10 Tips – Tips Menghafal dengan Cepat

11 Oct 2017 12:37 176 Hits 0 Comments

Menghafal mungkin sangatlah mudah bagi sebagian orang, tetapi ada segelintir orang yang kesulitan untuk menghafal. Maka sekarang saya akan memberikan tips - tips untuk menghafal cepat.

Menghafal mungkin sangatlah mudah bagi sebagian orang, tetapi ada segelintir orang yang kesulitan untuk menghafal. Mungkin untuk menghafal lagu tidak akan terlalu sulit, tetapi menghafal pelajaran mungkin akan sangat sulit bagi sebagian orang. Mungkin akan menyenangkan jika itu adalah pelajaran yang kita sukai. Jika tidak bukannya hafal tapi malah membuat kita menjadi jenuh. Bukannya hafal malah membuat kita sulit untuk menghafal pelajaran tersebut. Sekarang saya akan memberikan beberapa tips atau bisa disebut cara untuk membuat kita dapat menghafal dengan mudah.

  1. Temukan waktu yang tepat untuk belajar

Mungkin banyak yang bertanya kenapa harus menentukan waktunya. Menentukan waktu ini sangatlah penting untuk memaksimalkan kinerja otak untuk belajar. Karena setiap orang memiliki waktu tertantu dimana kemampuan otak keluar 100%. Ada yang kemampuan maksimalnya keluar saat malam,  ada yang saat siang, ada yang sore, bahkan ada yang pagi. Maka Cobalah untuk menghafal pada waktu maksimal anda.

  1. Mencari tempat yang membuat nyaman untuk belajar

Carilah tempat yang membuat kita nyaman unntuk menghafal. Kebanyakan orang memilih tempat sepi, karena di tempat sepi tersebutlah mereka dapat berkonsentrasi dengan maksimal. Karena jika kita nyaman dengan tempat kita belajar tersebut maka kita dapat memaksimalkan potensi menghafal kita.

  1. Cari hal untuk memotivasi

Dalam hal belajar dan menghafal pun kita harus ada motivasinya. Karena dengan motivasi maka kita dapat semangat untuk menghafal. Kita dapat membuat target untuk menjadi motivasi kita, contohnya : Mendapatkan peringkat pertama di kelas, mendapatkan nilai seratus, ataupun cara lainnya.

  1. Gunakan doping

Doping yang saya maksud bukanlah obat – obatan tetapi sesuatu yang dapat mensttimulus otak agar rileks untuk menghafal. Salah satunya teh, baik itu teh tawar, teh manis, atau teh lainnya.

  1. Catat kembali apa yang sedang dihafalkan

Saat sudahmenghafal, ada baiknya ita mencatatnya kembali apa saja yang sudah dapat kita hafalkan. Agar jika ada yang belum dihafalkan bisa kita maksimalkan untuk menghafalkannya

  1. Tulis terlebih dahulu sebelum mulai menghafal

Tulislah apa saja yang harus kita hafal sebelum kita menghafal, agar membuat kita lebih mudah untuk membacanya.

  1. Coba mengulang menghafal

Cobalah untuk mengulang apa yang sudah di hapal, agar kita dapat tetap mengingat apap yang kita hafal.

  1. Gunakan rekaman

Rekamlah hal yang kita hafal agar anda dapat menghafal dimanapun hanya dengan mendengar.

  1. Perhatikan makanan yang dimakan

Ingatlah untuk memperhatikan apa yang kita makan. Karena makanan yang kkita makan juga mempengaruhi kinerja otak kita. Jika kita memakan makanan yang mengandung MSG maka kiata akan sulit berkonsentrasi. Maka jika ingin berkonsentrasi, maka makanlah makanan bergizi seperti : susu, telur, ikan, sayuran, dan lainnya.

  1. Jangan lupa beristirahat

Yang terpenting dari keseluruhannya yaitu beristirahat, karena jika kita tidak beristirahat dengan cukup maka akan membuat kita lelah atau bahkan sakit. Anda tidak mau kan jika pada saat ujian atau tes anda mengantuk, lemas, atau bahkan yang terburuk yaitu sakit. Maka beristirahatlah dengan cukup.

Tags

About The Author

Muhammad Kamil Marzuqi Aziz 18
Pensil

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel