Handphone Nokia E63, Handphone Kloning Nokia E71 dengan Harga Ekonomis

26 May 2012 12:00 9899 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Handphone Nokia E63 bukanlah smartphone ataupun handphone terbaru yang diluncurkan Nokia. Handphone ini merupkana ponsel Nokia yang dirilis sekitar akhir tahun 2008, meskipun terbilang handphone lama tetapi handphone tipe ini masih banyak diminati masyarakat. Dibangun di atas keberhasilan Nokia E71, yang menjadi perangkat messaging Nokia yang terpopuler...

Handphone Nokia E63 bukanlah smartphone ataupun handphone terbaru yang diluncurkan Nokia. Handphone ini merupkana ponsel Nokia yang dirilis sekitar akhir tahun 2008, meskipun terbilang handphone lama tetapi handphone tipe ini masih banyak diminati masyarakat.

Dibangun di atas keberhasilan Nokia E71, yang menjadi perangkat messaging Nokia yang terpopuler. Handphone Nokia E63 hadir dengan keyboard QWERTY dengan harga yang relatif murah jika dibanding dengan Nokia Eseries lainnya. Saat disandingkan dengan Nokia E71, Nokia E63 memang tampak langsung kalah kelas yang tak semewah E71. Kesan plastik langsung bisa diberikan untuk E63, hal ini dikarenakan saudara tuanya itu membungkus dirinya dengan kemewahan metal yang mengkilap. Padahal jika tidak dibandingkan secara langsung dengan Nokia E71, bahan plastik yang ada di tubuh E63 tidak akan jadi masalah.

Di tengah munculnya berbagai varian smartphone, menuntut salah satu raksasa alat komunikasi dunia ini untuk turut andil didalamnya. Salah satunya dengan dengan mengeluarkan produk handphone Nokia E63 yang jika diperhatikan desainnya nyaris mirip dengan BlackBerry. Handphone ini juga bisa dikategorikan sebagai smartphone dengan ukuran 113 x 59 x 13 mm disertai layar yang cukup besar seukuran 2.36 inci dengan resolusi 320 x 480 piksel (QVGA). Soal warna Nokia E63 dapat menghadirkan 16 juta warna, sehingga kualitas foto dan gambar yang dihasilkan oleh Nokia E63 akan lebih bagus.

Untuk kamera, handphone Nokia E63 dibekali dengan kamera 2 MP yang dapat digunakan untuk membuat video dan sudah terpasang real player di dalamnya. Kamera ini juga dapat digunakan baik di dalam ruangan ataupun di luar ruangan karena sudah dilengkapi dengan auto flash. Dengan kamera tersebut, Nokia E63 ini juga mampu merekam dengan kualitas QVGA dan kemudian menyimpannya dalam format file mp4, 3gp; codecs: H.263, MPEG-4 VSP. Selain itu, juga tersedia fasilitas untuk melakukan video calling.

Handphone Nokia E63 ini bisa dikatakan sebagai versi ekonomis dari E71, minus koneksi HSDPA dan GPS, dan tentu saja beda harga yang lebih murah 1.5 juta rupiah. Meski demikian, dalam hal konektifitas data Nokia E63 telah didukung oleh jaringan data 3G sehingga dapat pula dijadikan sebagai modem. Untuk konektifitas antar perangkat tersedia kabel data, Bluetooth, serta WiFi. Dengan fitur WiFi ini memberikan akses untuk mail corporate, calendar, dan contact business, plus keyboard QWERTY, yang mirip pada Nokia E71. Namun untuk Nokia E63 lebih kepada mode personal picture homescreen yang berbeda, personal email, dan shortcut ke blog dan website. User dapat switch dari mail corporate, appointment dan data intranet ke mode personal dengan menekan singl key.

Diperkirakan ketahanan ponsel ini sendiri secara maksimum adalah 18 hari untuk kondisi standby dan dapat digunakan untuk bicara hingga 11 jam. Dengan perangkat lunak S60 Edisi 3.1, E-series Symbian OS 9.2, handphone Nokia E63 ini juga dapat digunakan untuk mendukung pekerjaan kantor dalam mengolah dokumen format doc, xls, ppt dan pdf. Berbagai aplikasi untuk Nokia E63 juga telah beradar luar di internet, baik yang gratis maupun berbayar. Pada Nokia E63 sendiri juga sudah mencakup aplikasi berikut:

• JavaTM MIDP 2.0
• Flash Lite 3.0
• Chat dan olah pesan cepat
• Nokia browser
• JavaScript versi 1.3 dan 1.5
• Mini Map
• Kamus
• Quickoffice (Quickword, Quickpoint, Quicksheet)
• Penampil PDF
• ZIP Manager
• Download
• File Manager
• Nokia Search
• Nokia Maps

Secara umum handphone Nokia E63 memang bagus disertai dengan layanan yang memadai dan akan sangat memuaskan jika tersedia koneksi network yang cukup dan unlimited. Jika dibandingkan dengan BlackBerry, mungkin bisa dibilang handphone ini merupakan BlackBerry Killer. Dengan harga BlackBerry yang setidaknya 3 juta keatas, fitur-fiturnya sudah bisa Anda peroleh di Nokia E63 dengan harga yang lebih murah. Bahkan harga handphone Nokia E63 ini semakin turun, sementara harga E71 semakin naik.

Untuk informasi harga dipasaran saat ini berikiasar 1 juta-an rupiah untuk garansi resmi, sedangkan bekasnya dibandrol dengan harga sekitar 800 ribuan rupuiah. Berminat dengan ponsel bagus dan tidak terlalu mahal, Anda bisa mencoba membeli yang satu ini. [RK]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel