Review Spek ECS Liva Core M: PC Mungil dan Senyap dengan Intel Core M

4 Feb 2016 20:00 15564 Hits 5 Comments Approved by Plimbi
ECS Liva Core M adalah unit mini PC berprosesor Intel Core M 5Y10c yang bertenaga namun tetap irit daya dan bekerja dengan senyap karena berpendingin pasif.

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa ECS yang biasanya dikenal sebagai produsen pheripheral (komponen) PC desktop, kini memiliki jajaran produk PC mini yang telah rilis sejak kwartir awal tahun 2015 kemarin. ECS memberi nama jajaran PC mini-nya sebagai Liva.

ECS memiliki beberapa model mini PC pada jajaran Liva. Salah satunya adaah Liva Core M yang menggunakan prosesor Intel Core M 5Y10c namun berpendingin pasif alias tanpa kipas pendingin. Implikasi dari pendingin ini adalah efisiensi listrik yang lebih baik serta kesenyapan PC mini tersebut ketika bekerja.

Akan tetapi, permasalahan umum dari sistem komputer dengan pendingin pasif adalah panas. Nah, bagaimanakah performa ECS Liva Core M, terutama kemampuannya menjaga panas dan performa yang stabil?

Desain dan Dimensi Fisik 4

Review Spek ECS Liva Core M: PC Mungil dan Senyap dengan Intel Core M

ECS merancang Liva Core M sebagai sistem komputer mini yang ringkas dan efisien. Bodi unit PC ini hanya berdimensi 13,6 cm x 8,4 cm dengan ketebalan 3,8 cm. Dimensi PC ini sangat ringkas dan bisa diletakkan di mana saja, bahkan di tempat-tempat sempit.

Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang mengincar PC Mini dari ECS ini untuk keperluan membangun smart home theatre atau komputer rumahan yang utamanya untuk hiburan dan browsing internet.

Desain bodi ECS Liva Core M juga cukup menarik. Bentuk primernya kotak seperti bata, namun dengan lekukan sudut yang diperlembut. Poin menariknya dari casing unit PC mini ini adalah bagian atasnya yang transparan, memperlihatkan komponen jeroannya yang sangat simpel—berhubung menggunakan platform SoC (system on a chip).

User Rating

3.0
1 Ratings
5
0
0
4
0
0
3
1
1
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

3.0
Average

Summary

ECS Liva Core M adalah unit mini PC berprosesor Intel Core M 5Y10c yang bertenaga namun tetap irit daya dan…
Tags komputer

About The Author

Shafwan Nugraha 75
Professional

Shafwan Nugraha

Kontributor Plimbi. Level 70 Conjurer Mage lulusan College of Winterhold.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel