Review Zenfone 2 Selfie ZD551KL,Smartphone Sempurna untuk Penggemar Selfie

28 Nov 2015 15:26 11729 Hits 0 Comments
 Kesimpulan
Sebagaisebuah smartphone yang difokuskan untuk pengguna yang senang berfoto, ASUSZenfone 2 Selfie ZD551KL menjadi gadget tepatterutama bagi pengguna muda yang ingin mengekspresikan aktivitas merekasehari-hari.
 
Selainfasilitas fotografi yang unggul, fitur-fitur pendukung aktivitas mobile yangintuitif namun mudah juga menjawab kebutuhan pengguna moderen.  Berbagai kelebihan mulai dari desain,antarmuka, navigasi, kinerja, dan harga yang kompetitif melengkapi kehadiran handsetyang sangat menarik untuk dimiliki ini.
Tidak pernah ada yang menduga pada awal kehadiran handphone bahwa kelak perangkat iniakan mampu mengubah perilaku orang dalam berinteraksi dengan sesamanya. Sebagai contoh, awalnya, kemunculan fitur kamera pada handphone hanyalah sekedar fitur tambahan. Siapa sangka fitur itu kini menjadi sebuah kekuatan menarik yangbahkan sanggup menggeser pasar kamera digital yang beberapa waktu lalu sangatberkibar.
 
Kini setiap orang selalu mempertimbangkan fitur kamera pada sebuah smartphone sebagai salah satu poin krusial. Model apapun yang muncul di pasaran, selalu diperbandingkan dalam hal kemampuan kameranya. Sikap ini tampaknya didorong aktivitas gaya hidup digital pengguna yang seringkali melibatkan materi fotodan video.
 
Terlebih di era media sosial seperti sekarang, kita bisa melihat begitu banyak orang saling berbagi foto dan video mereka. Buktinya, jejaring sosial terkemuka seperti Facebook, Twitter, Path apalagi Instagram dan sebagainya kerap berisikonten seperti ini. Ini juga merupakan salah satu faktor pemicu ASUS untuk menghadirkan jejaring sosial ZenCircle.
 
Menjawab tren penggunaan kamera, ASUS mempersembahkan seri Zenfone 2 Selfie ZD551KLsebagai senjata andalan untuk mereka yang mengutamakan citra digital darisebuah smartphone. Zenfone 2 Selfie yang diperkenalkan jelang akhir tahun 2015 ini menjadi salah satu jajaran Zenfone 2 dengan keutamaan pada faktor kamera yang mendukung aktivitas digital sehari-hari. Termasuk juga kegemaran selfie yangkini tengah mendunia. Nama “Selfie” inipun mengacu pada keunggulan pada kameradepan untuk berfoto.
 
Pesona Kamera PixelMaster 2.0
Sesuaidengan namanya, ASUS Zenfone 2 Selfie ZD551KL diciptakan dengan membawakekuatan utama pada bagian kamera. Di sini ASUS menyebutnya sebagai kameraPixelMaster dengan melibatkan fitur Dual-Camera 13 megapixel (kamera depan danbelakang), Dual-Flash (pada bagian kamera depan dan belakang), serta fokusotomatis super cepat yang hanya membutuhkan waktu 0,03 detik. Keunggulan inilah yang menjadisalah satu andalan utama di Zenfone Selfie untuk bersaing dengan kompetitorsekelas.
 
Seperti diketahui, smartphone dengankamera depan resolusi setinggi ini biasanya hanya diusung oleh handset premiumyang umumnya mahal. Resolusi kamera depan 13MP ini diharapkan dapat menampilkanfoto selfie/groufie atau foto panorama dengan lebih luas dan detil. Resolusitinggi inipun didukung lensa bukaan lebar (f/2.2) dan sudut pandang lega hingga88 derajat. Adapun mode Selfie Panorama sendiri akan dapat dihasilkan fotodepan hingga 140 derajat. Ini memungkinkan pengguna berfoto dengan lebih banyakorang dalam satu frame. Lalu mengapa harus menggunakanDual-Flash dengan menggunakan dual-tone LED?
 
Ya,pencahayaan ganda di sini memang melibatkan dua LED sebagai sumber pencahayaanyakni sebuah LED putih-kekuningan dan sebuah LED jingga untuk menghasilkanpencahayaan yang lebih merata/halus.
 
Berikutnya adalah teknik mendapatkanfokus yang cepat dengan bantuan sinar laser. Proses memotret dari handsetumumnya menggunakan mekanisme fokus dari nilai kontras yang ditangkap olehsensor. Sayangnya, cara ini membutuhkan waktu dan jugalemah dalam kondisi temaram.
 
Untukmempercepat sensor mendapatkan nilai kontras terbaik inilah diterapkan sistemlaser, di mana nilai kontrasakan didapat lebih cepat melalui deteksi jarak kamera dengan obyek fotonya.Kecepatan deteksi cahaya laser yang hanya 0,03 detik juga akan sangat membantu mendapatkan titik fokusdengan segera. Alhasil, kamera akan menjejak fokus dengan sangat cepatdibandingkan kamera konvensional.
 
Untuk mereka yang menyukai fotografijarak dekat (macro), sekali lagi mereka akan suka dengan kemampuan kamera di Zenfone 2 Selfie. Kamera ZD551KL akan mampumemotret dengan fokus hingga jarak 6 cm. Manfaatnya, ini akan memungkinkan Anda yang gemar memotretmakanan, miniatur, atau benda kecil lainnya dengan handset.
 
Fungsiini pun akan sangat membantu pengguna saat melakukan dokumentasi pada media cetak dengan karakterhuruf yang teramat kecil untuk kemudian mendapatkan image yang lebih jelas.Dengan kata lain, mode macro ini bisa berfungsi layaknya kaca pembesar.


 
Lebih Berdaya dengan PixelMaster 2.0
Sebagaihandset yang dirancang untuk hadir dengan kemampuan spesial pada fotografi, sistemkamera ZD551KL dirancang sebaik mungkin. Ia menggunakan sensor Toshiba yang didukungstruktur 5 elemen lensa Largan dan dilengkapi pula oleh lensa Blue Glass. Blue Glass di sini berguna untuk mereduksi lebih dari90% cahaya infra merah, mencegah red-eye, memperkuat pencahayaan, dan jugameminimalkan blur saat mengambil gambar.

 

  Sistem PixelMaster 2.0 jugamenggabungkan 4 pixel yang didapat dari sensor menjadi 1 pixel dengan kualitastinggi di mana hasil pencahayaannya akan 4x lipat lebih terang dan kontras warnameningkat 4x lipat (400%).

 

Pernahkesulitan menangkap obyek foto dengan tepat akibat pencahayaan belakang yangterlalu kuat? Berkat peningkatan kualitas pixel inilah (pada mode Super-HDR),foto akan mampu menampilkan obyek foto dengan tajam di mana bagian gelap obyek foto akandiperkuat agar tetap tampil cemerlang. Untuk pemotretan malam hari denganpencahyaan yang minim pun sistem ini akan membantu mendapatkan hasil foto yanglebih terang dalam mode Low-Light. Bahkan tanpa harus menggunakan lampuflash.

 

  Saat membuka aplikasi kamera, terdapatmode fotografi di kiri bawah yang siap menampilkan 17 mode siap pakai. Mode tersebut terdiri dari Auto,Manual, HDR, Beautification, Super Resolution, Low Light, Night, Depth ofField, Effect, GIF Animation, Panorama, Miniature, Time Rewind, Smart Remove, All Smiles, Slow Motion, dan TimeLapse.

 

Andayang suka ber-selfie silahkan mencoba mode “Beautification” yang otomatis aktifjika memilih kamera depan. Di sini pengguna akan mendapatkan panel makeup untukmempercantik wajah mulai dari pencerahan kulit, penghalusan wajah, perbesasaranmata, hingga bentuk dagu yang lebih menarik.

 

Semuafasilitas ini akan memudahkan pengguna mendapatkan foto dengan wajah yang lebihcantik/tampan tanpa harus melakukan editing khusus. Toh begitu, di dalam bagian preview foto pun tetaptersedia fasilitas percantik wajah agar lebih sempurna.

 

    Akan membutuhkan waktu sangat banyakuntuk menjelaskan tiap-tiap dari ke-17 mode pemotretan yang ada pada Zenfone Selfie.Tapi singkatnya, kami menyarankan Anda untuk mencoba mode HDR, Beautification, Super Resolution, LowLight, Panorama, Depth of Field, dan Slow Motion pada smartphone ini.

 

TimeRewind adalah moda unik yang merekam adegan beberapa detik sebelum dan setelahtombol rekam ditekan. Cocok buat mereka yang sering ketinggalan momen saatmemotret atau antisipasi agar tidak kehilangan momen terbaik saat memotret.

Sementara Depth of Field digunakan untukmencipta efek buram pada latar belakang foto untuk menonjolkan fokus pada obyekutama.

Adapunpilihan mode Low Light berguna untuk meningkatkan sensitivitas terhadap cahayasampai 400%. Ini dicapai dengan mengubah resolusi dan melakukan pengolahandengan algoritma khusus sehingga gambar dari suasana yang gelap tetap bisaditampilkan lebih jelas.
Jikamenggunakan kamera depan yang juga menghadirkan resolusi maksimal 13megapiksel, Anda tetap mendapatkan 17 mode pemotretan yang tersedia sepertihalnya pada kamera belakang.
 
Selainmode otomatis tadi, ASUS tak ketinggalam menyediakan setelan tambahan untukpengguna yang butuh fleksibilitas lebih baik. Pengaturan tersebut mencakupperubahan white balance, ISO, timer, nilai eksposur, deteksi wajah, dan banyaklagi. Untuk pengguna yang sudah paham, akan menyenangkan mencoba mode Manualyang menyediakan banyak pengaturan foto khas profesional untuk menghasilkankarya lebih kreatif.
 
DesainArc yang Ergonomis
Sepertijuga jajaran Zenfone 2, Zenfone Selfie menggunakan desain ergonomic Arc di mana sisi belakangnyadibuat melengkung sesuai dengan kontur telapak tangan manusia. Bodi belakangmembentuk kurva lengkung hingga bagian tepi handset mencapai tebal 3,9mm. Tombolbelakang di bagianbawah kamera juga memudahkan pengguna untuk mengatur level volume dan dapatdipergunakan sebagai tombol bidik/rana saat melakukan pemotretan. Bentukpunggung dan posisi tombol yang tepat inilah menjadikan Zenfone Selfie nyamandigenggam dan digunakan secara natural.
 
Sebagai informasi,Zenfone Zelfie yang beredar di tanah air akan tersedia dalam 3 warna pastelyang lembut: Aqua Blue, Chic Pink, dan Pure White.
 
Selain desainnya yangergonomis, ASUS Zenfone Selfie juga menyertakan fitur “ZenMotion” yangmemungkinkan pengguna cukup melukiskan kode huruf untuk membuka aplikasi. Andabisa melukiskan hingga 6 buah huruf (W, S, e, C, Z, dan V) di layar untukmenjalankan perintah cepat tanpa harus mengaktifkan layar terlebih dulu.
 
Cara ini lebih praktisdan menyenangkan untuk mengaktifkan berbagai aplikasi seperti browser, SMS, email,kamera, dan banyak lagi. Sebagai contoh mudah, Anda bisa menentukan agar kodehuruf S akan mengaktifkan kamera untuk segera ber-selfie.



 
Layar Cemerlang + Gorilla Glass 4
Salahsatu kekuatan dari Zenfone Selfie ada pada layarnya. Di sini ASUS menempatkan layar IPS 5,5 inciagar warna dan tampilannyatetap fokus dilihat hingga sudut 178 derajat. Dengan resolusi layar 1080x1920pixel berkerapatan 403ppi dan kecerahan hingga 400nits, Zenfone 2 Selfie akan mampu menampilkan image yangtajam dan cerah.
 
Visual ini pun didukung teknologi ASUSTruVivid yang mengubah sistem 4 lapisan layar konvensional menjadi hanya 2lapisan layar. Di sini, ruang udara antara lapisan kaca pelindung (cover glass) dan panel sentuh sudah dihilangkan sehingga tampilandari panel akan terasa lebih dekat ke permukaan dan meningkatkan responsentuhan.
 
Khususcover glass yang digunakan, layar ZD551KL dilapis oleh kaca Gorilla Glass 4.Inilah lapisan kaca yang 2x lebih kuat menahan benturan jatuh dan juga 2,5xlebih tangguh menghadapi goresan dibandingkan dengan Gorilla Glass 3. Dayatahan ini setidaknya menekan tingkat kerusakan kaca pada handset hingga 85Úlam penggunaan sehari-hari. Luar biasa bukan? Asal tahu saja, baru sedikit handset di harga terjangkau yangmemakai kaca Gorilla seperti ini, dan ASUS Zenfone 2 Selfie jadi salah satunya.


 
Mendukung Konektivitas Terkini
Tidakseperti model Zenfone 2 sebelumnya yang bersifat unibody, model Selfie (ZD551KL)hadir dengan baterai Lithium-Polimer 3000mAh yang bisa dilepas-pasang. Modelbaterai lepas-pasang ini seringkali menguntungkan karena mudah diganti apabilaterjadi masalah.
 
Di atas bagian bateraitersedia dua buah slot SIM (Dual SIM dual Standby) yang keduanya mendukungkoneksi 4G. Pengguna akan bisamemanfaatkan 2 buah paket data 4G yang berbeda dari dua operator. Asyik bukan?
 
Pada ASUS Zenfone 2Selfie ZD551KL juga tersedia slotmemori eksternal (microSD) yangpun bisa menerima microSD hingga kapasitas 128GB. Artinya, pengguna bisa menyimpandata lebih banyak lagi di luar internal storage sebesar 32GB yangdisediakan, plus ASUS WebStorage sebesar 5GB yang disediakan secara cuma-cumadan berlaku selama-lamanya.
 
Pada bagian belakang,bagian ruang speaker (bagian bawah) jugasudah diperbesar 25% dibandingkan dengan Zenfonegenerasi sebelumnya. Selain itu, speaker tersebut kini memiliki 5 buah magnet dan coil audio metal untukmemperkuat output audio.
 
Disinipun dilibatkan teknologi SonicMaster agar audio yang keluar bisa lebihbertenaga, menjangkau lebih luas, karakter vokal yang jelas, dan berbagaipeningkatan agar suara yang hadir terdengar jernih dan hidup.
 
Pada bagianbelakang juga terlihat seperti ada beberapa stiker yangmelapisi sebagian area, khususnya di bagian atas dekat kamera danflash (lihat panah). Bagian tersebut merupakan antena penangkap dan pemancarsinyal komunikasi di Zenfone Selfie yakni antena jaringan seluler, antena WiFi802.11ac, antena Bluetooth 4.0, dan antena untuk menerima sinyal dari satelitGPS. Struktur antena yang unik ini dibuat dengan teknologi 5 Laser DirectStructuring Antenna agar mampu meningkatkan kualitas sinyal sekaligus menghematruangan dibandingkan dengan menggunakan antena konvensional.
 
Sebagaigadget mobile yang seringkali dimanfaatkan untuk ber-Internet, Zenfone Selfie sudahdipersiapkan mendukung teknologi koneksi seluler terbaru 4G-LTE (Long TermEvolution) yang kini tengah berkembang di Indonesia. Secara teoritis, koneksi4G ini akan mampu memberikan kecepatan download hingga 300Mbps dan uploadhingga 75Mbps. Dukungan standar jaringan FDD-LTE di banyak frekuensi menjadikanZenfone Selfie fleksibel mengadopsi jalur 4G diberbagai negara.
 
ZenfoneSelfie juga dilengkapi Super High Performance Dual 3D-MID (Three DimensionalMolded Interconnect Device) yakni antena penerima sinyal WiFi yang lebih optimal dibandingkan handset rata-rata.Anda akan mendapatkan perbedaan kala ber-Internet di dalam gedung/ruang di mana ZD551KL akanlebih sensitif mendapatkan sinyal daripada handset lain.


 
Keseimbangan Kinerja dan Efisiensi Daya
Untukmemberikan kemampuan komputasi mobile yang mantap, Zenfone Selfie ZD551KLmengandalkan prosesor Snapdragon 615 (seri MSM 8939) dari Qualcomm yang mengusung8-inti (octa-core) yang dikombinasikan dengan RAM LPDDR3 3GB. Chip ini didesainkhusus untuk menunjang aktivitas mobile mulai dari koneksi jaringan, tugasmultitasking, hingga pengolahan video Full-HD dengan baik namun tetap menjagaefisiensi daya.
 
AdapunSnapdragon 615 merupakan SoC 64-bit dengan arsitektur ARM Cortex-A53 yangmerupakan pengembangan dari Cortex-A7. Arsitektur ini memiliki kemampuan lebihbaik dari segi kinerja dibandingkan model sebelumnya namun juga tetap menjagakonsumsi daya agar tak memboroskan baterai.
 
Antarmuka Indah ZenUI
ASUSZenfone Selfie hadir dengan platform Android versi Lollipop (5.0.2). Kendatidemikian, ASUS ingin memberikan pengalaman yang lebih eksklusif bagi parapenggunanya. Itulah mengapa, ASUS mengaplikasikan ZenUI sebagai antarmukastandar di seri ini.
 
ZenUIsepintas mirip dengan launcher Jelly Bean atau Apex Launcher yang tersedia diPlay Store. Hanya saja ada penambahan lebih banyak fasilitas di ZenUI ini. Secaratotal, ASUS melakukan lebih dari 1.000 modifikasi dari tampilan Android standarhingga menjadi tampilan yang bisa kita lihat sebagai ZenUI.
 
Sekilas melihat, Anda memang akan melihat antarmukaZenfone Selfie yang jauh berbeda dengan tampilan standar Android. Icon terlihatsimpel sekaligus menarik dengan warna-warni modern. Selain tampilan, Asus jugamerancang ZenUI agar mudah digunakan. Ada banyak aplikasi khas yang dihadirkanZenUI, namun beberapa yang menjadi andalan adalah What’s Next, Do It Later, Photography, ZenLink, Smart Tools, dan Social. Berikut beberapa fitur menarikyang akan Anda temukan di ZenUI:
 
Desain Visual yang Baru
Pertama-tama pada desain visual yang baru adalah homescreen yang baru. Home screen ini punya desain ikon aplikasi, layout folder,serta weather & time widget yang berbeda, plus Anda bisa memilih color maskdari lima belas yang disediakan Asus. Anda dapat dengan mudah mengganti warnabackground dari wallpaper yang digunakan, sesuai dengan warna casing Zenfone Selfieataupun suasana hati.
 
Desainvisual baru itu turut diterapkan Asus pada lock screen dan aplikasi native dariZenfone Selfie. Bahkan, untuk semakin memudahkan penggunaan, tidak hanya desainvisual dari aneka aplikasi native yang serupa, namun sejumlah userinterface-nya juga telah dimodifikasi dari tampilan standar Android.
 
ZenUI pun memudahkan untuk mengatur aplikasi yang ada. Anda dapat dengan mudah mengunciaplikasi tertentu agar tidak bisa diakses sembarang orang maupun memindahkannyake SD card.
 
Daritampilan utama ZenUI, jika Anda melakukan swipe dari sudut kiri ke arah bawah,Anda akan dapat melihat notifikasi terkait pesan yang masuk, panggilan takterjawab, ataupun notifikasi lainnya. Sementara, jika Anda melakukan swipe disudut kanan, Anda akan menemukan berbagai opsi setting serta shortcut berbagaifungsi.
 
ASUSkini juga menyediakan fitur Boost pada ZenUI. Shortcut ini menampilkan berapakapasitas RAM yang sedang tidak digunakan oleh smartphone. Jika Anda menekanicon tersebut, Boost akan membersihkan beberapa aplikasi yang sedang tidakdigunakan dari background sehingga akan menambah kapasitas RAM yang bisadimanfaatkan aplikasi lain. Ini tentu sangat bermanfaat bagi pengguna agarsmartphone-nya tidak terasa lamban (lag).


 
What’s Next
What’s Next adalah pengingat akan berbagai hal pentingyang akan datang. What’s Next ini tersedia tidak hanya pada aplikasi melainkanjuga pada home screen dan lock screen. Berbagai hal penting yang akandiingatkan itu ditampilkan sesuai dengan urutan waktunya. Jadi, tidak sekadarmengingatkan Anda secara terus-menerus, urutannya pun bisa dilihat dengan mudahtanpa harus membuka Calendar misalnya.
 
What’s Next bisa mengingatkan akanmissed call serta e-mail dan sms yang belum dibaca dari berbagai pihak yangmasuk dalam kelompok VIP maupun Favorites. Siapa saja yang masuk pada kelompokVIP atau Favorites itu bisa Anda tentukan sendiri. Bagusnya, untuk e-mail yangpunya status urgent, meski tidak berasal dari VIP maupun Favorites, akan tetapditampilkan.
 
Selain missed call, e-mail, dan SMS, fitur ini akan mengingatkan mengenaievent yang akan datang termasuk tanggal ulang tahun dari mereka yang masukdalam kelompok VIP maupun Favorites.
 
KhususFavorites, masih ditambah dengan tanggal pernikahannya. Begitu pula bila Andaakan telat menghadiri suatu event, terjadi perubahan pada event bersangkutanseperti jamnya digeser atau dibatalkan, maupun prakiraan cuaca.
 
  Bergantung pada hal yang diingatkan,What’s Next bisa memberikan masukan yang menurutnya sesuai. Sebagai contoh,jika diperkirakan telat menghadiri suatu pertemuan, ia akan menyarankan Andauntuk menghubungi teman dan memberitahunya. Contoh lain, bila diperkirakanbesok akan ada badai, What’s Next menganjurkan Anda agar besok tetap di rumah.


 
Do It Later
Sepertinamanya, Do It Later, adalah catatan yang berisikan tindakan yang hendakdilakukan di kemudian waktu. Berbeda dengan Calendar, Do It Later lebih kepadasesuatu yang belum dilakukan karena kondisi yang tidak memungkinkan.
 
Misalnyasaat sedang rapat dengan para petinggi, Anda ditelepon oleh rekan kerja Anda.Agar tidak mengganggu, Anda memilih opsi untuk menolaknya dan mengirimkan pesanuntuk meneleponnya kemudian. Nah, janji Anda untuk menelepon kemudian itu akandicatat oleh Do It Later. Tidak perlu mengetiknya secara manual.
 
Selain urusan ditelepon dan menelepon, DoIt Later juga bisa diaplikasikan terhadap e-mail, SMS, browser, dan sejumlah aplikasi pihakketiga. Jadi, bila Anda belum sempat membaca e-mail, membalas SMS, dan membaca suatu artikel di situskesayangan, semuanya bisa dicatatkan pada Do It Later agar Anda tidak lupamelakukannya nanti. Seperti halnya telepon yang masuk, Anda cukup memilih opsiyang sesuai seperti membacanya kemudian atau membalasnya kemudian. Do It Laterakan mencatatnya.
 
Saat makan siang atau waktu luang lain,Anda bisa membuka Do It Later dan melihat apa saja yang direncanakan untukdilakukan termasuk menelepon teman Anda tadi. Untuk melakukan tindakan yangditunda ini pun, bisa melalui Do It Later itu. Contoh, untuk artikel yangditunda, Anda bisa menekan opsi untuk membacanya sekarang dan Asus Zenfone Selfieakan membawamu langsung ke alamat bersangkutan.


 
Zen Link
Zen Link merupakan kumpulan aplikasi yang bertujuanmemudahkan Anda melakukan koneksi dengan perangkat lain seperti PC desktop,laptop, dan smartphone. Zen Link ini mencakup PC Link, Remote Link, danShare Link.
 
RemoteLink dikhususkan untuk mengakses PC desktop maupun laptop dari smartphone Asusyang menggunakan ZenUI. Dengan bantuan Remote Link, Anda bisa mengontrol PowerPoint dalam melakukan presentasi, mengontrol multimedia yang sedang diputar,dan mendapatkan akses ke aplikasi lain.
 
Kebalikandari Remote Link, PC Link bertujuan untuk memudahkan Anda mengontrol Zenfonemelalui PC. Layar yang lebih besar dan dukungan keyboard yang sebenarnya seringkali memudahkan suatu kegiatan. Anda pun bisa menampilkan film atau game darismartphone ke layar PC untuk ditonton/dimainkan ramai-ramai.
 
Sementara itu, Share Link dirancang ASUS untuk berbagi dengan perangkat mobile lain(tidak harus brand yang sama) tanpa menggunakan koneksi internet. Share Link memudahkanpengguna mentransfer file, termasuk yang berukuran besar, ke sebuah perangkatmobile lain. Aplikasi ini pun bisa di-install pada berbagai gadget Android.
  ASUS juga peduli dan ingin dekat dengankonsumennya. Karena itu ASUS menghadirkan aplikasi Asus Support (ZenUI Help), MyAsus,ZenCircle, danZenTalk.
 
Di sini pengguna bis a mendapatkaninformasi terbaru seputar produk ASUS, status servis produk, panduan fitur,berbagi foto, hingga berinteraksi dengan sesama pengguna ASUS lainnya. Semuaini dihadirkan ASUS sebagai nilai tambah dalam bentuk layanan purna jual bagipengguna setianya.
 
Rangkaianfitur baru di ZenUI memang terasa segar dan memudahkan pengoperasian smartphoneASUS Zenfone Selfie. Boleh dibilang, kerja keras Asus menggarap ZenUI sebagaiantarmuka yang memudahkan penggunaan gadgetnya membuahkan hasil yang manis.


 
Daya Tahan Baterai
SmartphoneASUS Zenfone 2 Selfie  menyediakan 2 slot kartu micro SIM. Keduakartu ini bisa hidup (standby) bersamaan. Ini tentu kabar baik untuk Anda yangmemang punya dua nomor dan enggan membawa dua handset. Tapi yang perludiperhatikan, jika mengaktifkan kedua kartu, tentu daya tahan baterai akanlebih terkuras.
 
ZenfoneSelfie mengusung baterai Lithium-polymer 3000mAh yang sesuai dengan kapasitas phabletberlayar 5,5 inci. Mungkin kapasitas baterai ini tidak teramat besar untukkonfigurasi dua kartu SIM yang digunakan bersamaan. Agar mendapatkan umurbaterai yang lebih panjang, cobalah melakukan konfigurasi menggunakan fitur ASUSPower Saver untuk menghemat baterai.
 
Di Indonesia, Zenfone 2 Selfie ZD551KL tersedia diharga Rp2,799 juta untuk versi internal storage 16GB dan Rp2,999 juta untukversi internal storage 32GB.
 
  
Model
  
ASUS Zenfone 2 Laser 5.0 ZD551KL
  
CPU
  
Qualcomm Snapdragon 615 octa  core 64-bit 1,7GHz
  
GPU
  
Adreno 405 550MHz
  
RAM
  
3GB RAM
  
Storage
  
32GB + 5GB ASUS Webstorage  gratis
  
Micro SD
  
Yes  (up to 128 GB)
  
Connectivity
  
WLAN 802.11 b/g/n, BT 4.0  with A2DP, Wifi Direct, Super  Fast Wi-FI Hotspot Capability (Tethering), MicroUSB (USB OTG), 35 mm  earjack
  
Network
  
Dual Antenna untuk sinyal lebih baik
 
4G LTE Cat4 Download speed  hingga 150Mbps
 
LTE band 1 (2100), 2 (1900), 3 (1800), 5 (850), 7  (2600), 8 (900), dan 20 (800) MHz
  
SIM Card
  
Dual Micro-SIM Support
  
Navigation
  
GPS, BDS, GLONASS
  
Display
  
5,5 inci super bright IPS HD  1920x1080 with 178’ wide view angle, 403  ppi, ASUS TruVivid Full Screen Lamination Technology
 
Super Scratch Corning Gorilla Glass 4
  
Ultra sensitive touch panel with glove touch support, ASUS  ZenMotion support Touch and Motion gesture (termasuk tap-tap untuk  membuka dan mengunci layar)
  
Video
  
Video  Recording MPEG-4 1080 @30fps
  
Playback MPEG-4 up to 1080p
  
Battery
  
Lithium-Polimer  3000 mAh
  
Main Camera
  
13 Megapixel laser  autofocus dengan waktu fokus kurang dari 0.03 detik. Diafragma besar f/2.0 5  element Largan Lens, dual tone flash, PixelMaster Camera untuk foto dan video  lebih terang hingga 400%
  
Front Camera
  
13  Megapixel Autofokus dengan diafragma besar f/2.0, selfie panorama up to 140’  Dual LED dual tone flash
  
Sensor
  
Accelerometer/Ambient  Light/Proximity/E-Compass/Hall Sensor
  
Audio
  
Dual  Microphone dengan Noise Cancellation, ASUS SonicMaster untuk suara lebih jernih dan bass lebih  dalam dengan 5 magnet sound chamber
  
OS
  
Android 5.0 Lollipop  dengan ASUS ZenUI 2.0 dengan lebih dari 1000+ peningkatan fitur  (What’s next, PC Link, Share Link, Quick Access, ASUS Splendid, dll)
  
Apps
  
Google App, ASUS Sync,  Mycloud, File Manager, Mylibrary, Supernote
  
BBM  & Whatsapp Ready
  
Dimension
  
156.5 x 77.2 x 10.8 mm
  
Weight
  
170g
  
Warna
  
Aqua Blue, Chick Pink, Pure  White
  
Price
  
Rp2.799.000 / Rp2.999.000

Lebih Berdaya dengan PixelMaster 2.0 5

Sebagaihandset yang dirancang untuk hadir dengan kemampuan spesial pada fotografi, sistemkamera ZD551KL dirancang sebaik mungkin. Ia menggunakan sensor Toshiba yang didukungstruktur 5 elemen lensa Largan dan dilengkapi pula oleh lensa Blue Glass. Blue Glass di sini berguna untuk mereduksi lebih dari90% cahaya infra merah, mencegah red-eye, memperkuat pencahayaan, dan jugameminimalkan blur saat mengambil gambar.
 
Sistem PixelMaster 2.0 jugamenggabungkan 4 pixel yang didapat dari sensor menjadi 1 pixel dengan kualitastinggi di mana hasil pencahayaannya akan 4x lipat lebih terang dan kontras warnameningkat 4x lipat (400%).
 
Pernahkesulitan menangkap obyek foto dengan tepat akibat pencahayaan belakang yangterlalu kuat? Berkat peningkatan kualitas pixel inilah (pada mode Super-HDR),foto akan mampu menampilkan obyek foto dengan tajam di mana bagian gelap obyek foto akandiperkuat agar tetap tampil cemerlang. Untuk pemotretan malam hari denganpencahyaan yang minim pun sistem ini akan membantu mendapatkan hasil foto yanglebih terang dalam mode Low-Light. Bahkan tanpa harus menggunakan lampuflash.
 
Saat membuka aplikasi kamera, terdapatmode fotografi di kiri bawah yang siap menampilkan 17 mode siap pakai. Mode tersebut terdiri dari Auto,Manual, HDR, Beautification, Super Resolution, Low Light, Night, Depth ofField, Effect, GIF Animation, Panorama, Miniature, Time Rewind, Smart Remove, All Smiles, Slow Motion, dan TimeLapse.
 
Andayang suka ber-selfie silahkan mencoba mode “Beautification” yang otomatis aktifjika memilih kamera depan. Di sini pengguna akan mendapatkan panel makeup untukmempercantik wajah mulai dari pencerahan kulit, penghalusan wajah, perbesasaranmata, hingga bentuk dagu yang lebih menarik.
 
Semuafasilitas ini akan memudahkan pengguna mendapatkan foto dengan wajah yang lebihcantik/tampan tanpa harus melakukan editing khusus. Toh begitu, di dalam bagian preview foto pun tetaptersedia fasilitas percantik wajah agar lebih sempurna.
 
Akan membutuhkan waktu sangat banyakuntuk menjelaskan tiap-tiap dari ke-17 mode pemotretan yang ada pada Zenfone Selfie.Tapi singkatnya, kami menyarankan Anda untuk mencoba mode HDR, Beautification, Super Resolution, LowLight, Panorama, Depth of Field, dan Slow Motion pada smartphone ini.
 
TimeRewind adalah moda unik yang merekam adegan beberapa detik sebelum dan setelahtombol rekam ditekan. Cocok buat mereka yang sering ketinggalan momen saatmemotret atau antisipasi agar tidak kehilangan momen terbaik saat memotret.
 
Sementara Depth of Field digunakan untukmencipta efek buram pada latar belakang foto untuk menonjolkan fokus pada obyekutama.
 
Adapunpilihan mode Low Light berguna untuk meningkatkan sensitivitas terhadap cahayasampai 400%. Ini dicapai dengan mengubah resolusi dan melakukan pengolahandengan algoritma khusus sehingga gambar dari suasana yang gelap tetap bisaditampilkan lebih jelas.
 
Jikamenggunakan kamera depan yang juga menghadirkan resolusi maksimal 13megapiksel, Anda tetap mendapatkan 17 mode pemotretan yang tersedia sepertihalnya pada kamera belakang.
 
Selainmode otomatis tadi, ASUS tak ketinggalam menyediakan setelan tambahan untukpengguna yang butuh fleksibilitas lebih baik. Pengaturan tersebut mencakupperubahan white balance, ISO, timer, nilai eksposur, deteksi wajah, dan banyaklagi. Untuk pengguna yang sudah paham, akan menyenangkan mencoba mode Manualyang menyediakan banyak pengaturan foto khas profesional untuk menghasilkankarya lebih kreatif.

User Rating

5.0
1 Ratings
5
1
1
4
0
0
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

5.0
Excellent

Summary

 Kesimpulan
Sebagaisebuah smartphone yang difokuskan untuk pengguna yang senang berfoto, ASUSZenfone 2 Selfie ZD551KL menjadi gadget tepatterutama bagi pengguna…
Tags

About The Author

Bambang Wahyudi 28
Novice

Bambang Wahyudi

saya bambang wahyudi yang selalu ingin meraih impian yang saya cita-citakan
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel