Review Spesifikasi dan Performa Sapphire R7 250X 1 GB DDR5

17 Feb 2016 14:00 20199 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sapphire R7 250X 1GB DDR5 adalah kartu grafis gaming kelas entry-level seharga Rp 1 juta 500 ribuan yang memberikan performa dan pendinginan yang baik.

Sejak Radeon memperkenalkan kartu grafis Rx 300 series, para vendor kartu grafis pun mulai beralih memproduksi kartu grafis generasi baru itu. Namun demikian, kartu grafis generasi 200 series masih belum bisa dilepaskan dari pasaran karena memang masih banyak pula vendor yang memproduksinya serta ketertarikan dan daya serap pasar yang masih tinggi.

Ketika Radeon Rx 300 series sekarang mulai menjajaki pasar kartu grafis untuk segmen mid-range dan mainstream gaming, Radeon Rx 200 series masih banyak diminati untuk segmen kartu grafis low-end dan entry level.

Sapphire misalnya, yang dikenal sebagai produsen kartu grafis yang sangat loyal pada AMD Radeon, masih memproduksi kartu grafis Radeon R7 250 dengan memori sebesar 1 GB DDR5. Sapphire Radeon R7 250 1GB D5 adalah kartu grafis entry-level yang masih bersaing ketat dengan kartu grafis berbasis sama dari vendor lain.

Desain dan Dimensi Fisik 4

Review Spesifikasi dan Performa Sapphire R7 250X 1 GB DDR5

Sapphire Radeon R7 250X 1GB GDDR5 adalah kartu grafis entry-level yang diekspektasikan untuk menjalankan beberapa game modern dengan setting grafis yang cukup memuaskan meskipun tidak sampai maksimum.

Dimensi fisik kartu grafis ini berukuran 15,5 cm x 10,4 cm dengan ketebalan 3,5 cm. Dimensi panjang kali lebarnya sendiri cukup kompak dan ringkas karena memang tidak membutuhkan komponen sebanyak kartu grafis kelas yang lebih tinggi. Kelebihannya, dengan dimensi yang ramping, kartu ini bisa dimasukkan ke dalam casing PC desktop ukuran kecil yang banyak digunakan belakangan ini. Kartu grafis kelas atas yang berukuran lebih besar biasanya sulit bahkan beberapa mustahil diselipkan ke dalam ruang dalam casing Micro ATX yang sempit, namun kartu ini seharusnya tanpa masalah.

Kartu ini berukuran lumayan tebal berhubung kipas dan heatsink unit pendinginnya yang berukuran lumayan besar. Oleh karena itulah, kartu ini menggunakan dua slot panel belakang casing untuk mengakomodasi colokan konektor dan ventilasi udara—yang menurut saya tidak terlalu berguna.

Secara penampilan, desainer produk Sapphire cerdik merancang bentuk heatsink dan rumah kipas pendingin sehingga penampilan kartu ini tampak rapi, kompak, dan tidak melompong seperti kebanyakan kartu grafis entry-level lain di rentang harga yang sepantarannya.

User Rating

0.0
0 Ratings
5
0
0
4
0
0
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

4.0
Good

Summary

Sapphire R7 250X 1GB DDR5 adalah kartu grafis gaming kelas entry-level seharga Rp 1 juta 500 ribuan yang memberikan performa…
Tags komputer

About The Author

Shafwan Nugraha 75
Professional

Shafwan Nugraha

Kontributor Plimbi. Level 70 Conjurer Mage lulusan College of Winterhold.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel