Cara dan Tips Membeli Handphone Jenis Smartphone Baru dengan Bijak

2 Sep 2012 12:00 5845 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sebelum Anda pergi ke toko-toko penjual *smartphone* di dekat rumah Anda, ada baiknya Anda baca terlebih dahulu beberapa hal yang harus diingat saat akan membeli smartphone terbaru, mungkin terdengar sepele tetapi bila Anda melakukannya bukan tidak mungkin uang Anda akan tersimpan cukup aman di dompet.

Terkadang bagi kebanyakan konsumen akan merasa bingung atau bahkan kesal karena setiap datang ke pertokoan elektronik khususnya smartphone selalu menemui model terbaru dan menawarkan fitur-fitur baru yang tidak dimiliki smartphone kepunyaannya sekarang. Tidak jarang kita bahkan sedikit "tertipu” ketika membeli sebuah smartphone lalu tidak lama muncul seri terbarunya dan kemudian harga dari smartphone sebelumnya menjadi turun akibat hadirnya model terbaru tersebut. Atau yang lebih parah lagi apabila smartphone yang kita beli adalah seri terbaru tetapi ternyata memiliki performa yang tidak beda jauh dengan seri sebelumnya tetapi memiliki harga yang lebih mahal.

Sebenarnya hal itu tidak akan terjadi dan bisa dihindari bila Anda mengingat beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih smartphone atau dapat dikatakan cara membeli smartphone dengan lebih bijak, sehingga nanti Anda tidak akan menyesal pada akhirnya. Jadi sebelum Anda pergi ke toko-toko penjual smartphone di dekat rumah Anda, ada baiknya Anda baca terlebih dahulu beberapa hal yang harus diingat saat akan membeli smartphone terbaru, mungkin terdengar sepele tetapi bila Anda melakukannya bukan tidak mungkin uang Anda akan tersimpan cukup aman di dompet.

Berikut ini adalah tips membeli handphone jenis smartphone dari Plimbi yang bisa Anda terapkan:

Menunggu

Menunggu adalah kegiatan paling menyebalkan untuk semua orang tetapi dalam konteks ini menunggu bisa menjadi kegiatan yang patut untuk dilakukan. Smartphone terbaru biasanya akan dibanderol dengan harga yang tinggi saat pertama kali keluar. Tetapi dapat dipastikan akan hadir seri yang akan menyusul dan menggantikan seri sebelumnya. Disinilah tantangan Anda untuk dapat menunggu seri terbaru atau terakhir itu keluar. Karena saat seri pamungkasnya dirilis maka seri pendahulunya akan mengalami penurunan harga. Saat itulah saat yang tepat bagi Anda untuk membelinya. Mungkin Anda tidak akan mendapatkan smartphone generasi terbaru tetapi Anda akan mendapat smartphone yang tidak berbeda jauh dan memiliki fitur utama yang sama tetapi dengan harga yang lebih murah. Tidak terlalu buruk bukan?

Bandingkan

Jangan terburu-buru datang ke satu lokasi toko karena bisa saja di tempat yang lain harganya bisa lebih murah. Sempatkan waktu untuk melakukan perbandingan harga walaupun membutuhkan sedikit usaha terkadang Anda bisa mendapat "kesepakatan” yang lebih menguntungkan daripada harus membayar mahal tetapi menyesal ketika mendengar di tempat lain seharusnya Anda bisa membayar lebih murah. Bisa saja saat Anda sedang berjalan-jalan mencari informasi harga Anda menemukan jenis smartphone berbeda yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Alihkan

Terkadang brand yang memang lebih dikenal banyak orang memasang harga yang tinggi dan menolak untuk berkompromi dengan daya beli konsumen. Bila hal itu terjadi ada baiknya Anda beralih ke brand lain yang lebih bersahabat dengan kantung Anda. Tidak sedikit brand baru yang mencoba mendapatkan perhatian konsumen demi dapat bersaing dengan brand yang lebih senior. Dan tidak sedikit brand baru tersebut yang memiliki kualitas cukup baik. Di sini Anda harus meluangkan waktu melakukan riset atau survey mengenai brand baru tersebut. Bila memang memiliki reputasi yang baik dan menawarkan harga yang lebih masuk akal, kenapa tidak?

Manfaatkan

Saat ini fungsi smartphone buka hanya bermanfaat untuk alat komunikasi semata, Anda juga dapat menggunakannya untuk menunjang aktivitas Anda. Salah satunya digunakan untuk menambah pendapatan Anda. Bila Anda bisa mendapat keuntungan dengan bantuan dari smartphone tentu harga beli yang harus Anda keluarkan sebelumnya bisa kembali karena pendapatan tambahan. Tidak sedikit yang memulai dan menjalankan usaha sampingan melalui smartphone sebagai media dalam menggerakan bisnisnya.

Bertahan

Jangan tergiur dengan promo cicilan, karena pada akhirya harga smartphone yang Anda inginkan jatuhnya menjadi lebih mahal. Daripada digunakan untuk mencicil lebih baik Anda tabungkan, tetapi di sinilah tantangannya Anda harus bisa menahan agar tidak memakai uang tabungan tersebut untuk barang lain. Jika memang Anda tertarik untuk mencicil smartphone tersebut coba cari promo dengan bunga cicilan 0% dan tanyakan sebelumnya apakah ada biaya administrasinya, jika ada hitung lagi besar biayanya, bila jatuhnya lebih mahal sebaiknya tidak usah Anda ambil. Tetapi lain soal bila promo tersebut memiliki bunga 0% dan tidak membutuhkan biaya administrasi.

Point-point di atas mungkin hal yang tidak terlalu penting tetapi terkadang sering terlupakan saat Anda memiliki keinginan untuk membeli sesuatu dalam hal ini smartphone. Dengan memperhatikan hal-hal di atas Anda bisa membeli smartphone dambaan Anda dengan lebih masuk akal dan bijaksana. Selain itu sebelum membeli ada baiknya banyak-banyak mencari review tentang smartphone yang Anda inginkan, tentu saja salah satunya dengan mencari reviewnya di Plimbi. [RR]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel