5 Alasan Kenapa Harus Download Aplikasi Opera

31 May 2012 13:00 2523 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Opera adalah salah satu browser yang mudah dan familiar digunakan oleh masyarakat. Bahkan di beberapa handphone, browser Opera juga sudha tersemat di dalamnya. Berikut Paseban hadirkan 5 alasan kenapa Anda harus **download aplikasi Opera**. Anda bisa mengubah Opera sesuai dengan keinginan. Mulai dari mengubah ...

Opera adalah salah satu browser yang mudah dan familiar digunakan oleh masyarakat. Bahkan di beberapa handphone, browser Opera juga sudha tersemat di dalamnya. Berikut Paseban hadirkan 5 alasan kenapa Anda harus download aplikasi Opera.

Personalisasi Sesuai Keinginan

Anda bisa mengubah Opera sesuai dengan keinginan. Mulai dari mengubah tombol pada toolbar, mengganti tema standar dengan tema cantik pilihan anda, hingga mengubah berbagai macam konfigurasi untuk meningkatkan produktifitas seperti keyboard shortcuts dan mouse gestures.

Misalnya untuk melakukan personalisasi tema buka menu utama yang ada di atas kiri Opera dan pilih Penampilan. Pada bagian Skin, klik tombol Cari Tampilan Lagi untuk membuka halaman skins untuk Opera. Tekan tombol Download dan Opera akan segera mengganti tampilannya setelah skin selesai di-download.

Tab Canggih

Berselancar dengan membuka banyak situs pada saat bersamaan menggunakan tab, pertama kali diperkenalkan oleh Opera. Meskipun fitur ini akhirnya diadopsi oleh peramban lain, namun tab di Opera lebih dari sekedar untuk membuka beragam situs web pada saat bersamaan.

Jika anda mengarahkan mouse pointer ke tab, maka Opera akan menampilkan thumbnails dari situs web yang dibuka pada tab tersebut. Mirip dengan thumbnails yang ditampilkan pada saat anda mengarahkan mouse pointer ke atas ikon aplikasi yang sedang dijalankan di taskbar Windows 7.

Seandainya tidak sengaja menutup suatu tab, maka tab ini tidak langsung lenyap. Klik saja ikon tong sampah yang anda disebelah kanan atas Opera untuk membuka tab apa saja yang sudah ditutup sebelumnya. Cara lain untuk mencegah tab secara tidak sengaja tertutup adalah dengan menguncinya. Klik kanan tab yang ingin dikunci dan pilih Kunci Tab. Tab yang dikunci akan menggunakan ruangan yang lebih kecil dan digeser ke kiri tab lain untuk membedakannya dengan tab yang tidak dikunci.

Beberapa tab dapat digabungkan menjadi satu sehingga menempati ruangan yang lebih kecil. Untuk mengelompokkan tab, klik dan geser tab ke atas tab lain yang ingin digabungkan. Opera akan menggabungkan tab tersebut untuk anda. Untuk mengeluarkan suatu tab dari kelompoknya, klik dan geser saja tab tersebut menjauhi kelompok tab.

Seringkali ketika sedang mengerjakan sesuatu anda mencari informasi dari beberapa situs sekaligus. Seandainya pekerjaan itu tidak bisa diselesaikan saat itu juga dan anda ingin menyimpan situs-situs agar bisa dibuka lagi nanti, maka simpan saja semua tab tersebut. Buka menu Opera dan pilih Tab Dan Jendela. Pada menu Sesi pilih Simpan Sesi Ini dan beri nama sesi tersebut pada jendela dialog yang muncul. Tekan tombol OK agar Opera menyimpan semua tab. Jika ingin membuka lagi sesi tersebut nanti, pilih lagi menu Sesi dan klik nama sesi yang sudah disimpan.

Download Manager Built-in

Opera mempunyai download manager sendiri yang dapat mengelola sesi download. Dari sini anda bisa menghentikan, melanjutkan, hingga melakukan restart berkas yang sedang anda download. Selain menangani berkas yang umum, Opera download manager juga bisa menangani berkas torrent tanpa aplikasi tambahan.

Pencarian Yang Mudah

Untuk mempercepat pencarian anda bisa langsung mengetikkan kata kunci di address bar yang sama dimana anda biasanya mengetikkan alamat situs. Untuk menggunakan mesin pencari lain tanpa mengubah mesin pencari default, gunakan awalan sebelum kata kunci yang diketikkan di address bar. Misalnya untuk melakukan pencarian dengan kata kunci ‘opera browser’ di Yahoo, ketikkan: "opera browser”. Opera akan mengalihkan pencarian ke Yahoo. Gunakan awalan b untuk mesin pencari Microsoft Bing. Selain itu anda juga bisa melakukan pencarian ke situs seperti Wikipedia dengan menggunakan awalan w sebelum kata kunci.

Untuk membatasi pencarian misalnya hanya pada Portal Paseban, ketikkan ini di address bar: kata kunci site:http://www.plimbi.com
Opera akan mengalihkan ke Google dan membatasi pencarian kata kunci hanya pada Portal Paseban. Seandainya anda belum mengubah mesin pencari default, maka awalan g bisa dihilangkan. Karena Google adalah mesin pencari default pada saat anda menginstal Opera. Bagian teks site:http://www.plimbi.com adalah search query untuk membatasi pencarian pada http://www.plimbi.com. Ini adalah fitur dari mesin pencari, bukan fitur dari Opera.

Menambahkan mesin pencari baru, misalnya DuckDuckGo yang belum ditambahkan ke Opera sangat gampang. Lebih gampang ketimbang perambahan lain seperti Firefox. Cukup buka mesin pencari dan klik kanan kotak pencarian. Pada menu yang muncul pilih Buat Pencarian. Pada jendela dialog, beri nama mesin pencari tersebut dan tambahkan awalan pada kotak Kata Kunci, misalnya saya menggunakan d untuk DuckDuckGo. Tekan OK untuk menambahkan mesin pencari. Selain mesin pencari, langkah ini juga bisa diterapkan untuk situs web lain. Cari saja search bar yang ada pada halaman suatu situs dan klik kanan. Langkah selanjutnya sama saja dengan menambahkan mesin pencari ke Opera.

Fungsionalitas Tambahan

Selain fitur standar yang bisa diperoleh dengan download Aplikasi Opera. Opera juga mempunyai Ekstensi untuk menambahkan fitur yang dibuat oleh pihak ketiga untuk Opera. Namun sebelum mulai menambahkan Add-ons sebaiknya cek dulu apakah suatu fungsionalitas sudah tersedia pada Opera.

Tidak seperti peramban lain, Opera mempunyai fungsionalitas built-in yang membuatnya lebih dari sekedar peramban. Misalnya Opera mempunyai fitur email client tanpa harus menambahkan aplikasi lain seperti Microsoft Outlook. Selain itu ada juga IRC chat client dan juga news feed reader untuk mendapatkan update berkala dari suatu situs tanpa harus mengunjungi situs tersebut.

Seandainya fungsionalitas yang diinginkan tidak tersedia, baru menggunakan Ekstensi. Buka menu Opera dan pilih Ekstensi. Klik Download Ekstensi untuk menampilkan halaman ekstensi Opera. Klik saja ekstensi yang diinginkan untuk membuka halaman ekstensi tersebut dan tekan tombol Tambahkan ke Opera. Pada jendela dialog yang muncul tekan tombol Instal untuk menambahkan ekstensi tersebut di Opera.

Sebenarnya masih ada lagi yang bisa dibahas mengenai Opera, namun tulisan ini akan menjadi terlalu panjang. Ini bisa menjadi ikhtisar kurang lebih apa yang akan anda dapatkan dari Opera. Download aplikasi Opera untuk Windows, Mac, dan Linux di sini. [PN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel