Review Sapphire Radeon HD 5450 1GB: Murmer untuk Akselerasi Mutlimedia

21 Mar 2016 15:10 51109 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Radeon HD 5450 dari Sapphire adalah kartu grafis low-end dengan harga murah meriah yang mengutamakan kapabilitas akselerasi multimedia, video encoding, dan mendukung pengolahan grafis 3D untuk aplikasi ketimbang game.

Harus diakui, bahwa tidak semua orang sanggup membeli kartu grafis high-end dengan performa tingkat dewa. Ini karena harga kartu-kartu grafis semacam itu biasanya sudah berada di skala juta-jutaan bahkan sampai belasan juta.

Beberapa orang hanya membutuhkan kartu grafis tambahan untuk meningkatkan kemampuan olah grafis dan multimedia komputer mereka, sambil sekali-kali digunakan untuk memainkan game-game ringan atau game-game bergrafis 3D keluaran lawas.

Dan untuk keperluan itu, menginvestasikan rupiah sampai berjuta-juta tentu bisa dibilang penghamburan. Tidak semua orang juga punya anggaran sedemikian untuk membeli kartu grafis.

Beberapa vendor kartu grafis, termasuk Sapphire, membaca kondisi ini dengan merilis produk kelas low-end dan low-performance. Sapphire misalnya, memiliki kartu grafis berbasis Radeon HD5450 dengan memori 1 GB GDDR ini.

Desain dan Dimensi Fisik 3

Review Sapphire Radeon HD 5450 1GB: Murmer untuk Akselerasi Mutlimedia

Sekali lagi, kita berbicara tentang sebuah kartu grafis low-end dengan harga jual yang murah. Biasanya, vendor tidak mendesain penampilan produk di rentang harga murah dan dengan penampilan yang spesial.

Dan begitulah pula penampilan kartu grafis Sapphire Radeon HD5450. Tampak sangat utilitarian dan praktis. Tidak ada variasi model atau dekorasi pada layout dan komponennya. Tidak ada juga permainan aksen warna tertentu. Secara visual tampak bahwa kartu grafis ini dikonstruksi dengan simpel, hanya terdiri dari papan sirkuit PCB dan perangkat pendingin pasif berupa logam heatsink diwarna hitam.

Unit kartu grafis ini berdimensi 16,8 cm x 72,87 cm dengan ketebalan 2,5 cm. Dimensinya ringkas, ramping, dan praktis. Dimensi kartu ini bisa dimasukkan ke dalam casing kecil ukuran microATX sekalipun.

User Rating

3.0
1 Ratings
5
0
0
4
0
0
3
1
1
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

3.0
Average

Summary

Radeon HD 5450 dari Sapphire adalah kartu grafis low-end dengan harga murah meriah yang mengutamakan kapabilitas akselerasi multimedia, video encoding,…
Tags komputer

About The Author

Shafwan Nugraha 75
Professional

Shafwan Nugraha

Kontributor Plimbi. Level 70 Conjurer Mage lulusan College of Winterhold.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel