Review Spek dan Performa MSI GeForce GTX970 Gaming 4GB

30 Jan 2016 16:50 10015 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ketika tidak semua orang mampu membeli GTX980, banyak yang berpaling ke GTX970. MSI GTX970 Gaming 4 GB adalah alternatif yang lebih murah.

Para gamer, pemerhati teknologi, dan pehobi hardware komputer pasti tahu GPU seri GTX 980 dari Nvidia. Teknologi GPU yang berbasis arsitektur Maxwell tersebut pertama kali diperkenalkan pertengahan tahun kemarin, dan telah membuktikan keandalannya dalam berbagai pengujian dan review yang dilakukan media maupun individu.

Namun sayang, kartu grafis berbasis GTX980 bukan harga yang bisa ditebus semua orang. Maka tidak heran jika tidak sedikit orang yang berpaling ke GTX 900 series yang lebih murah, semisal GTX 970.

MSI sebagai salah satu vendor kartu grafis yang namanya sudah terkenal mengeluarkan komponen-komponen berkualitas, juga memiliki produk MSI GTX 970 Gaming 4GB. Membawa kode nama GTX970 berarti kartu grafis ini berada satu tingkat di bawah GTX980. Kartu ini membawa komponen dan teknologi yang serupa, tapi tentunya dengan konfigurasi yang berbeda dari kakaknya yang lebih mahal itu. Berikut ini adalah ulasan spesifikasi hardware dan performa MSI GTX 970 Gaming 4GB

Desain Produk dan Dimensi Fisik 4

Review Spek dan Performa MSI GeForce GTX970 Gaming 4GB

Hati-hati tertukar! Secara fisik, penampilan kartu grafis MSI GTX 970 Gaming 4GB ini sangat-sangat mirip dengan saudaranya sekeluarga “Gaming” yang lebih kencang, MSI GTX 980 4GB, ataupun dengan adiknya yang lebih kecil, MSI GTX 960 4GB dan MSI GTX 950 2GB. Kemiripan bentuk fisik dan desain visual itu terutama terlihat dari bentuk heatsink dan kipas pendingin, serta motif dekorasi dan pilihan warna aksen penutup heatsink tersebut.

Namun begitu, setelah diamati lebih saksama, tentu terlihat beberapa perbedaan di antara keempat model tersebut. Mulai dari tata letak dan ketersediaan ports, ukuran papan sirkuit, dan ketersediaan backplate.

Tampil dengan kartu papan sirkuit berwarna hitam, plus penutup heatsink yang juga hitam, bodi kartu grafis ini mendapat aksen warna merah terang yang bisa membuat orang menyangka bahwa kartu ini berbasis GPU Radeon. Asumsinya, kombinasi warna merah + hitam = Radeon, sedangkan hijau + hitam = Nvidia, biasanya seperti itu.

Kartu grafis MSI GTX 970 4GB ini memiliki dimensi fisik 28 cm x 14 cm dengan ketebalan 3,5 cm. Dimensi ini terbilang cukup besar, namun normal untuk ukuran kartu grafis gaming kelas high-end. Jika dibandingkan dengan MSI GTX980, hampir tidak ada bedanya, karena meskipun ukuran papan sirkuti GTX980 lebih besar, ukuran tadi sudah termasuk lebar kartu plus unit pendingin—catatan: unit pendingin kedua kartu sama persis.

User Rating

0.0
0 Ratings
5
0
0
4
0
0
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

4.0
Good

Summary

Ketika tidak semua orang mampu membeli GTX980, banyak yang berpaling ke GTX970. MSI GTX970 Gaming 4 GB adalah alternatif yang…
Tags komputer

About The Author

Shafwan Nugraha 77
Professional

Shafwan Nugraha

Kontributor Plimbi. Level 70 Conjurer Mage lulusan College of Winterhold.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel