Nikon Coolpix L810 - Camera Compact Yang Mengahdirkan super zoom

12 Mar 2013 16:00 9932 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pasaran kamera saat ini tidak hanya dikuasai oleh kamera jenis DSLR atau Camdig saja. Beberapa orang lebih suka mencari kamera kompak dibanding kedua jenis kamera tersebut, meski tidak banyak. Salah satu kelebihan kamera kompak dibandingkan DSLR adalah bentuknya yang lumayan kecil sehingga mudah dibawa dan ringan. Bahkan ada orang yang menggunakan kamera kompak karena tidak ingin terlalu mencolok didepan umum.

Pasaran kamera saat ini tidak hanya dikuasai oleh kamera jenis DSLR atau Camdig saja. Beberapa orang lebih suka mencari kamera kompak dibanding kedua jenis kamera tersebut, meski tidak banyak. Salah satu kelebihan kamera kompak dibandingkan DSLR adalah bentuknya yang lumayan kecil sehingga mudah dibawa dan ringan. Bahkan ada orang yang menggunakan kamera kompak karena tidak ingin terlalu mencolok didepan umum. Meskipun memiliki ukuran yang kecil, namun saat ini telah banyak kamera kompak yang sanggup menghasilkan kualitas gambar yang setaraf dengan kamera jenis DSLR. Hal ini karena ada kamera kompak pada penggunaan sensornya dibuat sama ukuran dengan kamera-kamera DSLR.

Saat ini Nikon juga menyediakan opsi untuk kamera kompak, padahal produsen ini sudah cukup terkenal dengan produk DSLR-nya. Salah satu kamera kompak andalan Nikon adalah Coolpix L810, yang menghadirkan kamera dengan super zoom sehingga dapat menawarkan beragam kemudahan bagi para penggunanya. Pada desainnya, Nikon Coolpix L810 ini tidak terdapat lubang viewfinder atau jendela bidik optik maupun elektronik, karena ini bukanlah kamera DSLR. Namun foto dan videonya dapat Anda lihat secara langsung sebelum memotret melalui layar belakang yang sudah didukung aspek rasio dengan resolusi tinggi 4:3. Rincain dimensi Nikon Coolpix L810 adalah: body 111 x 76 x 83mm, dengan berat mencapai 430gram.

Nikon Coolpix L810 tersedia 3 mode pemotretan, salah satunya adalah mode Nikon Smart Portrait. Pada mode ini Coolpix L810 secara otomatis dapat mendeteksi kedipan maupun senyuman, serta ditambah juga opsi auto smooth scene. Anda juga dapat memilih mode otomatis biasa, yang disertai dengan pilihan mengatur white balance, mode drive, sensitifitas ISO hingga 1600, dan warna tergantung selera. Kemampuan zoom atau focal lenght sangat luar biasa, karena kamera ini memiliki lensa 22.5 - 585 mm. Dalam hitungan detik kamera ini sudah mampu melakukan zoom penuh.

Bentuk Nikon Coolpix L810 memiliki tata letaknya menyerupai hampir seperti kamera kompak yang ada pada umumnya. Tidak ada cincin fokus maupun cincin zoom karena seluruhnya dikendalikan lewat tombol kontrol pada bagian atas kamera. Opsi tombol mode pemotretan, yang ditandai dengan ikon kamera berwarna hijau, selain itu ada pula tombol playback, delete, menu serta didukung tombol navigasi empat arah beserta flash, eksposur, self-timer, maupun makro.

Karena sudah didukung dengan tingkat zoom yang cukup tinggi, Nikon Coolpix L810 ini dapat menjadi pilihan yang sangat tepat untuk pengambilan foto pada event olahraga. Hal ini karena Nikon telah menyematkan kamera ini dengan mode Sports Continuous Shooting yang membantu Anda untuk mengambil foto pada objek yang bergerak dengan cepat. Biasanya pada DSLR untuk kepentingan memotret semacam menggunakan fitur Shutter Speed. Tidak hanya untuk memotret saja, L810 juga bisa Anda gunakan untuk merekam video movie dengan kualitas High Definition (HD) ukuran 720p dengan kecepatan 30fps. Untuk mengingkatkan kualitas suaranya, kamera ini mengandalkan microfon stereo yang terletak pada sisi flash pop upnya. Seluruh hasil foto dan video yang dibuat dapat Anda review lewat layar LCD dengan ukuran 3 inci dan memiliki resolusi 921k dot.

Untuk pemakaiannya, Kamera Nikon Coolpix L810 ini didukung dengan baterai jenis AA sebagai penunjang daya tahan. Namun, walaupun hanya dibekali baterai jenis AA,kamera ini sanggup bertahan dalam jangka waktu cukup lama. Sebenarnya akan lebih baik lagi jika L810 ini dibekali dengan baterai Li-ion isi ulang yang lebih simple dan penggunanya tidak perlu membeli baterai lagi.

L810 memiliki fitur media penyimpanan dengan memori SD/SDHC/SDXC, sehingga nantinya dapat dengan mudah dipindahkan ke media penyimpanan lain seperti Harddisk internal pada PC. Saat ini Nikon Coolpix L810 dibanderol dengan harga £ 229,99 di Inggris dan $ 279,95 di Amerika Serikat. Sedangkan untuk pasaran Indonesia L810 diharga sekitar Rp. 1.798.000. L810 lebih direkomendasikan untuk Anda yang hanya memiliki kebutuhan foto seperti pada acara keluarga, wedding maupun event lain, karena tetap saja kamera kompak tidak lebih unggul dari DSLR.[ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel