Duel Android Murah - Cross-X Touchmate AD350 VS Huawei U8180 IDEOS X1

6 Nov 2011 13:00 5246 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Beberapa waktu yang lalu bursa ponsel domestik kita diramaikan oleh ponsel-ponsel yang meniru tampilan BlackBerry, karena BlackBerry sempat merajai pasal ponsel tanah air. Namun trend berubah, sekarang masyarakat Indonesia, mungkin termasuk Anda, mulai banyak yang melirik ponsel berbasis robot ijo alias Android.

Beberapa waktu yang lalu bursa ponsel domestik kita diramaikan oleh ponsel-ponsel yang meniru tampilan BlackBerry, karena BlackBerry sempat merajai pasal ponsel tanah air. Namun trend berubah, sekarang masyarakat Indonesia, mungkin termasuk Anda, mulai banyak yang melirik ponsel berbasis robot ijo alias Android.

Hal ini tentunya juga dilirik vendor-vendor ponsel lokal. Untuk memenuhi kebutuhan pasar, vendor-vendor lokal pun mulai berbondong-bondong membuat ponsel Android khususnya bagi Anda yang ingin mencicipi Android dengan harga murah.

Nah, kali ini Paseban akan memberikan review dua ponsel murah Android keluaran lokal untuk Anda, Cross-X Touchmate AD350 VS Huawei U8180 IDEOS X1. Kira-kira, siapa pemenang dari perbandingan Cross-x AD350 dengan IDEOS X1 ini?

Desain

Cross-X AD350 dibalut oleh warna hitam yang kental dengan kesan maskulin. Material plastik solid kesat yang digunakan membuat Anda mudah menggenggam ponsel ini. Empat tombol sentuh yang sensitif dan tombol tekan menyerupai butiran berlian membuat ponsel ini terlihat lumayan mewah. Ponsel ini hadir dengan dimensi 198,5 x 127 x 16,8 mm dan layar TFT resistive touchscreen sebesar 3,5 inchi.

Saingannya Huawei IDEOS X1 juga sama-sama berbahan plastik. Ponsel ini hadir dengan warna hitam dof, namun tambahan chrome di sekitar tepiannya membuat ponsel ini tak kalah elegan dengan Cross-X Touchmate AD350, malah Huawei U8180 IDEOS X1 terlihat lebih elegan. Ponsel ini hadir dengan dimensi 116 x 60 x 12 mm dan layar TFT capasitive touchsreen sebesar 2,8 inchi.

Baterai

Di sisi kemampuan baterai, kedua ponsel ini bersaing cukup ketat. Cross-X Touchmate AD350 menggunakan baterai Lithium ion 1450 mAh dengan waktu bicara hingga 7 jam. Sedangkan Huawei U8180 IDEOS X1 menggunakan baterai Lithium ion 1200 mAh dengan waktu bicara hingga 6 jam. Untuk yang satu ini, Huawei sedikit tertinggal ya dari Cross.

Konektivitas dan Kamera

Untuk urusan konektivitas, Huawei U8180 IDEOS X1 lebih unggul daripada Cross-X Touchmate AD350. Mengapa? Huawei U8180 IDEOS X1 fitur koneksinya terbilang lengkap. Jaringan yang digunakan menggunakan jaringan HSDPA 7.2 Mbps. Ponsel ini juga dilengkapi WiFi 802.11 dan WiFi Hotspot. Selain itu, terdapat Bluetooth v2.1 with A2DP, EDR, USB microUSB v2.0 juga dilengkapi GPS dengan A-GPS Support. Dengan kelengkapan fitur koneksi ini, dipastikan Anda akan nyaman ketika menggunakan internet, GPS receiver dengan Google Maps dan software navigasinya sangat bermanfaat untuk Anda, selain itu Bluetooth-nya dapat dihubungkan dengan handsfree headset. Cukup oke kan?!

Sedangkan Cross-X Touchmate AD350 bisa dibilang kurang oke. Fitur koneksinya hanya dilengkapi dengan kemampuan sebatas EDGE, belum merambah dunia 3G. Walaupun dilengkapi juga dengan WiFi, Wireless Tetehering, USB, dan Bluetooth fitur koneksi Cross-X Touchmate AD350 tetapi di segi konektivitas, ponsel ini tertinggal jauh dari Huawei U8180 IDEOS X1.

Kamera yang digunakan Cross-X Touchmate berkekuatan 3 MP, sedangkan untuk video didukung kekuatan WVGA. Ada beberapa fitur kamera yang melengkapi ponsel ini seperti auto focus dan white balance. Untuk mengakses kamera, Anda dapat menggunakan tombol shutter virtual, karena opsi tombol sentuhnya hanya optimal ketika Anda menggunakan stylus.

Untuk Huawei U8180 IDEOS X1 mempunyai kamera berkekuatan 3.15 MP. Sayangnya, kamera pada ponsel ini tidak didukung dengan fitur auto focus seperti pada Cross-X Touchmate AD350. Pada Huawei U8180 IDEOS X1 fitur kameranya hanya dilengkapi zoom, white balance, geo-tagging, dan pengaturan kualitas gambar saja.

Walaupun kameranya sama-sama tidak didukung flash, menurut Paseban kamera Cross-X Touchmate AD350 sedikit lebih unggul jika dibandingkan kamera pada Huawei U8180 IDEOS X1.

Kesimpulan

Harga Huawei U8180 IDEOS X1 memang sedikit lebih mahal, yaitu Rp 1.150.000,- sedangkan Cross-X Touchmate AD350 seharga Rp 1.000.000, namun fitur yang ditawarkan lebih mumpuni. Huawei U8180 IDEOS X1 dapat dibilang lebih baik karena fitur koneksinya yang lebih lengkap dan ketika digunakan pun koneksi dari Huawei U8180 IDEOS X1 lebih stabil dibandingkan Cross-X Touchmate AD350. Namun, Cross-X Touchmate AD350 juga cukup lumayan, fitur kameranya sedikit lebih baik jika dibandingkan Huawei U8180 IDEOS X1.

Huawei U8180 IDEOS X1 dan Cross-X Touchmate AD350 sudah sama-sama didukung OS Android 2.2 Froyo. Untuk Anda yang ingin menikmati sensasi Android namun terbatas pada budget yang tersedia, kedua ponsel Android murah ini dapat menjadi alternatif pilihan untuk Anda coba. [QR]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel