Samsung EX2F, Best Pocket Camera Berpenampilan Rupawan & Canggih

19 Apr 2013 09:00 3264 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Samsung EX2F merupakan hasil upgrade dari tipe terdahulunya EX1 dengan tetap mengandalkan lensa cepatnya. Kamera digital ini hampir mirip dengan kamera Canon G-series, namun EX2F memiliki monitor AMOLED yang dapat berputar dan memiliki konektivitas WiFi.

Tahun ini merupakan tahun kemajuan untuk teknologi kamera digital, Canon yang awalnya mendominasi kategori ini akhirnya direbut oleh Sony RX 100 yang fasilitasnya lebih lengkap dan canggih seperti yang diharapkan orang-orang pada umumnya. Untuk brand Samsung, salah satu produsen terbesar di dunia ini memproduksi EX2F yang juga tak kalah canggih dan mutakhir dari brand-brand ternama lainnya. Kamera luncuran Samsung ini menjadi Best Pocket Camera tahun ini. Samsung EX2F merupakan hasil upgrade dari tipe terdahulunya EX1 dengan tetap mengandalkan lensa cepatnya. Kamera digital ini hampir mirip dengan kamera Canon G-series, namun EX2F memiliki monitor AMOLED yang dapat berputar dan memiliki konektivitas WiFi. Harganya relatif cukup terjangkau yakni hanya dibanderol $499 untuk membawa pulang kamera digital EX2F super canggih ini. Berikut ulasannya.

Desain

Desain kamera digital Samsung EX2F nyaris mirip dengan kamera digital Canon G-series, namun ada beberapa perbedaan yakni pada fitur kuncinya. Best pocket camera luncuran Samsung ini memiliki ukuran sedikit lebih besar dibanding ukuran-ukuran kamera jenis compact lainnya. Ukurannya memang sangaja dibuat agak besar demi membuat pengguna merasa nyaman saat memegangnya. Layar AMOLED dan body-nya terbuat dari bahan magnesium dan memiliki lensa F1.4 yang sangat mengagumkan.

Lensa dan Sensor

Kamera digital EX2F memiliki lensa yang cukup kokoh dengan tampilan model ala Schneider Kreuznach dengan pembesaran optis 3.3x. Kinerja motor pada EX2F cenderung lambat dan agak berisik, cincin yang terdapat pada dasar lensa hanya berfungsi ergonomis dan sebagai kontrol manual seperti yang terdapat pada RX100 atau S100. Lensa EX2F tidak memiliki penutup penutup otomatis dan menjadi kelemahan dari produk ini. Dari segi sensornya, EX2F memiliki sensor CMOS 1/1.7 inch seperti yang terdapat pada Canon S100, hal ini juga menjadi titik kelemahan EX2F jika dibandingkan dengan sensor yang dimiliki Sony RX100.

Tampilan

EX2F tidak memiliki jendela bidik, namun menyediakan monitor AMOLED 3.0 inch sebagai gantinya, monitor tersebut memiliki kemampuan berotasi penuh sehingga memudahkan pengguna untuk memotret dari berbagai sudut. Layar Samsung EX2F sangat cerah dengan sudut pandang yang sangat indah. Kendati demikian produk luncuran Samsung ini memiliki kekurangan dari segi reflektifitasnya.

Flash

Pop-up flash terletak pada bagian kiri atas dan lampu kejut dibuka secara manual, penempatannya mengutamakan kenyamanan bagi para pengguna karena dapat difungsikan dengan menggunakan jari telunjuk kiri. Lampu kejut ini mampu bekerja hingga jarak yang cukup jauh yakni hingga 25 meter. Waktu antar dan lampu kejut berada pada level rata-rata dan memiliki kemampuan yang fantastis untuk ukuran kamera berjenis compact sekaligus menunjang EX2F menjadi Best Pocket Camera tahun ini.

Konektivitas

Pada panel di sisi kanan kamera, ada sebuah terminal konektivitas yang terdapat di balik pelindung plastik. Disitu juga terdapat port microUSB dan micro HDMI sebagai penambah fitur dari kamera pocket Samsung terbaik ini.

Baterai dan Memori

Baterai kamera EX2F bertipe SLB-10A dan mampu bertahan hingga 240 pemotretan, kinerja dari baterai tersebut jelas tergolong lemah untuk ukuran kamera dari budget yang ditawarkan. Memori dalam kamera EX2F kompatibel dengan jenis memori SD, SDXC, dan SDHC. Memori internal berukuran kecil juga tersedia dalam kamera ini namun hanya cukup untuk satu file JPEF atau RAW dengan kualitas gambar maksimum.

Kualitas Gambar

Kualitas gambar secara keseluruhan sangat lazim membuat Sony RX100 merasa minder. EX2F dilengkapi depth of field yang sangat atraktif dengan resolusi tinggi. Pada umumnya, kamera berjenis compact menggunakan perangkat tambahan pada bagian sisinya guna menambah kualitas gambar yang lebih tajam, hal ini juga tersedia pada kamera ini. Akurasi warna berada di atas rata-rata untuk kategori kamera berjenis compact lantaran hanya memiliki nilai kesalahan 2.90. Jika melihat dari segi spektrum warnanya, ada beberapa warna yang tidak memiliki keakurasian yakni merah, kuning dan biru.

Harus diakui bahwa fitur WiFi yang terdapat pada kamera Samsung ini merupakan salah satu yang terkuat jika dibandingkan dengan kamera-kamera lainnya. Tak hanya itu, Samsung juga menambahkan fitur shooting mode, kontrol manual dan opsi perekaman sebagai penambah daya tarik kepada para pengguna sekaligus menjadikannya sebagai kamera pocket terbaik tahun ini. [MER]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel