CANON EOS 550D - DSLR Terbaik Di Kelas Pemula

22 Feb 2013 17:00 4991 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
EOS 550D merupakan salah satu kamera DSLR keluaran Canon, diluncurkan pada tanggal 8 Februari 2010 dan menjadi seri primadona dari berbagai kamera merk Canon yang lainnya.

EOS 550D merupakan salah satu kamera DSLR keluaran Canon, diluncurkan pada tanggal 8 Februari 2010 dan menjadi seri primadona dari berbagai kamera merk Canon yang lainnya. Yang membuat kamera ini banyak digemari tentu saja dikarenakan performa yang cukup baik disertai harga yang tidak terlalu mahal dan sistem pengoperasiannya pun sangat mudah. Canon EOS 550D memiliki sensor efektif sampai 18 megapiksel yang siap mengabadikan setiap momen-momen berharga Anda. Pada kualitas gambar yang dihasilkan kamera ini pun cukup baik, sehingga dapat disimpulkan kamera ini murah namun tidak murahan.

Canon EOS 550D tidak mengkhususkan diri bagi fotografer pro maupun pemula, siapapun pemakainya baik yang sudah pro maupun amatiran tetap pantas menggunakan kamera ini. Untuk desain body, bentuk body serta penampilan luarnya hampir sama dengan pendahulunya yakni Canon EOS 500D, hanya saja sedikit perbedaan pada sisi depan dan beberapa tombol tambahan yang diletakan tepat dibelakang kamera. Selain itu terdapat pula tambahan tombol Live View dan quick control yang membuat kemudahan pengoperasian kamera. Desain bodi kamera ini sangat kokoh dan terasa pas saat digenggam, bobotnya juga tetap terasa ringan sehingga Anda tidak akan merasa pegal atau keberatas menggunakan kamera ini dalam jangka waktu yang lama. Rincian dimensi EOS 550D ini adalah 129 mm × 98 mm × 62 mm.

Pada bagian atas kamera, tersedia tombol scene mode yang bisa digunakan oleh para fotografer pemula, contohnya untuk mode auto creative atau PASM control. Selain itu untuk ukuran Layar LCD Canon EOS 550D ini mencapai 3 inchi. Dengan ukuran pixelnya yang cukup tinggi yakni 18 MP, tentunya hasil gambar akan sangat berkelas dan jernih, juga karena didukung resolusi tinggi hasil dari image processor DIGIC 4. Untuk kelengkapan, bisa dikatakan jika EOS 550D hampir mirip dengan Canon 7D. Namun EOS 550D hanya memiliki kecepatan pengambilan gambar 3,7 frame perdetik. Artinya, dengan kecepatan 3,7 fps, Anda bisa dengan mudah memotret obyek maupun aktivitas bergerak dalam 1 detik sampai 3 foto lebih. Jadi, dengan spesifikasi sensor yang demikian Canon EOS 550D akan sanggup menerapkan 9 titik focus yang ada pada viewfinder.

Kualitas foto yang dihasilkan Canon 550D ini terbukti sangat baik seperti pendahulunya, EOS 500D. Beberapa fitur-fitur lain yang terdapat pada DSLR ini diantaranya adalah menggunakan memori card SDHC kelas 6. Kemampuan lainnya adalah sanggup mengambil gambar pertama dalam waktu 0,3 detik, bahkan dengan fitur Shutter lag tanpa prefocusing lensa 18-135 mm dapat mencapai 0,2 detik.

Pada kondisi cahaya yang cukup EOS 55D bisa mencari dan menemukan fokus dalam waktu 0,3 detik. Selain itu pada mode continuous shoting Anda bisa memotret gambar hingga sebanyak 12 kali dalam format JPEG dengan kualitas tinggi. Sedangkan ISO Sensitivitas dapat Anda diatur sesuai kondisi, mulai dari angka ISO 100 hingga ISO 6400 dan dapat ditingkatkan menjadi ISO 12800 dengan teknologi Canon Firmware, bahkan juga bisa diupgrade lagi ke angka ISO 24000 dengan Magin Lantern firmware.

Untuk kualitas foto memang sudah dianggap mumpuni, namun bagaimanakah dengan kualitas movie? Jangan salah, kemampuan merekam video EOS 550D tidak bisa diremehkan. DSLR ini sanggup merekam video dengan kualitas 1080p atau full HD (High Definition) pada frame 24,25 maupun 30 fps. Selain itu terdapat fitur yang memungkinkan Anda untuk mengontrol kamera secara penuh pada saat perekaman. Fitur-fitur tersebut diantaranya adalah tombol khusus untuk merekam video yang terletak dibagian belakang. Fitur inilah yang secara otomatis akan mengaktifkan Live View. Sebagai tambahan, fitur movie crop mode juga tersedia dan dapat digunakan untuk memperbesar maupun melakukan zoom hingga 7x pada Mode Video Canon 550D.

Saat ini DSLR Canon EOS 550D dibanderol dengan harga 4 jutaan untuk pasaran Indonesia. Di kelasnya memang kamera ini masih kalah dengan Nikon D3100 karena sudah tersedia Guide Mode yang dapat memandu pengguna pemula, ditambah adanya titik fokus yang lebih banyak yakni 11. Namun, dari segi harganya, EOS 550D lebih murah dibandingkan D3100. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel