Cara Mengatur/Memanage Waktu dengan Maksimal

9 Oct 2017 11:03 730 Hits 0 Comments
Manajemen waktu adalah suatu keterampilan yang memerlukan waktu untuk menguasainya sehingga mulailah bekerja dengannya! Pada akhirnya, manajemen waktu akan memberi anda waktu tambahan yang anda butuhkan untuk dapat menikmati apa yang paling penting bagi anda dan mengubah hidup anda menjadi lebih baik.

Mengatur waktu mungkin sudah menjadi sesuatu yang mennyulitkan. Karena jika kita tidak mengatur waktu maka semua yang kita lakukan menadi berantakan. Ini mungkin dikarenakan banyak hal yang harus dilakukan, waktunya yang terlalu mepet, dah faktor - faktor lain yang mempengaruhinya. Sekarang saya akan memberi tips – tips bagaimana caranya kita mengatur waktu kita agar  kita bisa memaksimalkan semua yang kita lakukan.

  1. Membuat Schedule

Mulailah untuk membuat Schedule/Jadwal Kegiatan atau juga bisa disebut agenda. Karena dengan adanya agenda kita bisa mulai melihat kegiatan – kegiatan apa saja yang harus kita lakukan setiap harinya. Agenda ini juga berfungsi untuk mengingatkan kita agar tidak ada satu kegiatan pun yang terlewatkan.

  1. Mengatur prioritas

Ya mungkin selanjutnya mulailahh untuk mengatur prioritas atau kepentingan setiap kegiatan. Karena jika kita tidak mengatur prioritas dari setiap kegiatan, maka kita akan bingung bahkan kewalahan apa yang harus kita pilih atau lakukan terlebih dahulu.

  1. Mengatur Kegiatan

Mengatur kegiatan di sini adalah mengatur kegiatan – kegiatan yang lebih sulit pada awal minggu agar pada akhir minggu kita tidak terlalul terbebani oleh kegiatan – kegiatan yang sulit tadi.

  1. Fokus Pada setiap Kegiatan

Mulailah untuk memfokuskan dalam berkegiatan. Fokus disini bermaksud agar kegiatan yang akan kita lakukan tidak tercecer.

  1. Jadikan Pekerjaan Utama sebagai Kebiasaan

Hal ini harus ada karena biasanya pekerjaan utama ini adalah hal yang membuat jenuh. Dengan membuat pekerjaan utama ini menjadi kebiasaan, maka jika kita melakukannya walaupun berkali – kali maka kita tidak akan merasakan jenuhnya sama sekali karena kita telah terbiasa dengan kegiatan tersebut dan kita tidak terlalu sulit untuk tetap melakukan hal tersebut secara rutin.

  1. Jeli dalam Pengaturan Waktu

Mungkin kita sering terlena dengan yang namanya menggunakan handphone untuk chatting, internetan dan lainnya, juga kita kadang terlena dengan acara televisi yang sedang kita tonton, bahkan ini yang sering membuat kita terlena yaitu bermain game. Sebenarnya hal – hal itu tidak dilarang, tetapi kita harus bisa mengaturnya dengan baik.Kita harus bisa jeli dalam penggunaannya karena selain melakukan hal – hal tersebut kita harus ingat bahwa kita masih memiliki kegiatan lain yang harus kita lakukan.

  1. Estimasikan dan Tentukan Waktu untuk Menyelesaikan Pekerjaan

Bagian ini bertujuan agar semua hal yang kita lakukan tidak bertele – tele, atau berjalan lama. Karena jika hal – hal  yang kita lakukan berjalan lama atau bertele - tele maka kegiatan selanjutnya yang akan kita lakukan akan terlambat atau lebih lambat dilaksanakan

  1. Ambil Jeda atau Istirahat Setelah Menyelesaikan Suatu Kegiatan

Instirahat ini penting karena jika kita memaksakan tubuh kita maka akan membuat tubuh kita lelah bahkan sampai sakit karena kelelahan. Jika merasa lelah atau capek setelah melaksanakan kegiatan maka beristirahatlah, tetapi jangan terlalu lama karena itu bisa membuat kegiatan selnjutnya tertunda.

  1. Jangan Menunda Kegiatan

Ingat “Jangan Tunda Kegiatan”, jangan ada kata “Nanti saja” karena jika kita menunda kegiatan yang sudah seharusnya kita lakukan selanjutnya maka akan mempengaruhi kegiatan – kegiatan selanjutnya.

  1. Membagi Kegiatan yang Panjang menjadi Kegiatan Kecil

Mungkin kadangkala kita mendapatkan suatu kegiatan yang dilaksanakan dalam tempo waktu yang panjang. Mungkin seharusnya anda mulai membaginnya menjadi kegiatan – kegiatan yang terpecah. Agar tidak terlalu membuat anda terlalu fokus pada kegiatan tersebut.

  1. Jangan Ragu untuk Berkata “TIDAK”

Terkadang kita sulit untuk menolak suatu ajakan atau pun permintaan dari seseorang, mungkin mulailah untuk memilah – milah permintaan yang datang kepada kita agar kita tidak mengalami bentrok dalam kegiatan yang harus dilakukan. Jika masih dapat dilaksanakan oleh kita karena ada jadwal kosong maka tidak masalah jika menerimanya. Tetapi jika memang tidak bisa dilakukan janganlah ragu untuk menolaknya, tetapi dengan bahasa yang halus.

  1. Perfeksionis itu Memerlukan Waktu Lebih

Ingat jika anda menginginkan yang sempurna, maka kita pasti memerlukan waktu yang lebih lama daripada yang seharusnya kita butuhkan. Maka, kurangilah untuk menginginkan sesuatu yang sempurna.

  1. Masukkan Hobi dan Hiburan dalam Agenda

Mulailah memasukkan Hobi ataupun hiburan ke dalam agenda anda, karena jika kita tidak melakukannya, maka kita akan kekurangan waktu untuk refreshing. Perlahan kita akan mulai merasakan jenuh dalam berkegiatan.

  1. Menganalisa dimana saja kita menghabiskan banyak waktu

Mulailah mengecek dimana dan kapan kita menghabiskan banyak waktu yang bertele – tele agar kita tidak melakukannya lagi di kemudian hari. Dan juga agar tidak membuat kegiatanlain terganggu.

  1. Sediakan Waktu atau Jadwal Kosong untuk Kegiatan tak Terduga

Walaupun dalam jadwal yang sesibuk apapun sediakanlah waktu kosong untuk mengantisipasi kegiatan yang mungkin tidak akan terduga oleh kita.

Tags

About The Author

Muhammad Kamil Marzuqi Aziz 26
Pena

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel