Berbagai Aplikasi Nokia E71 Wajib yang Harus Tersemat di Dalamnya

23 May 2012 11:30 31378 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Nokia E71 adalah smartphone Symbian yang ditargetkan untuk kalangan bisnis. Ponsel ini adalah penerus seri sebelumnya, yaitu Nokia E61. Dengan desain yang hampir sama dengan peningkatan fitur yang lebih baik dari Nokia E61. Di sini akan Paseban bahas mengenai apa saja aplikasi Nokia E71 paling populer. Baik itu adalah aplikasi bawaan Nokia E71, maupun ...

Nokia E71 adalah smartphone Symbian yang ditargetkan untuk kalangan bisnis. Ponsel ini adalah penerus seri sebelumnya, yaitu Nokia E61. Dengan desain yang hampir sama dengan peningkatan fitur yang lebih baik dari Nokia E61. Di sini akan Paseban bahas mengenai apa saja aplikasi Nokia E71 paling populer. Baik itu adalah aplikasi bawaan Nokia E71, maupun aplikasi yang harus diinstal sendiri oleh penggunanya.

QuickOffice

Karena ditujukan untuk kalangan bisnis, maka ponsel ini sudah dilengkapi dengan aplikasi Nokia E71 yang berhubungan dengan pekerjaan, yaitu QuickOffice. Dengan QuickOffice, pengguna Nokia E71 bisa membuat dan mengedit dokumen, melakukan sinkronisasi data dengan PC, dan berbagi dokumen dengan rekannya.
Tipe dokumen yang didukung oleh QuickOffice adalah Word (.DOC, .DOCX), Spreadsheet, (.XLS, .XLSX), dan PowerPoint (.PPT). Aplikasi untuk Nokia E71 ini kompatibel dengan Microsoft Office versi 97, 2000, XP, 2003, dan 2007.

PDF

Salah satu format dokumen populer yang telah tersedia sebagai aplikasi Nokia E71 adalah PDF reader. Ada dua pilihan aplikasi PDF bawaan nokia E71. Pertama adalah aplikasi Adobe Reader dari Adobe sendiri, yaitu perusahaan yang mengeluarkan format PDF. Lalu yang kedua ada PDF Viewer. Keduanya bisa digunakan sesuai kebutuhan pengguna. Untuk fitur yang lebih lengkap, gunakan Adobe Reader. Untuk aplikasi yang lebih ringan dan menggunakan daya baterai yang lebih hemat, gunakan PDF Viewer.

Musik, Video, dan Radio

Untuk hiburan, Nokia sudah menyediakan aplikasi untuk Nokia E71 untuk keperluan tersebut. Ada Music player yang mendukung beragam format musik, seperti MP3, AAC, eAAC+, dan WMA. Untuk membuat daftar lagu yang akan diputar, pengguna Nokia E71 bisa menggunakan playlist untuk mengelolanya. Lagu bisa disortir berdasarkan nama penyanyi, judul album, hingga aliran musik. Music player ini juga menyediakan lima pilihan equalizer untuk menyesuaikan efek suara berdasarkan jenis lagu.

Video player yang disediakan sebagai aplikasi Nokia E71 mendukung semua format yang bisa dimainkan oleh Real Player. Pengguna bisa memilih dua mode layar untuk menikmati sajian video, yaitu mode lanscape dan mode fullscreen.

Ada fitur radio yang bisa didengarkan menggunakan aplikasi untuk Nokia E71 yang sudah tersedia sebagai fitur standar. Sayangnya untuk mendengarkan radio, pengguna harus menggunakan headset. Karena radio FM membutuhkan antena agar dapat beroperasi dengan baik dan kabel headset ini selain mengeluarkan suara musik, juga berfungsi sebagai antena.

Opera

Opera adalah salah satu browser yang menguasai pasar mobile dan juga tersedia aplikasi untuk Nokia E71. Ada dua jenis Opera browser yang bisa dipilih, yaitu Opera Mini dan Opera Mobile. Opera Mobile adalah aplikasi untuk Nokia E71 yang didesain untuk berjalan diatas sistem operasi Symbian. Sementara Opera Mini adalah aplikasi Java. Karena didesain untuk berjalan pada sebuah sistem operasi, maka Opera Mobile menawarkan performa lebih baik. Karena engine yang digunakan oleh Opera Mobile diinstal pada ponsel. Sedangkan untuk Opera Mini, engine tersebut diletakkan di server milik Opera.

Ketika pengguna menjalankan Opera Mobile sebagai aplikasi untuk Nokia E71, maka halaman web diambil langsung dari ponsel. Pada Opera mini, halaman web dari suatu situs yang dikunjungi, terlebih dahulu diminta ke server Opera. Baru kemudian server ini mengambil, memproses, dan mengirimkannya ke Opera Mini. Meskipun populer, namun Opera bukan aplikasi untuk Nokia E71 standar, dalam arti Anda harus mengunduh dan menginstalnya sendiri. Aplikasi Opera untuk Nokia E71 dapat diperoleh dari halaman http://www.opera.com/mobile/download/nokia/e71/.

Aplikasi Lain

Karena dilengkapi dengan sistem operasi Symbian dan juga Java, maka ponsel ini bisa mendukung beragam aplikasi yang disediakan untuk kedua platform tersebut. Oleh karena itu aplikasi Nokia E71 menawarkan pilihan aplikasi yang lebih luas untuk diinstal. Baik sebagai aplikasi Symbian maupun sebagai aplikasi Java. Satu hal yang harus diperhatikan ketika memilih aplikasi untuk diinstal pada ponsel ini, yaitu kompatibilitas. Aplikasi tersebut harus dibuat untuk Nokia E71. Ini penting terutama ketika memilih aplikasi Java seperti game yang banyak tersedia. Seandainya tidak tersedia, maka Anda bisa menggunakan aplikasi Java untuk ponsel lain dengan resolusi layar yang sama dengan yang digunakan pada Nokia E71. [PN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel