Panduan Kesehatan Gigi

13 Dec 2015 08:42 2608 Hits 3 Comments
kesehatan gigi sangat di anjurkan, karena gigi merupakan alat pengunyah makanan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan.

Gigi yang terdiri dari geraham, taring, dan seri merupakan senjata utama untuk mengunyah dan merobek makanan yang ada didalam mulut. gigi merupakan bagian keras didalam mulut, gigi pula memiliki struktur pelindung yang sering disebut email gigi. email gigi sangat membantu untuk mencegah terjadinya lubang pada gigi. gigi memainkan peranan penting dalam proses pencernaan makanan yang anda makan. karena perannya, maka anda perlu untuk menjaga dari berbagai gangguan yang mengancam kesehatan. berikut adalah panduan kesehatan gigi untuk menjaga agar gigi tetap sehat :

1. Rajinlah untuk menggosok gigi 2 kali dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah tidur.

2. Hindari makanan yang manis dan dingin secara bersamaan. gigi bisa rusak bukan hanya disebabkan bakteri melainkan dapat juga disebabkan oleh kerusakan mekanis seperti keretakkan gigi, perubahan suhu yang mendadak (10C dari panas ke dingin atau sebaliknya).

3. Kurangi mengonsumsi makanan yang bersifat asam. gigi juga dapat mengalami kerusakan, jika terlalu banyak mengonsumsi asam.

4. Hindari mengonsumsi makanan yang bersifat lengket dan manis. makanan manis seperti gula adalah salah satu makanan yang paling banyak di gemari bakteri di mulut. bila anda mengonsumsi makanan yang bersifat manis sebaiknya langsung berkumur agar sisa gula tidak larut dan menempel pada gigi.

5. Rajinlah memeriksakan gigi ke dokter gigi. minimal 6 bulan sekali.

Maka dari itu rajinlah mulai dari sekarang untuk merawat gigi agar tidak menjadi gigi yang tidak sehat. rawatlah gigi anda seperti anda merawat motor atau mobil kesayangan anda. bayangkan saja, bila anda tidak memiliki gigi, pastilah anda akan susah untuk mengunyah makanan dan semua cemilan atau makanan yang anda sukai menjadi musuh terberat anda, yang awalnya disukai setelah tidak memiliki gigi, makanan tersebut menjadi musuh bebuyutan anda..

Gigi juga sangat berpengaruh terhadap sistem saraf anda. jika gigi anda sakit, paastilah hampir seluruh tubuh anda akan merasakannya, di tambah lagi jika sudah parah, maka bisa jadi tubuh sobat akan menggigil dan ngedrop. jadi mulai dari sekarang usahakan untuk rajin merawat gigi dengan melakukan tips seperti diatas yang sudah saya jelaskan.

Tag : obat sakit gigi, sakit gigi, gigi berlubang, cara mengobati sakit gigi, kesehatan gigi, perawatan gigi, penyebab sakit gigi

About The Author

Bambang Wahyudi 28
Novice

Bambang Wahyudi

saya bambang wahyudi yang selalu ingin meraih impian yang saya cita-citakan
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel