Komparasi Dua Handphone Lokal, IMO Android W6800 Memo vs Nexian Five A5000

12 Jun 2012 19:00 12442 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dua produsen handphone Android lokal, Nexian dan IMO baru saja melepas produk unggulan terbarunya yakni Nexian Five A5000 dan IMO Android W6800 Memo.

Dua produsen handphone Android lokal, Nexian dan IMO baru saja melepas produk unggulan terbarunya. Nexian hadir dengan handphone Android berlayar 5 inci, yakni Nexian Five A5000. IMO pun tak mau kalah dengan memunculkan handphone IMO Android W6800 Memo.

Kedua handphone ini sama-sama mengusung layar besar, yakni touchscreen berukuran 5 inci. Nampak jelas dengan keberadaan layar super besar ini, baik pihak IMO maupun Nexian tengah mencoba untuk menyaingi perangkat Android milik Samsung, yakni Samsung Galaxy Note yang menawarkan layar super besar 5.3 inci dengan harga yang jauh lebih murah. Nexian Five A5000 dibanderol dengan harga Rp 2,4 juta. Sedangkan IMO Android W6800 Memo bisa diperoleh dengan harga Rp 1,8 juta. Tentu harga dari kedua handphone ini akan jauh berbeda dengan Samsung Galaxy Note yang dijual di kisaran harga Rp 6 jutaan.

Lalu, di antara kedua handphone Android dengan layar 5 inci ini, mana kira-kira yang memiliki spesifikasi lebih unggul?

Desain

Dari segi desain, Nexian Five A5000 hadir dengan panjang 152 mm, lebar 87 mm serta ketebalan 12.2 mm. Handphone ini memiliki bobot 276.3 gram. Terbilang cukup berat untuk sebuah handphone. Namun sayangnya, pihak IMO tidak menyebutkan informasi lengkap terkait dimensi dari IMO W6800.

Layar

Pada bagian layar, kedua handphone ini menyuguhkan layar berukuran 5 inci. Keduanya pun datang dengan dengan kemampuan multitouch. Nexian Five tampil dengan resolusi HVGA atau 480 x 320 piksel. Resolusi yang sama pun dihadirkan oleh IMO Memo. Permasalahan resolusi nampaknya menjadi hal yang cukup mengecewakan dari kedua handphone ini. Dengan resolusi layar yang tak terlalu bagus, tentu kualitas gambar yang ditampilkan oleh kedua handphone ini pun akan kurang bagus.

Performa

Untuk permasalahan performa prosesor, kedua handphone Android lokal ini menawarkan kualitas prosesor yang setara. Keduanya menyuguhkan prosesor single core 650 MHz dengan sistem operasi Android Gingerbread 2.3. Untuk IMO W6800, Anda akan mendapati RAM sebesar 768MB. Sedangkan Nexian Five datang dengan RAM 512MB. Kualitas prosesor ini akan cukup pas dengan sistem operasi Android Gingerbread.

Kedua handphone berlayar besar inipun datang dengan kemampuan akses internet yang sama. Dua-duanya menyuguhkan akses ke jaringan 3G. Kemampuan untuk memakai dua SIM card pun dimiliki oleh dua handphone ini. Namun, Nexian Five sedikit memiliki keunggulan karena di dalam handphone ini tersemat fitur TV analog. Hal ini tak dipunyai oleh IMO Memo. Dengan fitur TV analag ini, tentu akan sangat menarik jika bisa menikmati siaran televisi di kala senggang dengan layar ukuran super besar milik Nexian Five.

Namun, dari segi keberadaan fitur tambahan, nampaknya IMO W6800 memiliki jumlah yang lebih banyak. Dalam handphone ini, Anda bisa mendapati fitur News & Weather, torch, voice search, GTalk, FM Radio, Video/Audio Player, handsfree, Calendar, SNS Integration, Sound recorder, Angry Birds, eBook, Calculator, Jam, email, Gmail dan Car Home. Sedangkan Nexian Five hanya menawarkan fitur minim, yakni Radio FM, Calendar, Twitter dan media social lainnya.

Kamera

Dalam hal kamera, nampak jelas bahwa IMO W6800 memiliki kemampuan yang jauh lebih baik. Handphone ini menawarkan dual kamera 8MP di bagian belakang dan depan. Dengan kamera ini, Anda bisa memperoleh gambar dengan kualitas yang sangat baik. Sedangkan Nexian Five A5000 memberikan kamera 5MP di bagian belakang kan kamera VGA di bagian depan.

Baterai

Kemampuan baterai dari kedua handphone ini nampak timpang. IMO W6800 Memo datang dengan baterai Li-ion 2800 mAh. Sedangkan Nexian Five A5000 menyuguhkan baterai Li-ion 1800 mAh.

Kesimpulan

Pada komparasi handphone Android lokal dengan layar super besar 5 inci ini, nampaknya Paseban lebih memilih IMO W6800 sebagai pemenang. Handphone ini memiliki keunggulan pada kapasitas baterai dan kualitas kamera yang lebih baik. Tak lupa, handphone ini juga tampil dengan harga yang lebih murah. [MI]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel