Review Motherboard Asus B85 Vanguard (TUF Series): Termurah tapi Bukan Murahan

22 Jun 2016 13:00 39140 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Motherboard Asus B85 Vanguard adalah varian motherboard termurah dari jajaran keluarga TUF Series yang mengutamakan durabilitas, berkat berbagai fitur dan komponen kualitas tinggi yang digunakannya.

Mengikuti tren belakangan ini, ketika para vendor motherboard mulai membuat branding lini produk yang mengutamakan durabilitas, Asus pun ikut meramaikan pasar dengan melepas beberapa motherboard dalam lini produk TUF Series. Nama branding TUF adalah singaktan dari The Ultimate Force. Ketika dieja sebagai akronim Inggris, TUF bisa diucapkan homofon dengan kata tough yang berarti ‘kokoh’.

Salah satu motherboard seri TUF ini adalah Asus Vanguard B85. Seperti namanya, motherboard ini menggunakan chipset B85 yang sejatinya diperuntukkan bagi komputer kelas bisnis dan perkantoran. Namun begitu, motherboard ini mendapat fitur pendukung durabilitas ekstra sebagai bagian dari TUF series.

Menggunakan chipset yang lebih rendah dari beberapa varian model sejawatnya, motherboard ini bisa didapatkan dengan harga yang relatif lebih murah. Namun tentunya tetap dengan menjaga fitur durabilitas standar TUF series.

Desain dan Dimensi Fisik 4

Review Motherboard Asus B85 Vanguard (TUF Series): Termurah tapi Bukan Murahan

Sekilas melihat motherboard Asus Vanguard B85 akan mengingatkan pada produk asus yang lain, Asus B85 Trooper. Tak heran memang karena keduanya berasal dari jajaran TUF yang sama dan menggunakan basis chipset yang sama namun dengan dimensi fisik berbeda.

Papan sirkuit Asus Vanguard B85 dicetak dengan form factor micro ATX, berdimensi 30,5 cm x 18 cm sehingga berwujud lebih compact daripada motherboard lain—termasuk B85 Trooper—yang menggunakan form factor ATX penuh. Keunggulan form factor ini adalah bisa dimasukkan ke dalam casing-casing murah berdimensi kecil tanpa kendala yang berarti.

Papan sirkuit motherboard berwarna coklat gelap sementara variasi warna yang digunakan adalah coklat mudah kekuningan (beige). Paduan warna ini seolah meniru warna seragam dan motif kamuflase serdadu Amerika atau meniru warna pegunungan batu kapur yang kecoklatan.

User Rating

0.0
0 Ratings
5
0
0
4
0
0
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

4.0
Good

Summary

Motherboard Asus B85 Vanguard adalah varian motherboard termurah dari jajaran keluarga TUF Series yang mengutamakan durabilitas, berkat berbagai fitur dan…

Tags Asus

About The Author

Shafwan Nugraha 78
Professional

Shafwan Nugraha

Kontributor Plimbi. Level 70 Conjurer Mage lulusan College of Winterhold.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel