Review Lengkap Kamera DSLR Canon EOS 60D

19 Feb 2013 10:00 3650 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
EOS 60D salah satu produk Canon yang digadang-gadang sebagai pengganti EOS 50D. Tentunya jika dibandingkan dengan pendahulunya, Canon EOS 60D ini mempunyai kualitas gambar yang lebih baik serta terdapat lebih banyak fitur-fitur canggih terbaru.

EOS 60D salah satu produk Canon yang digadang-gadang sebagai pengganti EOS 50D. Tentunya jika dibandingkan dengan pendahulunya, Canon EOS 60D ini mempunyai kualitas gambar yang lebih baik serta terdapat lebih banyak fitur-fitur canggih terbaru. Canon 60D berdiri dibtengah dua kelas, yakni antara pemula dan semi-pro, atau lebih tepatnya DSLR ini dutujukan bagi Anda yang sudah berpengalaman dibandingkan para fotografer pemula.

Canon EOS 60D diddukung menggunakan sensor dengan resolusi sebesar 18 MP APS-C sehingga dapat menghasilkan gambar dengan detail serta ketelitian yang tinggi. Anda dapat melakukan cropping pada foto tanpa perlu khawatir terjadi pecah gambar karena detailnya masih tetap terjaga. Dengan ukuran sensor yang cukup besar ini menjadi faktor utama EOS 60D dalam mengurangi noise, dan sensor CMOS juga memastikan foto bisa diambil pada sensitivitas ISO tinggi sekalipun dengan tingkat noise yang tidak terlalu mencolok. Dukungan lain dari DIGIC 4 Image Processor terbaru juga menambah detail yang lebih halus serta reproduksi warna yang sangat baik. Bahkan fitur ini dapat meningkatkan kemampuan dari ISO 100-6400, yang bisa ditambah hingga ISO 12800 untuk pemotretan dalam kondisi cahaya yang sangat minim.

Ada empat ragam yang masuk dalam mode AutoFocus, yakni Autofocus Manual focusing (MF), AI Focus AF, One-Shot AF, dan Predictive AI Servo AF. Fitur 63-zona Dual-Layer sensor yang dirancang berguna untuk melengkapi sistem 9 titik AutoFocus karena dengan cara memperhatikan warna serta luminosity yang terdapat di sekitar area titik AutoFocus, sistem ini mampu memberi tingkatan akurasi yang lebih baik meskipun Anda berada didalam situasi kondisi pencahayaan yang sulit. Letak kecanggihan sistem ini adalah pada Sensor meteringnya karena sanggup untuk mengenali warna, sehingga dapat meminimalisir kesalahan dalam pengaturan exposure dalam keadaan cahaya yang kurang merata.

Dalam Canon EOS 60D terdapat pula fitur multi-kontrol dial yang memungkinkan Anda untuk mengoperasikan menu serta memasukkan perngaturan hanya dengan sentuhan sederhana. Atau lebih tepatnya multi-kontrol dial disematkan untuk menggantikan fasilitas multi-controller dan tombol Set dalam Quick Control Dial. Dan salah satu fitur lain yang menjadi andalan EOS 60D adalah sebuah layar LCD yang dapat diputar berbagai angle dengan rincian 3-inch Clear View, seperti yang terdapat pada Handycam. Selain itu sebuah viewfinder EOS 60D juga ditingkatkan kualitasnya beserta tambahan fitur filter kreatif. Dengan fitur output HDMI Anda dapat melihat hasil foto secara langsung di HDTV. Canon EOS 60D dapat memberikan exposure dengan lebih stabil dalam pemotretan atau perekaman dengan kondisi pencahayaan yang berganti-ganti, contohnya ketika Anda sedang berada dalam sebuah acara teater ataupun konser musik.

EOS 60D ini mampu membuat film dengan kualitas Full HD (High Definition) ukuran 1920 × 1080, ditambah dengan frame rate yang bisa Anda pilih dari 24p, 25p maupun 30p. Saat ingin merekam video, Anda bisa menggunakan fungsi Live View yang disertakan pada EOS 60D. kecanggihan lainnya ada fungsi menu Movie Crop yang bia melakukan crop pada sebuah video berkualitas SD (640x480) dengan tingkat pembesaran sampai 7x dari pengambilan gambar biasa. Banyak orang berpendapat bahwa kualitas video yang dihasilkan EOS 60D sangat bagus dengan keindahan dari karakteristik depth-of-field ditambah kemampuannya untuk merekam dalam kondisi cahaya yang minim sekalipun.

Dibandingkan pendahulunya EOS 50D, bobotnya sedikit lebih ringan yaitu hanya seberat 755g sudah termasuk dengan baterai dan tambahan kartu memori. Bobot yang ringan ini berkat penggunaan chassis logam yang ditutupi dengan plastik luar, desain ini hampir mirip seperti yang digunakan pada Canon EOS 550D Rebel T2i. Pihak Canon sendiri mengklaim bahwa kamera DSLR Canon ini sanggup bertahan diberbagai cuaca serta cocok untuk pengambilan gambar sehari-hari didalam maupun luar ruangan. Format gambar yang bisa Anda dapatkan pada EOS 60D di antaranya adalah JPEG, RAW dan RAW + JPEG. Untuk media penyimpanan yang tersedia adalah SD, SDHC, dan SDXC card. Saat ini Canon EOS 60D dibanderol dengan harga Rp 11.860.000 untuk pasaran Indonesia. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel