T2 Mood Tracker & PTSD Coach - Aplikasi Diagnosis Kondisi Psikologis

14 Aug 2011 11:17 4222 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kondisi psikologis seseorang kini bisa diketahui hanya lewat sebuah smarthphone. Lewat bantuan aplikasi bernama T2 Mood Tracker & PTSD Coach maka kondisi psikologis seseorang bisa diketahui tanpa melalui seorang psikiater.

"Pentagon dan Veteran Affairs Department memanfaatkan aplikasi smartphone untuk menolong prajurit yang mengalami trauma setelah kembali dari perang. Aplikasi seperti T2 Mood Tracker, PTSD Coach dan Breath2Relax mereka manfaatkan untuk membantu para personel militer me-manage trauma dan gejala PTSD (Post-Traumatic Stress Disorder) mereka."

Begitulah berita yang Paseban baca di salah satu situs berita luar negeri. Hal yang Paseban lakukan setelah membaca berita tersebut adalah mencari tahu lebih detail tentang ketiga aplikasi tersebut. Paseban menemukan dua aplikasi T2 Mood Tracker dan PTSD Coach di Android Market.

Sementara Breath2Relax adalah aplikasi untuk iPhone dan iPad, dan Paseban tidak bisa mencobanya.

Paseban meng-install kedua aplikasi untuk Android tersebut lalu mencobanya. Aplikasi smartphone ini memang tidak bisa menggantikan fungsi konseling oleh psikiater atau mendiagnosa penyakit psikologis apa yang diderita oleh seseorang, tapi aplikasi ini bisa sedikit membantu psikiater.

Contoh, ketika menggunakan T2 Mood Tracker, seseorang bisa mengisi bagaimana mood keadaan psikologis dirinya sehari-hari, data ini bisa membantu psikiater yang tidak bisa selalu ada disamping orang tersebut setiap hari.

Untuk digunakan secara individu tanpa bantuan psikiater, apabila penyakit psikologis yang diderita oleh pengguna parah, nampaknya aplikasi tidak akan efektif. Namun apabila itu hanyalah masalah psikologis, dan bukan dikategorikan sebagai penyakit, kedua aplikasi digunakan secara bersamaan bisa sangat membantu.

Saat mencoba PTSD Coach, selain berisi pertanyaan-pertanyaan untuk menghasilkan suatu diagnosa, Paseban menemukan aplikasi ini juga berisi informasi tentang apa itu post-traumatic stress disorder, bahkan juga tutorial tentang cara pernafasan yang bisa membantu pengguna tenang.

Paseban tidak bisa menjawab apakah aplikasi ini bisa digunakan oleh orang selain prajurit yang mengalami PTSD. Namun saat Paseban mencoba kedua aplikasi Android ini, Paseban menemukan beberapa fitur yang menarik. Penasaran? silakan Anda coba sendiri. RY

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel