Asiknya Berkamera-ria dengan Sony Nex 5N

18 Feb 2013 11:15 3132 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Siapa yang tidak mengenal vendor raksasa Sony. Perusahaan yang bergerak dibanyak bidang manufaktur ini seakan telah menjadi kelompok paling berpengaruh di pasar teknologi khususnya Indonesia. Sehingga, tidak heran apabila setiap kali peluncuran - peluncuran produk barunya selalu mendapat sambutan pasar yang sangat besar.

Siapa yang tidak mengenal vendor raksasa Sony. Perusahaan yang bergerak dibanyak bidang manufaktur ini seakan telah menjadi kelompok paling berpengaruh di pasar teknologi khususnya Indonesia. Sehingga, tidak heran apabila setiap kali peluncuran - peluncuran produk barunya selalu mendapat sambutan pasar yang sangat besar. Salah satunya adalah perilisan Sony Nex 5N, yang merupakan produk inovasi terbaru Sony di kategori kamera digital. Nex 5N sendiri merupakan penerus dari kakaknya yaitu Sony Nex 5 yang dirilis pada beberapa tahun yang lalu. Sony memang telah lama tidak melakukan penyegaran terhadap produk kamera di keluarga Nex miliknya. Tercatat tahun 2010 sebagai tahun terakhir Sony menghadirkan kamera berlabelkan Nex ke pasar Indonesia. Pada saat itu, Sony meluncurkan Nex 3 dan Nex 5 sebagai inovasi unggulan dikeluarga Sony Nex.

Beralih ke Sony Nex 5N, ia dirancang dengan desain yang tidak jauh berbeda dengan pendahulunya Nex 5, yang tampak mewah dan elegan. Dimensi bodinya berukuran 111 x 59 x 38 mm dengan bobot exclude lensa sebesar 269 gram. Penampilannya yang wah didukung dengan penggunaan material bodi berbahan magnesium alloy yang memiliki kualitas mapan nan solid. Magnesium alloy menyelimuti hampir keseluruhan tubuh kamera yang dikombinasi juga dengan polesan grip pada bagian muka kamera, sehingga ia sangat nyaman saat digenggam oleh hampir semua ukuran telapak tangan kebanyakan orang. Untuk navigasinya, Nex 5N dilengkapi beberapa tombol pada bagian belakang kamera sebagai tombol fungsi pengaturan, dan tersemat juga pada bagian atas kamera beberapa tombol fungsi lain, yang terdiri dari tombol review dan shutter yang sekaligus sebagai fungsi tombol power.

Sedangkan untuk layarnya, ia mengusung layar sentuh lipat yang dapat diatur lipatannya ke bawah dan ke atas. Selain mempermudah pengguna dalam melakukan pemotretan dengan sudut yang rendah hingga tinggi, layar tersebut juga membawa penampilan Sony Nex 5N menjadi lebih mewah dan ekslusif. Sementara itu, anda juga dapat melakukan beberapa hal terhadap fitur sentuh yang diusung layar tersebut, seperti mengakses navigasi pengaturan, menentukan titik fokus objek, hingga menggeser foto saat melakukan review layaknya sebuah layar smartphone.

Berbeda dengan pendahulunya Nex 5, Nex 5N hadir dengan kemampuan yang jauh lebih mapan. Dimana ia mengusung sensor lensa berkekuatan 16 Megapixels dengan tingkat sensitivitas sensor yang cukup tinggi. Selain itu, Sony Nex 5N juga dibekali rentang ISO mulai dari ekivalen ISO 100, 200, 400, 800, 1600, 3200, 6400, 12800, hingga ISO maksimalnya 25600. Bicara soal kualitas gambar, Nex 5N mampu menghasilkan gambar potret yang cukup baik. Dengan mengandalkan sensor berkekuatan 16 Megapixels yang diusungnya tersebut, ia sanggup menciptakan gambar yang halus, bersih, dan jernih. Bahkan dengan penggunaan ISO 1600 pun, gambar yang dihasilkan masih terbilang bagus, dimana noise yang mengganggu masih terminimalisir oleh Nex 5N. Selain itu, dengan penggunaan lensa berukuran 18 - 15 mm f / 3.5 - 5.6, dapat melakukan bidikan objek yang terbilang tajam. Nex 5N juga memiliki kecepatan shutter sebesar 30 - 1/4000 (detik).

Fitur lain yang dibawa oleh Sony Nex 5N yaitu tersedianya fitur Exposure, Apertur, White Balance, Speed, dan lain sebagainya. Fitur tersebut layaknya dimiliki oleh kamera-kamera DSLR, dan anda dapat memilikinya di kamera saku ini. Bagi yang kesulitan mengatur mode dan pengaturan pada saat akan memotret, pengguna dapat menggunakan mode standar yang disediakan oleh kamera, yaitu P, A, S dan M, serta tersedia juga fitur Intelligent Auto yang akan membantu anda melakukan pengaturan secara otomatis. Sendangkan untuk mempermudah dalam memilih mode potret, tersedia fitur Scene Selection yang dapat melakukan pemilihan mode secara otomatis sesuai dengan kondisi pada lingkungan objek. Untuk meminimalisir blur pada gambar, digunakan Opsi Anti Motion Blur pada kamera. Sehingga, pengguna tidak perlu ragu - ragu dalam memotret ketika kamera dalam kondisi berguncang. Selain itu, ada pula fitur Sweep Panorama yang memungkinkan pengguna untuk memotret objek jauh lebih luas dari ukuran standar. [HRS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel