Review TV Panasonic Viera TC-P50XT50

26 Apr 2013 18:00 3047 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sebagian besar produsen yang memiliki nama besar memiliki seri seperti televisi ini di katalog mereka, 720p, satu ukuran layar dan jauh lebih murah daripada televisi lainnya. Dan ternyata, Panasonic juga memproduksi Smart TV 3D 50 inch, cerdas, 3D HDTV yang dibandrol dengan harga $799 yakni TV Panasonic Viera TC-P50XT50.

Panasonic Seri XT50 merupakan produk yang unik karena beberapa fitur pada televisi ini yang tidak dimiliki oleh televisi lain. Tidak seperti sebagian besar televisi di pasaran saat ini, XT50 memiliki resolusi maksimal sebesar 720p, ukuran tersebut merupakan resolusi yang tinggi namun pada saat ini televisi dengan resolusi sebesar 1080p telah menjadi standar emas.

Sebagian besar produsen yang memiliki nama besar memiliki seri seperti televisi ini di katalog mereka, 720p, satu ukuran layar dan jauh lebih murah daripada televisi lainnya. Dan ternyata, Panasonic juga memproduksi Smart TV 3D 50 inch, cerdas, 3D HDTV yang dibandrol dengan harga $799 yakni TV Panasonic Viera TC-P50XT50.

Desain

Panasonic Viera ini memiliki desain yang ramping dengan pendekatan yang lebih tradisional, bodinya terbuat dari plastik hitam dengan ketebalan yang berada di rata-rata. Televisi ini juga memiliki port dasar kontrol, jika Anda sedang mencari TV plasma yang sederhana dan memiliki tampilan rata-rata televisi ini tidak buruk sama sekali.

Kontrol

Seperangkat kontrol pada televisi ini cukup sederhana dan tidak memerlukan penjelasan yang terlalu banyak. Kontrol tersebut memiliki fungsi ganda juga sebagai navigasi menu, akan tetapi, remote merupakan pilihan yang lebih baik dalam hal ini.

Remote yang dikemas dengan XT50 berbasis inframerah, diproduksi tahun ini untuk TV keluaran 2012. Remote tersebut dilengkapi dengan tombol volume, pemilih saluran, nomor 0-9, serta terdapat tombol internet dan Viera Tools yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pengaturan 3D atau mode permainan. Di dalam kotak, Anda akan menemukan panel 50 inch, penyangga untuk mendudukkan televisi, sekrup, remote, 2 buah baterai AA, petunjuk penggunaan, informais garansi, dan empat buah kabel.

Konektivitas

XT50 adalah model entry-level dan menawarkan konsumen port entry-level. Port pada XT50 ini terletak di sepanjang sisi kiri, di bawah kontrolnya. Terdapat slot SD Card dan dua input USB yang dapat digunakan untuk menampilkan foto/musik/pemutaran video melalui menu media pada XT50.

Di bagian belakang sebelah kanan Anda akan menemukan port lainnya, di sini Anda akan menemukan berbagai input, digital audio out, input kabel LAN (fitur WiFi tidak disertakan di produk ini), dua input HDMI dan jack unntuk koneksi kabel/antena. Port yang ada pada XT50 ditempatkan dengan rapi.

Kinerja

Tidak terdapat hal buruk mengenai XT50, faktanya televisi ini memiliki banyak fitur yang layak untuk mendapat pujian. Televisi ini mungkin tidak memiliki browser, remote yang mewah atau menyalakan televisi dengan kontrol suara. Akan tetapi, dengan harga yang ditawarkan XT50 memiliki kinerja yang luar biasa pada dua hal yang penting yaitu warna dan gerakan. Mungkin Anda bertanya, bagaimana dengan rasio kontrasnya? Televisi ini tidak memiliki rasio kontras yang lebar, sangat redup tetapi memiliki kedalaman warna hitam yang berada di tingkatan rata-rata. Di pasaran jarang terlihat tingkat keakurasian warna dan gerakan halus sebaik yang ditunjukkan oleh televisi ini ketika menguji XT50 berukuran 50 inch.

Kualitas Gambar

Untuk harga yang ditawarkan, XT50 memiliki keakurasian warna yang luar biasa. Televisi ini memiliki rasio kontras yang sempit tetapi keakurasian warnanya sangat mengesankan. Panasonic entry-level XT50 diuji dengan rasio kontras maksimum yang agak sempit, terutama jika Anda mempertimbangkan bahwa ini adalah TV plasma. Lupakan 1.000.000.000 : 1, rasio kontras pada model ini nyaris diturunkan lebih dari 1000:1, menunjukkan diferensiasi antara gelap dan terang yang lebih sempit jika dbandingkan dengan tiga televisi lainnya yang digunakan untuk tujuan perbandingan, dua di antaranya adalah televisi LCD. Ini bukanlah merupakan hasil yang mengerikan, tetapi tidak lebih mengesankan dibandingkan skor warna pada televisi ini.

Selain kekurangan ringan yang terjadi di tepi terang dari kurva abu-abu, kurva-kurva ini sangat baik, warnanya cukup seragam hanya menampilkan sedikit ketidaksempurnaan. Dalam istilah sederhana, warna abu-abu, merah, biru dan hijau direpresentasikan antara bayangan, pertengahan dan cahaya terang.

XT50 diuji dengan dinamika gambar yang luar biasa. Untuk sebuah TV plasma, mungkin Anda ingin melihat kualitas dinamika tertentu, warna hitam tetap terlihat gelap terlepas dari seberapa luas layar yang berwarna hitam, dan warna putih menjadi lebih cerah ketika ukuran gambar yang berwarna putih tersebut kecil dan menjadi lebih redup ketika berukuran besar. Dari segi desain, XT50 merupakan plasma yang sangat redup dan tingkatannya tidak berubah secara signifikan selama pengujian untuk kontras dan kecerahan warna putih. Warna hitam berada di sekitar 0,05 cd/m2, tidak peduli layar didominasi oleh warna apa, sementara warna putih berada di kisaran 9 cd/m2 antara layar putih 100% dan 5%, perubahannya tidak terlalu besar tetapi XT50 memiliki keluaran yang sangat redup.

Kinerja Layar

Panasonic Viera TC-P50XT50 adalah TV plasma 720p, televisi ini mendukung resolusi layar 480i, 480p, dan 720p. XT50 diuji dengan sudut pandang yang sangat baik, total 163° atau sekitar 82° dari pusat ke kedua sisinya. Sudut pandang yang baik dari TV plasma tentu sangat diharapkan dan televisi ini memiliki sudut pandang yang cukup lebar yang memungkinkan 5-6 orang nyaman menonton XT50 tanpa penurunan kinerja kontras pada layar.

Kinerja gerakan pada Panasonic XT50 hampir sempurna, gerakannya secara subjektif memindahkan serangkaian gambar semi-kompleks dan sangat kompleks di layar TV dalam berbagai arah. XT50 menangani hal tersebut dengan keberhasilan yang indah. Selama segmen foto, rincian wajah manusia, ukiran pada logam, batu bata, detail pada matahari dan garis-garis halus, semuanya ditampilkan tanpa adanya bagian yang kabur. Hal yang sama dapat dikatakan untuk gambar yang memiliki satu warna, montages kompleks piksel monokromatik dan kotak kotak berwarna, tidak terlihat adanya kecacatan.

XT50 yang diuji dengan keseragaman layar yang layak, meskipun badan yang tebal mengakibatkan sedikit bayangan ketika kami melakukan pengujian warna putih pada layar. Terdapat juga cahaya ringan yang menyala selama pengujian warna hitam, di mana hal tersebut sangat mengejutkan mengingat betapa redupnya televisi ini.

Seri XT50 menggunakan kacamata rana aktif dari Panasonic untuk memberikan pengalaman 3D meyakinkan. Kacamatanya cukup ringan, meskipun terdapat baterai pada kacamata tersebut. Anda dapat beralih ke sejumlah mode tergantung pada apakah Anda menonton full HD 3D atau menggunakan sistem konversi 2D-ke-3D?

Latar belakang dan latar-tengah pada gambar terlihat padat namun pada pandangan Anda banyak gambar yang tampak buram atau tidak berada pada posisi yang seharusnya. Panasonic 3D ini jelas lebih baik dari seri keluaran tahun lalu, tetapi seri XT50 720p tampak sedikit kurang. Televisi ini memiliki kualitas 75% tontonan yang terlihat baik, tetapi 25% sisanya memiliki gambar yang berbayang terutama di sekitar benda terang atau bersinar.

Kesimpulan

XT50 merupakan TV Panasonic dengan kinerja powerful yang menakjubkan. Televisi ini memiliki akurasi warna yang sangat baik pada gambar 2D, dengan tampilan warna keseluruhan yang sempurna. Selain itu, televisi ini memiliki sudut pandang yang sangat besar dan kinerja gerak yang luar biasa walaupun tidak terlalu terang, televisi ini cukup gelap dengan teknologi plasma yang digunakan. Rasio kontrasnya masih berada sedikit di atas rata-rata. Untuk ukuran 50-inch, televisi ini dibandrol dengan harga $799. Televisi ini telah menyediakan akses pintar ke penyedia konten yang telah memiliki nama yang besar, selain itu televisi ini telah menghadirkan teknologi 3D dapat digunakan walaupun tidak sempurna. Anda mendapatkan banyak hal dengan harga yang relatif terjangkau. Hanya saja TV Panasonic Viera ini memiliki satu ukuran layar (50 inch, walaupun ukuran 42 inci sedang dipersiapkan). Sayangnya, televisi ini juga tidak dilengkapi dengan WiFi dan tidak terdapat kacamata 3D di dalam kotaknya. [HAM]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel