Nikmati Kemampuan Zoom Hingga 23x pada Camcorder Sanyo Xacti VPC-SH1

14 Mar 2013 15:00 2713 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Anda mempunyai banyak pilihan untuk membeli Camcorder atau lebih populer dengan nama Handycam. Namun tetap saja, produsen-produsen raksasa lebih menguasainya, seperti Canon, Sony, JVC, Panasonic, Samsung, Nikon, atau Brica.

Anda mempunyai banyak pilihan untuk membeli Camcorder atau lebih populer dengan nama Handycam. Namun tetap saja, produsen-produsen raksasa lebih menguasainya, seperti Canon, Sony, JVC, Panasonic, Samsung, Nikon, atau Brica. Setidaknya Anda dapat memilih lebih dari tiga merek-merek Handycam tersebut, daripada produk kamera DSLR yang mutlak hanya dikuasai oleh Nikon dan Canon. Meskipun Sony, Pentax dan Olympus kualitasnya tidak diremehkan, namun tetap saja mereka bukan tandingan DSLR Nikon dan Canon di segala sisi. Selain beberapa brand terkenal yang disebutkan diatas, kami akan memperkenalkan sebuah Camcorder berperforma terbaik dari Sanyo seri XACTI VPC-SH1. Apa saja kelebihannya? Mari kita ulas selengkapnya.

Sanyo memang lebih dikenal sebagai produsen pompa air, kipas angin, dan mesin cuci, sehingga beberapa pihak meragukan apakah produsen ini mampu membuat sebuah Camcorder yang mumpuni. Sebagai pengenalan, Sanyo XACTI VPC-SH1 merupakan Camcorder form factor horizontal dengan desain paling ramping dibanding Camcorder Sanyo seri lain. Ukuran dari XACTI VPC-SH1 ini sangat memukau karena dibuat dengan layar lebar serta dapat diputar, namun masih tetap cukup ramping untuk Anda kantongi pada saku. Selain itu, meskipun ukurannya cukup kecil, XACTI VPC-SH1 ini didukung dengan lensa yang mampu melakukan zooming 23x.

Mungkin kekurangan desain Sanyo XACTI VPC-SH1 ini adalah agak ringkih dipegang, mengingat bentuknya yang tipis, kecil dan ringan. Selain itu, casing Camcorder ini hanya terbuat dari plastik dengan finishing berwarna merah, hitam, serta chrome. Pada bagian depan lebih didominasi oleh lensa yang dapat melakukan zoom 23x, dengan diameternya yang tidak terlalu besar sehingga kemampuan aperture Camcoder ini hanya f/3,5. Di bagian lain, yakni bawah lensa tersedia flash yang dapat Anda gunakan untuk memotret. Posisi mic stereo SH1 berada di bagian belakang layar LCD, karena hal ini dianggap yang cukup baik untuk menghemat tempat. Namun desain ini juga bisa berarti mic akan bisa dirubah posisinya tergantung ke mana arah LCD diputar.

Untuk penggunaannya, Anda akan melihat pada tampilan layar saat perekaman fitur menu yang detail tetapi tidak terlalu memenuhi layar. Yang menjadi kekurangannya, saat ingin merubah salah satu parameter, penggunanya harus masuk ke menu lebih dahulu. Sanyo tidak menyediakan tombol shortcut apapun pada XACTI VPC-SH1. Sebagai gantinya, Anda bisa memprogram joystick yang ada menjadi empat arah sebagai shortcut, meskipun secara default tidak tersedia shortcut yang terprogram pada joystick. Pada fitur Scroll yang lebih jauh ke bawah, Anda dapat melihat beragam opsi yang agak unik, diantaranya adalah dua pilihan resolusi untuk membuat video slow motion. Pada pilihan pertama ini merupakan perekaman video pada 300fps dengan memutar pada 60fps, sehingga akan memperlambat hingga 5x.

Seperti kamera biasa, Camcorder juga wajib memiliki sensor. Sensor yang dimiliki Sanyo SH1 berresolusi 4 Megapixel, sangat kecil memang. Namun jangan khawatir, karena Camcoder ini dapat menghasilkan foto seperti resolusi 10 Megapixel dengan interpolasi. Sayangnya, bagi yang belum mengerti fitur ini justru membingungkan, dan orang-orang biasanya menganggap resolusi ini sama seperti kamera digital biasa kelas Entry Level.

Sanyo XACTI VPC SH1 mempunyai tingkat bitrate video yang cukup tinggi jika di setting pada kemampuan maksimalnya. Anda bisa membuat video movie dengan kualitas Full High Definition (HD) mencapai 1920×1080 pixel. Video yang dapat disimpan dan dikompresi H.264 dengan format MP4, inilah yang membuat ukuran file video lebih kecil. Selain kemampuan membuat video dengan resolusi Full High Definition, tersedia juga banyak resolusi serta frame rate yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sepertinya Sanyo XACTI VPC SH1 sudah layak untuk bersaing jika melihat dari performa dan spesifikasinya. Dan untuk media penyimpanan, Sanyo SH1 didukung dengan slot SDXC/SDHC/SD yang sanggup mengakomodasi memory card hingga kapasitas 64 Gigabyte. Tanpa slot memory, kamera ini juga sanggup menyimpan file, karena terdapat memory internal dengan ukuran 50 Megabyte.

Anda bisa memiliki Camcorder Sanyo ini dengan merogoh kocek hanya Rp 4.600.00, harga ini setara dengan DSLR kelas Entry Level. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel