William Hewlett – Pendiri Perusahaan Komputer HP Yang Sangat Inspiratif

3 Oct 2013 19:00 6550 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jika kita mendengar kata 'Hewlett' mungkin imajinasi kita langsung menuju pada sebuah perusahaan elektronik terkenal bernama Hewlett-Packard (HP). Ya, hal tersebut tidak salah karena salah satu pendiri perusahaan komputer HP (Hewlett Packard) adalah William R. Hewlett. 

Jika kita mendengar kata 'Hewlett' mungkin imajinasi kita langsung menuju pada sebuah perusahaan elektronik terkenal bernama Hewlett-Packard (HP). Ya, hal tersebut tidak salah karena salah satu pendiri perusahaan komputer HP (Hewlett Packard) adalah William R. Hewlett. Hewlett sendiri lahir di Ann Arbor pada 20 Mei 1913, sebelum pindah ke San Francisco pada usia 3 tahun.

Bill Hewlett adalah co-founder Hewlett-Packard Company, dengan David Packard. Packard dan Hewlett bertemu sebagai mahasiswa di Stanford, dan pada tahun 1939, setelah Hewlett menyelesaikan kuliah teknik nya di Stanford dan MIT, keduanya mulai bekerja dari sebuah garasi di Palo Alto dan menamai perusahaannya sebagai Hewlett-Packard. Tentu saja Hewlett-Packard ini diambil dari nama belakang mereka. Menariknya, perusahaan ini dibangun hanya dengan investasi sebesar $ 538 saja. Di perusahaan komputer HP ini, Hewlett selalu memegang posisi penting, tapi setelah tahun 1978, Hewlett berhenti dari posisinya sebagai Chief Executive Officer.

Pendidikan

Selama masa kuliah, Hewlett mengambil beberapa gelar dari berbagai perguruan tinggi. Pada tahun 1934, Hewlett mendapatkan gelar Sarjana Seni dari Stanford University. Gelar masternya dalam bidang Teknik Elektro, diperoleh dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) di tahun 1936. Tiga tahun berikutnya, Hewlett mendapatkan gelar sarjana teknik dari Universitas Stanford. Selain itu, Hewlett juga menerima 13 Gelar Kehormatan dari berbagai universitas.

Ketika kuliah di Stanford University, dia bertemu dengan David Packard dan akhirnya menjadi sahabat karibnya. Karir Hewlett sangatlah menarik karena ketika perang dunia kedua terjadi, Hewlett bekerja sebagai tentara AS. Selama bertugas sebagai tentara AS, Hewlett menjadi tim inspeksi untuk industry Jepang saat perang dunia kedua berakhir. Pada tahun 1947, setelah ia kembali dari tugasnya, Hewlett pergi ke Palo Ato.

Membuat Perusahaan Hewlett-Packard

Pada awalnya, perusahaan Hewlett-Packard dibentuk dengan sebuah inisiatif kecil. Hewlett-Packard dirancang untuk memproduksi berbagai produk elektronik, tanpa fokus utama dalam tahun-tahun pertamanya. Berbagai produk yang dibuatnya di antaranya adalah generator sinyal dan osiloskop, serta osilator yang digunakan oleh Walt Disney Company dalam sistem suara surround yang digunakan dalam film Fantasia.

Mereka juga membuat peralatan pertanian, dan keberhasilan terbesar dari perusahaan ini adalah ketika membuat Model 200A, yaitu sebuah osilator audio yang presisi yang lebih dapat diandalkan dibandingkan pesaing mereka tetapi harganya hampir seperempat harga pesaingnya tersebut. Produk tersebut begitu sukses sehingga terus terjual dengan baik hingga tahun 1970-an, meskipun terdapat berbagai macam perubahan dalam industri pada saat itu.

 

Baca juga :

                HP ProOne 400 G1 - Komputer HP Desktop Minimalis Powerfull untuk Pebisnis

                15 Perubahan dan Keunikan ini Hanya Terjadi di Bulan Ramadhan

 

Perusahaan ini mulai mengembangkan semikonduktor pada tahun 1960, terutama untuk digunakan dalam perangkat mereka sendiri daripada dijual ke perusahaan lain. Ketika mereka tidak puas dengan minicomputer buatan Digital Equipment Corporation, mereka mulai memproduksi sendiri minicomputer pada tahun 1966, yang diberi label HP 2100 dan HP 1000. Walaupun seri komputer tersebut mendapatkan banyak upgrade pada tahun-tahun berikutnya, namun desain dasarnya tetap bertahan hingga tahun 1980-an. Komputer desktop perdana buatan HP juga diluncurkan di tahun 1970 - sepuluh tahun sebelum IBM memperkenalkan PC buatannya sendiri.

Pada tahun 1957, Hewlett memimpin perusahaan ini sebagai wakil presiden eksekutif. Tujuh tahun kemudian, Hewlett memimpin sebagai Presiden HP. Pada 1969, ia menjabat sebagai Chief Executive Officer. Hewlett memegang posisi selama 9 tahun dan pada 1978 ia berhenti dari jabatannya.

Akhir hayat

Hewlett adalah seorang yang sangat menghargai ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena itu, pada tahun 1985, presiden AS, Ronald Reagan memberinya penghargaan National Medal of Sains untuk jasanya terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Penghargaan tersebut adalah penghargaan yang sangat prestisius di Amerika. Hewlett adalah seorang yang sangat peduli terhadap pendidikan, medis dan juga dunia sosial. Dia bekerja di berbagai lembaga, seperti Stanford Medical Center, Rumah Sakit Kaiser Foundation, The Carnegie Institution of Washington dan Drug Abuse Council di Washington.

William R. Hewlett meninggal pada 12 Januari 2001 ketika ia berusia 87 tahun, namun, Hewlett akan selalu menjadi orang yang diingat berkast jasanya bersama David Packard dalam menciptakan salah satu perusahaan IT terbesar di dunia. Hewlett-Packard menciptakan banyak gadget seperti PDA (Personal Digital Assistant), printer, komputer, dan sebagainya. Sekarang, banyak dari produk Hewlett-Package yang digunakan oleh setiap orang di berbagai penjuru dunia. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel