Review Motherboard Asus Z170 Pro Gaming: 3 Slot PCI-Express, Dukungan DDR4, dan SATA Express

19 Sep 2016 20:00 59560 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Motherboard Asus Z170 Pro Gaming adalah varian motherboard seri "Pro Gaming" dengan chipset Z170, yang dilengkapi 3 slot PCI-Express dan dukungan penuh memori DDR4.

Chipset Z170 saat ini menjadi chipset tertinggi untuk jajaran prosesor-prosesor Intel. Chipset ini biasanya digunakan untuk motherboard-motherboard yang diekspektasikan memberi performa terbaik di kelasnya. Maka dari itu, tak heran jika chipset ini banyak dipakai untuk basis motherboard kelas gaming dan overclocker.

Asus Z170 Pro Gaming adalah salah satu contoh motherboard gaming yang menggunakan chipset Z170. Secara desain dan penampilan, motherboard ini bertampang mirip dengan adiknya yang menggunakan chipset H170 juga dengan branding “Pro Gaming” series.

Namun begitu, tentu Asus Z170 Pro Gaming memiliki berbagai kelebihan dibanding adiknya itu, juga jika dibandingkan dengan motherboard dari vendor lain. Apa saja fitur dan keunggulan yang dibawanya?

Desain dan Dimensi Fisik 4

Review Motherboard Asus Z170 Pro Gaming: 3 Slot PCI-Express, Dukungan DDR4, dan SATA Express

Dengan dimensi 30,5 cm x 24,4 cm, motherboard Asus Z170 Pro Gaming menggunakan form factor ATX. Dimensi yang cukup besar menyebabkan motherboard ini sulit dimasukkan ke dalam casing standar yang berukuran micro ATX. Maka, siapkanlah casing yang ATX compatible untuk motherboard ini.

Dari sisi desain penampilan sendiri, motherboard ini sangat-sangat mirip dengan saudaranya yang menggunakan chipset H170. Papan sirkuitnya menggunakan warna dominan hitam sementara dekorasi komponen menggunakan kombinasi warna merah dan hitam. Dekorasi ini tampak pada penutup heatsink chipset dan penutup kapasitor, yang juga dilengkapi lempengan logam bertatahkan branding “Pro Gaming”.

Perbedaan fisik antara H170 Pro Gaming dengan Z170 Pro Gaming bisa dilihat lebih detail pada susunan ports pada panel belakang, dan jumlah slot PCI-express yang terpasang pada masing-masing motherboard.

Motherboard gaming biasanya diekspektasikan memberikan performa tinggi dengan memanfaatkan kapasitas maksimal dari tiap komponen motherboard tersebut. Dan untuk menjaga kualitas motherboard gaming ini, Asus menerapkan beberapa fitur dan teknologi durabilitas dalam paket “Gamer’s Guardian” seperti ESD (Electrostatic Discharge) Guard pada soket LAN, Audio, Keyboard, Mouse, dan port USB, DRAM OverCurrent Protection, High Durable Components, dan DIGI+ VRM.

User Rating

4.0
2 Ratings
5
0
0
4
2
2
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

3.0
Average

Summary

Motherboard Asus Z170 Pro Gaming adalah varian motherboard seri "Pro Gaming" dengan chipset Z170, yang dilengkapi 3 slot PCI-Express dan…

About The Author

Shafwan Nugraha 75
Professional

Shafwan Nugraha

Kontributor Plimbi. Level 70 Conjurer Mage lulusan College of Winterhold.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel