juga untuk menambah stamina disaat bangun dari tidur, sehingga produktifitas akan semakin meningkat.

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 22
Pensil

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel