Manfaatkan Hobi Bermusik Lewat Value Added Service Di Gadget Anda

5 Sep 2011 08:05 5495 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Anda hobi bermusik? Sebagai pemilik gadget mungkin selama ini Anda hanya memanfaatkan perangkat Anda untuk mendengarkan MP3. Sebenarnya ada fasilitas dari operator Anda yang mungkin tak tersentuh dan masih awam bagi Anda.

Anda hobi bermusik? Sebagai pemilik gadget mungkin selama ini Anda hanya memanfaatkan perangkat Anda untuk mendengarkan MP3. Sebenarnya ada fasilitas dari operator Anda yang mungkin tak tersentuh dan masih awam bagi Anda.

Melalui fasilitas Value Added Service, para operator sebenarnya sudah membuat terobosan layanan bagi Anda yang hobi bermusik. Value Added Service sendiri merupakan layanan tambahan pada operator di luar layanan utama (SMS atau telepon). Salah satu jenis layanan ini mungkin pernah Anda gunakan, namun Anda tidak menyadari bahwa layanan yang Anda gunakan merupakan bagian dari Value Added Service.

Anda mungkin beruntung karena ketiga operator terbesar di Indonesia telah menyediakan layanan khusus bagi hobi Anda ini. Baik Telkomsel, XL maupun Indosat rupanya menyadari bahwa dunia musik berkembang sangat dinamis dan tidak akan ketinggalan peminatnya. Berikut ini merupakan review dari Paseban mengenai layanan musik di Value Added Service operator di Indonesia.

XL MUSIC LIVE

XL terus berkomitmen untuk memanjakan para pelanggannya melalui layanan XL Music Live. Dengan layanan ini, maka Anda bisa mendengarkan berbagai pilihan musik sesuai dengan channel atau kategori pilihan Anda.

Untuk menggunakan layanan ini, Anda harus berlangganan terlebih dahulu. XL menyediakan dua paket sekaligus, yakni Pay as You Use (PAYU), dimana Anda membayar sesuai dengan yang Anda gunakan dengan tarif Rp 200/menit. Paket lainnya yaitu paket berlangganan dengan biaya Rp 1500/30 menit per hari. Anda cukup melakukan panggilan ke nomor 234 dan memilih paket mana yang Anda minati. Untuk berlangganan PAYU pilih 23401.

Anda bisa menikmati berbagai pilihan lagu dari berbagai genre musik, seperti disco, jazz, dangdut, pop, rock, R&B, lagu rohani maupun lagu daerah. Pelanggan bisa memasukkan lagu pilihannya ke dalam album hanya dengan menekan tanda bintang (*).

Kelebihan dari layanan ini adalah bisa dinikmati oleh siapa saja, pelanggan tidak harus menggunakan handphone dengan spesifikasi tertentu. Semua handphone dari yang low-end hingga yang high-end bisa menggunakan layanan ini. Adapun untuk berhenti dari layanan XL Music Live, cukup menekan angka 88 dan masuk ke dalam menu bantuan dan menekan angka 2.

INDOSAT ARENA MUSIK STORE

Indosat juga menghadirkan layanan Value Added Service untuk Anda yang hobi bermusik yang bernama Arena Musik Store. Layanan ini seperti rental musik player atau musik sewa yang pertama di dunia. Para pelanggan bisa mendapatkan lagu-lagu favorit terbaru tiap hari sekaligus diberikan update terbarunya tentang dunia musik. Sayangnya, aplikasi ini hanya diperuntukkan bagi pengguna BlackBerry dan download yang dibatasi maksimal 5 lagu per harinya. Tapi untuk masalah kualitas jangan tanya, kualitas musik yang Anda download disini dipastikan bagus dengan kualitas suara yang jernih.

Jika Anda tertarik dengan layanan ini, Anda bisa berlangganan dengan cara harus men-download aplikasi Arena Musik Store terlebih dahulu. Setelah itu, Anda tinggal memilih paket mana yang akan Anda gunakan. Dalam layanan ini Indosat menyediakan tiga paket, yakni Paket Harian Rp 1.100 dengan masa berlaku 1 hari, Paket Mingguan Rp 5.500 dengan masa berlaku 7 hari dan Paket Bulanan Rp 16.500 dengan masa berlaku 30 hari.

Untuk berhenti berlangganan, Anda diharuskan unregister dari layanan ini, jika tidak maka akan dilakukan perpanjangan otomatis setelah ada SMS notifikasi dari pihak Indosat.

LANGIT MUSIK TELKOMSEL

Jika dibandikngkan dengan XL dan Indosat, sepertinya Telkomsel bisa dibilang paling siap menyediakan fasilitas layanan Value Added Service dalam bermusik. Langit Musik adalah fasilitas toko musik digital yang dipersembahkan untuk pelanggan yang ingin menikmati musik secara utuh dengan kualitas yang bagus.

Tak tanggung-tanggung, Telkomsel sudah memiliki database sekitar 10.000 lagu dari berbagai genre musik yang siap diunduh. Telkomsel juga menggandeng 48 mitra perusahaan label rekaman dan penyedia konten musik untuk menunjang layanan ini. Adapun perusahaan yang digandeng Telkomsel dalam layanan ini adalah Sony Music Indonesia, Warner Music, Musica Studio, Trinity Optima dan perusahaan.

Tertarik? Anda bisa langsung mengunduhnya dari ponsel Anda dengan memanfaatkan jaringan 3G atau 3,5 G. Atau untuk memudahkan dalam mengunduh lagu, Telkomsel juga memfasilitasi para pelanggannya dengan UMB *616#, WAP (www.langitmusik.com/wap), dan SMS ke ADN 6161.

Kedepannya, Telkomsel akan melengkapi Langit Musik dengan layanan lain yang terkait dengan musik, seperti ringtone, truetone, video klip, tiket konser, merchandise, dan sebagainya.

Mengenai masalah tarif, setiap lagu yang diunduh sudah ditambah dari DRM (Digital Rights Management - red) pelanggan hanya dikenakan tarif Rp 5.000. Sementara pelanggan yang ingin menikmati lagu secara temporer selama 30 hari hanya dikenakan tarif Rp 3.000.

Dari layanan Value Added Service ketiga operator dalam bermusik, Paseban menilai bahwa Telkomsellah yang kami rekomendasikan untuk Anda. Karena Telkomsel lebih banyak mempunyai database lagu dengan tarif yang cukup terjangkau. Hanya saja, fasilitas ini terbatas bagi pengguna yang memiliki perangkat dengan fasilitas 3G. HJ

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel