15 Launcher Android Terbaik untuk Mempercantik Tampilan Smartphone Anda

14 Sep 2016 11:50 23140 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bosan dengan tampilan Android Anda? Pasanglah Launcher Android!

Launcher Android Terbaik-Ketika tampilan smartphone begitu membosankan, maka cara yang bisa ditempuh adalah mengganti tampilan antarmuka, ikon, dan temanya lewat sebuah launcher Android. 

Dengan menginstal aplikasi launcher Android, tampilan layar smartphone menjadi lebih menarik dan  tidak menggunakan tampilan standar. Tampilan pun bisa dipilih sesuai yang disuka. Ada launcher yang menampilkan tampilan dari UI lain ada juga yang kostumasiasi sendiri. 

Jika Anda juga seperti saya yang ingin mengganti tampilan, maka Anda sudah seharusnya memasang launcher Android. Ada banyak launcher Android yang bisa Anda pilih. 

Permasalahnnya, diantara banyaknya launcher Android tersebut, manakah yang terbaik? Dan Manakah yang cocok untuk Anda? 

Saya tidak bisa menjawabnya secara tepat kepada Anda. Tetapi pada kesempatan ini, saya akan memaparkan launcher Android terbaik yang bisa saya sarankan untuk Anda. 

Tidak tanggung-tanggung, saya memberikan 15 launcher Android pilihan yang saya rekomendasikan. Kesemua 15 launcher Android tersebut saya coba pasang untuk melihat performanya. 

Karena itu, artikel kali ini adalah berdasarkan pengalaman menggunakan banyak launcher Android. Dan semoga Anda tidak bosan karena artikel ini akan sangat panjang sekali. 

Jika Anda tidak keberatan, maka silakan simak daftar launcher Android terbaik dan pilihan yang saya rekomendasikan berikut ini. 


1. Solo Launcher

15 Launcher Android Terbaik untuk Mempercantik Tampilan Smartphone Anda

Solo Launcher menawarkan desain  yang cantik dan menarik. Aplikasi ini  tergolong ringan tapi menawarkan berbagai fitur yang tergolong bagus. 

Ketika saya mencobanya, saya merasa launcher ini cocok digunakan untuk Anda yang banyak menginstal aplikasi. Pasalnya, Solo Launcher menawarkan pencarian aplikasi via search information. 

Aplikasi ini juga menawarkan Clean & Boost serta Quick Gesture untui memudahkan navigasi di layar smartphone Anda. 

 

2. APUS Launcher

15 Launcher Android Terbaik untuk Mempercantik Tampilan Smartphone Anda

 


APUS Launcher tak seadar launcher yang menawarkan tampilan menarik di layar smartphone. APUS Launcher juga menghadirkan beberapa tools yang cukup menarik. Contoh tools terbaiknya adalah APUS Boost untuk mempercepat kinerja smarpthone Anda. 

Ada juga aplikasi yang tekrumpul dalam APUS Tools. Pada tools ini tersedia pencarian berita di internet, effect silde tampilan menu,  serta APUS  Power untuk melihat estimasi pemakaian baterai. 

Saya menyarankan APUS Launcher untuk Anda yang menginingkan sebuah fitur lengkap, semisal browser, aplikasi pemantau baterai, dan aplikasi untuk boosting performance Android Anda.  

Anda juga tidak usah khwawatir  launcher ini akan  memenuhi memori Anda lantaran banyaknya fitur. Tenang, APUS Launcher  memiliki ukuran file yang tergolong kecil. 

 


3. APEX Launcher

15 Launcher Android Terbaik untuk Mempercantik Tampilan Smartphone Anda

Apex Launcher dianggap sebagai salah satu launcher terbaik. Saya pun mengamininya. Ukurang yang kecil (sekitar 4MB) dengan berbagai fitur seperti efek transisi, mengubah icon pack, dan pengaturan untuk menyembunyikan aplikasi. 

Selain itu, tampilannya membuat saya lebih menemukan aplikasi yang ingin saya cari. Ada pula fitur untuk melakukan backup dan restore pada tampilan yang telah dibuat.  

Yang membutuhkan launcher dengan tampilan sederhana tetapi memiliki banyak fitur, maka APEX Launcher adalah solusinya. 

 

4. Go Launcher EX

15 Launcher Android Terbaik untuk Mempercantik Tampilan Smartphone Anda

 

Kalau ditanya Launcher apa yang  paling banyak fitur dan tampilan yang cantik, maka Go Launcher EX adalah jawabannya. Go Launcher  EX ini merupakan launcher yang paling populer. Terbukti, sudah lebih dari  5 juta pengguna yang download aplikasi ini. 

Pencapaian itu tentu karena fitur yang dimiliki launcher yang dikembangkan Go Launcher Dev Team ini memang sangat banyak. Fitur-fitur yang disajikan contohnya 10.000 tema, 25 efek transisi, 15 widget(cuaca, jam saklar, dsb), dan banyak fitur lainnya. 

Kalau saya sih sebenarnya kurang terlalu suka Launcher ini mengingat ukuran file cukup besar. Widget yang tersedia terlalu banyak. Tapi, untuk Anda yang tidak mau ribet, bolehlah launcher ini jadi pilihan Anda. 

 

5. Launcher EverythingMe

15 Launcher Android Terbaik untuk Mempercantik Tampilan Smartphone Anda

Go Launcher EX memang populer, tetapi launcher terbaik adalah Launcher EverythingMe. Setidaknya hal itu menurut Google. Google meemasukan aplikasi ini sebagai aplikasi yang masuk kategori editor choice. 

Ketika saya mencobanya, tidak ada yang spesial dari launcher Android ini. Tampilan antarmukanya sederhana, bilah menu aplikasinya juga biasa saja tapi hal ini bisa diatur oleh anda. 

Yang jadi kelebihan barangkali karena Launcher ini mampu mengategorikan aplikasi ke dalam kotak-kotak sesuai fungsinya. Misalnya, aplikasi chat akan bergabung dengan email dan aplikasi sosial lain pada kategori social. 

Selain itu, adanya fitur pencarian pada bagian atas memudahkan Anda untuk mencari aplikasi yang akan dipasang. Aplikasi ini boleh dibilang sangat cocok untuk Anda yang menginstal banyak aplikasi di Android. 

About The Author

Hilman 81
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel