Panasonic Lumix DMC LX7- Kamera Panasonic Prosumer Terbaru

19 Aug 2012 11:00 5751 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Panasonic Lumix DMC LX7 adalah kamera Panasonic terbaru setelah sebelumnya Panasonic menuai kesuksesan dari seri Lumix LX5. Lumix DMC LX7 ini juga menjadi kamera kelas menengah atau yang biasa disebut prosumer terbaru yang rilis di pasaran gadget kamera saat ini.

Panasonic Lumix DMC LX7 adalah kamera Panasonic terbaru setelah sebelumnya Panasonic menuai kesuksesan dari seri Lumix LX5. Lumix DMC LX7 ini juga menjadi kamera kelas menengah atau yang biasa disebut prosumer terbaru yang rilis di pasaran gadget kamera saat ini. Kamera prosumer juga dapat dikatakan sebagai cadangan dari kamera DSLR karena kemampuannya yang tidak kalah dari DSLR. Apakah kamera Panasonic Lumix DMC-LX7 ini mampu meneruskan kejayaan kamera Panasonic lewat generasi LX-nya. Plimbi akan membahas kemampuan dari kamera saku yang memiliki kemampuan seperti DSLR ini. Setidaknya kemampuannya setingkat dengan kualitas DSLR untuk beginner.

Desain

Untuk segi desain Panasonic sepertinya memang tidak ingin membuat perubahan yang terlalu signifikan untuk bentuk body dari generasi Lumix. Begitupun yang terlihat dari desain Panasonic Lumix DMC LX7. Bentuknya dan desainnya masih bergaya retro dan tidak terlalu jauh mengalami perubahan dari bentuk LX5. Konsep minimalis dengan balutan warna hitam masih menjadi andalan. Kesan kokoh dan tangguh diperlihatkan dari tampilan kamera ini.

Lumix DMC LX7 memiliki layar display TFT berukuran 3 inci pada bagian belakangnya. Layar ini juga cukup luas untuk Anda gunakan dalam membidik gambar karena Lumix DMC-LX7 memang tidak memiliki lubang bidik atau viewfinder sehingga layar tersebut menjadi mata utama yang Anda gunakan saat mengoperasikan kamera ini. Kamera Panasonic Lumix DMC-LX7 ini juga akan memiliki dua pilihan warna yaitu hitam dan putih.

Performa & Fitur

Lumix DMC-LX7 kini mengandalkan lensa wide dengan resolusi 10 megapixel i dan ukuran lensa 24mm jenis Leica DC Vario-Summilux dengan optical-zoom 3.8c dan diafragma f/1.4. Panasonic juga memberikan kamera ini kemampuan sensor CMOS 12.7 megapixel berukuran 1.1.7 inci. Dengan kemampuan sensor tersebut membuat kamera ini memiliki kemampuan dengan jangkauan dynamic range yang luas dan fleksibel dan tetap menghasilkan gambar dengan kualitas tajam dan penuh warna.
Sensor tersebut didapat dari kinerja chip prosesor Venus Engine VII FHD yang mampu mengolah gambar dengan proses yang cepat. Selain itu juga memberikan kamera ini teknologi Noise Reduction yang mampu meminimalisir noise pada gambar bila Anda menggunakan setting ISO yang tinggi.

Lumix DMC-LX7 juga mampu merekam gambar video dengan kualitas Full High Definiton 1080p yang dapat menghasilkan rekaman video dengan kualitas suara Dolby Stereo. Kamera Panasonic Lumix DMC-LX7 mampu mengambil gambar dengan kualitas RAW selain JPEG tentunya.

Fitur yang dimiliki Lumix DMC-LX7 diantaranya yang akan sangat bermanfaat adalah fitur continuos shoot 11 frame per detik. Dengan fitur ini Anda yang gemar memotret pertandingan olag raga misalnya dapat mengambil aksi-aksi atlet pujaan Anda dengan hasil gambar yang tetap stabil dan jelas. Terdapat juga fitur pengatur cahaya seperti Focus Level dan Rear Dial. Lalu fitur Level Gauge untuk mendeteksi sudut horizontal dan vertikal sehingga Anda bisa mengetahui sudut terbaik bila Anda mengambil gambar dari posisi bawah atau atas. Terdapat juga fitur Power O.I.S yang menghindarkan foto Anda dari hasil blur (buram) yang diakibatkan dari getaran tangan Anda.

Masih terdapat banyak fitur lain seperti mode manual yang bisa Anda gunakan bila ingin merasakan pengalaman mengambil gambar layaknya menggunakan kamera DSLR. Dilengkapi beragam mode pengambilan gambar seperti Intelligent Auto (iA), AF Tracking, Intelligent D-Range Control, Intelligent Scene Selector, face Recognition, Intelligent ISO Control, Intelligent HDR (High Dynamic Range), Intelligent Handleheld Night Shoot, Motion DeBlur Mode, dan juga iA Plus Mode. Banyaknya fitur tersebut untuk membantu Anda dalam mengambil gambar dalam situasi dan lokasi yang beragam.

Bila Anda kira fitur tersebut hanya sebatas itu sepertinya Anda terlalu cepat mengambil kesimpulan karena masih ada beragam fitur kreatif untuk Anda gunakan dalam mengolah hasil gambar yang Anda ambil. Fitur kreatif tersebut di antaranya Soft Focus Effect, Dynamic Monochrome, Impressive Art, One Point Color, Cross Process, Low Key, Toy effect, Star Filter, Expressive, Retro, High Key, Sephia, Hi Dynamic, Miniature Effect, dan fitur yang bisa didapatkan hanya di Lumix DMC-LX7 yaitu radial DeFocus, Smooth DeFocus sampai pengambilan gambar dengan format 3D.

Kesimpulan

Anda yang memiliki hobi fotografi dan menginginkan gambar yang Anda ambil dapat berkualitas sama dengan gambar yang dihasilkan oleh kamera DSLR, kamera Panasonic Lumix DMC-LX7 adalah solusi tepat. Apalagi bagi Anda yang tidak mau direpotkan dengan ukuran DSLR yang besar dan memerlukan sedikit usaha tambahan untuk menggunakannya kamera saku Lumix DMC-LX7 ini akan menjawab kesulitan Anda tersebut. Kamera ini rencananya sudah bisa didapatkan di pasaran gadget kamera di buan Oktober tahun ini dan akan dibandrol dengan harga $599. [RR]

 

Panasonic DMC-LX7 / Preview (BesteProduct)

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel