Smartphone Android Anda Hilang? Google Dapat Melacaknya!

10 Jul 2017 08:13 1551 Hits 0 Comments
sekian article kali ini, mungkin itu salah satu cara untuk menemukan kembali smartphone anda yang hilang.

Smartphone Android Anda Hilang? Google Dapat Melacaknya

            Smartphone saat ini menjadi kebutuhan primer yang tidak dapat ditinggalkan. Dengan fitur-fitur dan aplikasi yang semakin hari semakin canggih dan dapat memudahkan pekerjaan kita sehari-hari. Namun, bagaimana jika smartphone anda hilang?

            Pada artikel ini saya akan menuliskan salah satu cara untuk menemukan smartphone anda yang hilang,terselip atau dicuri.

Buka situs pencarian google

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk menemukan kembali smartphone anda adalah dengan membuka situs pencarian google di pc/laptop anda. Kemudian, ketikkan kata kunci “” lalu tekan enter. Lalu anda akan diminta untuk memasukan akun gmail dan password yang anda gunakan di smartphone anda.

Hasilnya, google akan menampilkan peta yang menunjukkan letak smartphone anda.

Smartphone Android anda hilang? Google dapat melacaknya!

            Pada layar, nampak pada dibawah kanan terdapat icon “ring” dan “recover”. Icon “ring” atau “deringkan” berfungsi untuk membunyikan smartphone anda selama 5 menit. Dan icon “recover” atau “pulihkan” berfungsi untuk mengunci smartphone anda agar tidak dapat dibuka atau digunakan oleh orang lain yang menemukan smartphone anda. Icon “recover” akan menampilkan screen “This phone is lost please help give it back” atau “ponsel ini hilang tolong bantu mengembalikannya”. Anda juga dapat memasukan nomor telepon yang dapat menghubungi anda lewat screen tersebut. Menu ini bersifat opsional.

 Cara Lain

            Cara lain untuk menemukan keberadaan smarphone anda yang hilang atau dicuri dengan menggunaakan ADM(Android Device Manager) dengan fitur yang lebih lengkap yaitu melacak, menghapus data dan membunyikan smartphone anda dari jarak jauh.

Smartphone Android anda hilang? Google dapat melacaknya!

            Caranya adalah dengan mengakses URL  www.google.co.id/android/devicemanager kemudian laman akan “dialihkan” ke peta khusus ADM. Pada sisi kiri atas layar terdapat tab nama akun gmail yang anda gunakan di smartphone.

 

Disana terdapat menu ring, lock dan erase. Menu ring ini sama dengan menu di Google Find My Phone yakni berfungsi untuk membunyikan smartphone anda dari jarak jauh . jika menu lock berfungsi untuk mengunci smartphone anda dengan membuat sandi khusus dari website ini agar tidak dapat digunakan oleh orang lain, dan juga screen lock ini dapat menampilkan screen untuk pesan yang ingin anda sampaikan kepada si penemu atau pencuri smartphone anda dan dapat juga menampilkan no telepon yang dapat dihubungi  .Jika menu erase anda gunakan sebagai cara terakhir jika smartphone benar-benar dicuri dan tidak kunjung kembali, menu erase berfungsi untuk menghapus semua data yang terdapat pada smartphone anda. Smartphone akan memformat semua data yang terdapat pada smartphone anda agar tidak bisa dilihat oleh orang lain.

Perlu diingat, semua cara di atas hanya bisa dilakukan selama smartphone Android yang hilang, tetap dalam kondisi menyala (tidak dimatikan atau kehabisan baterai), dan terhubung dengan internet (Wi-Fi/paket data seluler).

 

Tags

About The Author

Ari 35
Ordinary

Ari

Siswa SMK YPC
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel