Ducky Shine 5, Mechanical Keyboard Berlampu RGB dari Ducky

22 Apr 2016 16:43 29631 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tidak ingin kalah dengan kompetitornya, Ducky sekarang mengeluarkan keyboard RGB-nya sendiri

Bagi Anda yang sedang mencari mechanical keyboard sekarang ini, banyak merek yang direkomendasikan untuk Anda. Seperti Corsair dengan mechanical keyboard unggulannya seri K dan Strafe, Razer dengan Black Widow-nya, SteelSeries dengan seri Apex-nya, Logitech dengan seri G-nya dan Ducky dengna seri Shine-nya.

Dari sekian banyak merek di atas, disini saya ingin mencoba untuk mengulas salah satu merek yang telah saya tuliskan di atas yakni Ducky, dengan seri terbarunya adalah Ducky Shine 5.

Seperti yang sudah banyak diketahui orang-orang, merek keyboard Ducky adalah merek yang berasal dari Taiwan dengan nama perusahaannya adalah Ducky.

Banyak keyboard yang dibuat oleh perusahaan ini disukai oleh banyak penggunanya karena beberapa alasan.

Alasan yang pertama adalah dari segi harga, keyboard buatan Ducky selalu memiliki harga yang relatif murah dibandingkan mechanical keyboard buatan perusahaan lain.

Selain harga, kualitas dari keyboard Ducky juga memang tidak perlu diragukan lagi karena semua keyboard buatan Ducky ini selalu dibuat menggunakan material dengan kualitas yang baik.

Disamping harga dan kualitas, Ducky juga memiliki kelebihan dibandingkan mechanical keyboard lainnya dimana untuk mengatur keyboard ini, Anda tidak membutuhkan software apapun. Tidak seperti Razer, Corsair dan juga SteelSeries yang harus menggunakan program terlebih dahulu.

Setelah lama berkompetisi di industri mechanical keyboard, kini Ducky telah mengeluarkan satu produk terbarunya yang sekaligus menjadi produk andalannya bernama Ducky Shine 5 yang sudah dilengkapi dengan lampu RGB demi mengikuti perkembangan zaman.

Desain 4

Sama seperti kebanyakan keyboard untuk gaming, Ducky Shine 5 memiliki desain yang tujuannya adalah memberikan kenyamanan senyaman mungkin bagi para penggunanya.

Dari segi dimensi, Ducky Shine 5 berukuran 460 x 154 x 34 mm yang jika dibandingkan dengan beberapa mechanical keyboard merek lain, keyboard ini memiliki panjang yang jauh lebih panjang, namun memiliki lebar yang lebih pendek.

Pada bagian muka dari keyboard ini, kita dapat melihat bahwa keyboard ini memiliki permukaan dengan bahan yang terbuat dari plastik. Bahkan kalau di cek secara keseluruhan, bodi dari keyboard ini memang hampir seluruhnya terdiri dari plastik.

Sesuai dengan namanya Ducky Shine 5 RGB, keyboard ini dapat menyala, dan menyalanya itu bukan sembarang menyala, melainkan menyala dengan lampu LED yang warnanya sendiri tidak hanya satu atau dua warna saja melainkan menggunakan warna RGB yang jumlahnya adalah 16 juta warna.

Untuk keycap dari Ducky Shine 5 ini dibuat dari dua jenis plastik dengan warna berbeda yang kemudian diberi nama “ABS Double-Shot Keycap.”

Hal tersebut membuat keycap pada Ducky Shine 5 ini memiliki ketahanan yang kuat serta pemancaran cahaya layaknya cahaya pada keyboard-keyboard berbahan ABS lainnya.

Masuk ke bagian lebih dalam lagi, yaitu bagian switch-nya; disini kita akan dapat menemukan Switch bertipe Cherry MX yang juga menjadi alasan kenapa keyboard ini disebut sebagai mechanical keyboard.

Melihat dari ukurannya, keyboard ini menurut saya termasuk keyboard yang ramping dan ringan dimana ketebalannya hanyalah 34mm saja dan bobotnya hanya 1.3kg saja.

Pada bagian belakang keyboard ini, seperti biasa kita akan menemukan sebuah logo Ducky yang besar, lubang USB untuk menghubungkan kabel dari keyboard, serta sebuah stiker indentitas dari keyboard Ducky Shine 5 ini.

Selain itu jika kita lihat lagi, Ducky Shine 5 ini pada bagian belakangnya memiliki dua kaki penyangga yang ternyata bisa dilepas sehingga kita tidak akan tidak merasa nyaman ketika menggunakan keyboard ini.

Oh iya, Switch yang tersedia untuk Ducky Shine 5 ini juga terbilang lengkap yakni 5 jenis switches.

User Rating

3.0
1 Ratings
5
0
0
4
0
0
3
1
1
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

4.0
Good

Summary

Tidak ingin kalah dengan kompetitornya, Ducky sekarang mengeluarkan keyboard RGB-nya sendiri
Tags

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel