Menilik Spek Motherboard Gaming Asrock Fatal1ty H87 Performance

8 Jan 2016 10:00 8923 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Meskipun menggunakan chipset H87, Asrock Fatal1ty H87 Performance siap untuk overclock dan Nvidia SLI ataupun AMD CrossFire.

Bagi para PC enthusiast atau penggemar PC gaming, mendengar nama Fatal1ty tentu tahu bahwa nama tersebut adalah lineup motherboard untuk komputer gaming dari brand Asrock. Asrock sendiri memang sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu vendor motherboard di tanah air.

Perusahaan dari Taiwan ini sejak lama dianggap sebagai merk motherboard yang cukup berkualitas, bahkan bisa disetarakan dengan Asus yang dulu pernah dipercaya sebagai merek motherboard terbaik di tanah air.

Kali ini saya ingin mengoprek sebuah motherboard dari keluarga Fatal1ty-nya Asrock. Motherboard ini model Asrock Fatal1ty H87 Performance. Seperti namanya, motherboard ini memiliki chipset HD87 dan dirancang untuk ditempati oleh prosesor Intel bersoket LGA1150.

Penggunaan chipset H87 sebenarnya memiliki kendala teknis soal overclocking dan PCI express. Apa kendala itu? Dan bagaimana dampaknya pada overall performance motherboard gaming murah dari Asrock ini? Simak ulasan lengkap tentang motherboard Asrock Fatal1ty H87 Performance berikut ini.

Desain Fisik 4

Menilik Spek Motherboard Gaming Asrock Fatal1ty H87 Performance

Sebagai motherboard yang dilabeli gaming motherboard, penampilan motherboard ini bisa dibilang tanggung sebenarnya. Tidak terlalu wah, tetapi tidak pula sepi dekorasi. Tampil dengan papan mosfet berwarna coklat gelap, motherboard ini menggunakan form factor ATX yang berukuran 35.6 x 33 x 7.6 cm dengan berat sekitar 1,3 kg.

Seperti halnya motherboard kelas gaming dari merek lain, motherboard seri Fatal1ty dari Asrock, termasuk Fatal1ty H87 Performance dirancang agar siap bekerja dengan kinerja tinggi (high performance) bahkan jika perlu dalam keadaan ekstrem.

Kecepatan transfer data yang sangat kencang dan konsumsi listrik yang cukup tinggi tentu berimbas pada output panas yang lumayan pula.

Maka dari itulah, Fatal1ty H87 Performance memberi perlindungan ekstra berupa heatsink khususnya pada komponen krusial seperti chip northbridge dan kapasitor-kapasitor di sekitar soket prosesor.

Heatsink tersebut berbahan metal, dikelir hitam, dan bertatahkan label “Performance Ser1es” dan “Fatal1ty Gaming Gear”.

Sebagai proteksi tambahan, menurut keterangan dari Asrock, papan basis motherboard ini dibuat sementara kapasitor-kapasitornya 100% dibuat dari high conductive polymer asli Jepang.

User Rating

4.0
1 Ratings
5
0
0
4
1
1
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

0.0
No Rating

Summary

Meskipun menggunakan chipset H87, Asrock Fatal1ty H87 Performance siap untuk overclock dan Nvidia SLI ataupun AMD CrossFire.

About The Author

Shafwan Nugraha 75
Professional

Shafwan Nugraha

Kontributor Plimbi. Level 70 Conjurer Mage lulusan College of Winterhold.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel